Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Peluang Usaha Cuci Motor yang Menguntungkan

Peluang Usaha Cuci Motor yang Menguntungkan

Bisnis Cuci Mobil dan Motor

Peluang Usaha Cuci Motor yang Menguntungkan

Pertumbuhan jumlah motor pasti ada kaitannya dengan usaha cuci motor. Data dari Diklantas menyebutkan bahwa pertumbuhan jumlah pemakai motor sangat mengejutkan. Jumlahnya melesat melebihi pengguna kendaraan roda empat. Semakin mudah dan ringannya kredit motor adalah hal yang disinyalir menjadi penyebab tingginya angka penjualan motor. Coba bayangkan, jika dulu satu keluarga hanya punya satu, sekarang satu keluarga minimal memiliki dua motor. Jika kreatif dan jeli melihat peluang, mengapa tidak membuka usaha cuci motor?

Beberapa alasan mengapa usaha mencuci motor menggiurkan adalah sebagai berikut :

  • Jumlah kendaraan motor yang semakin meningkat.
  • Motor harus selalu bersih.
  • Waktu untuk mencuci tidak ada.
  • Tidak kenal waktu (musim hujan atau kemarau).

 


Memulai Usaha Cuci Motor dengan Berbagai Pertimbangan


Lantai, bagaimana cara memulai usaha mencuci motor? Bila ingin praktis, Anda bisa membeli paket franchise-nya. Tinggal sediakan sejumlah dana, maka semua urusan mulai dari peralatan, cara mendidik karyawan, dan sistem kerjanya, mereka yang akan menyediakan. Namun, bila Anda orang yang menyukai tantangan, tak ada salahnya berdikari, riset, dan menyediakan semuanya sendiri.

Ada beberapa hal yang harus dipahami dan pelajari agar modal yang dikeluarkan tidak sia-sia. Berikut beberapa bahan pertimbangan untuk bisnis cucian motor.

A. Lokasi
Pemilihan lokasi harus benar-benar diperhatikan. Bahkan, melebihi kriteria lainnya. Mengapa? Karena 75 persen berhasil atau tidaknya sebuah usaha banyak ditentukan oleh pemilihan lokasi.

Posisi

Lokasi bisnis terletak dekat pasar, kampus, perkantoran, dan pemukiman ramai, adalah posisi yang bisa dipilih. Sebelum memutuskan, sebaiknya survei beberapa kali dengan waktu yang berbeda. Pelajari karakter lalu lintasnya. Ketahui jam berapa lokasi tersebut ramai, siapa saja yang melintas, dan berapa kira-kira jumlahnya. Bahkan, tingkat ekonomi dan soailnya pun bisa diperhitungkan. Semakin detail hasil pengamatan Anda, semakin kecil risiko yang dihadapi ke depannya.

Baca Juga :  Mengintip Usaha Cuci Motor dan Mobil

Bentuk lokasi/bangunan

Perhatian calon lokasi apakah berbentuk bangunan permanen (ruko) atau hanya lapangan, besar atau kecil, berapa jumlah motor yang bisa masuk, adakah lahan parkir, dan bagaimana fasilitas di sekitar bangunan?

B. Modal
Modal selalu menjadi momok bagi calon pengusaha. Sebanyak apa pun modal yang dimiliki, tidak akan menguntungkan jika Anda tidak bisa mengelolanya. Bangkrut iyam kaya tidak. Jadi, bukan berapa besar modal yang dimiliki, tetapi bagaimana cara Anda mengelola modal. Itulah yang harus diperhatikan. Modal usaha cuci motor tidaklah sedikit dan itu harus diketahui sejak memutuskan membuka usaha ini. Pos-pos pengeluarannya adalah sebagai berikut :

Sewa/beli tempat

Perhatikan bagaimana cara Anda memiliki lokasi usaha, apakah sistem pembayaran sewa (per bulan/tahun), bagi hasil atau membelinya. Sebagai pemula, usahakan tidak langsung menyewa tempat terlalu lama. Minimal satu tahun sebagai antisipasi bila ternyata usaha Anda kurang menguntungkan.

Peralatan dan perlengkapan

Alat untuk mencuci seperti hidrolik motor, kompresor udara, power spray, selang spiral, selang air, sampo, dan lain-lain. Pastikan membeli peralatan dan perlengkapan yang bermutu. Mahal sedikit tidak mengapa asal awet sehingga memperpanjang usia peralatan.

Gaji karyawan

Perhatikan dengan saksama berapa gaji karyawan yang harus dikeluarkan. Jangan sampai terjadi, susah payah Anda mendidik mereka, tetapi akhirnya mereka pindah kerja karena tidak puas dengan gajinya. Survei kecil-kecilan bisa dilakukan sebagai bahan pertimbangan.

Perkirakan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk BEP (Break Event Point). Hitung dengan saksama agar modal bisa cepat kembali dan bisa diputarkan.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Cuci Mobil dan Motor

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top