Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Untung Besar dengan Budi Daya Ikan Hias

Budi Daya Ikan Hias

Peluang Usaha

Untung Besar dengan Budi Daya Ikan Hias

Budi daya ikan hias memang masih dilakukan oleh beberapa orang saja. Pengelolaan atau budi daya ikan hias ini masih terbatas hanya oleh orang-orang yang memang penyuka ikan hias.

Tak banyak yang tahu bahwa berbudidaya jenis ikan ini dapat mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Cuma karena kata “ikan hias” asumsi orang sudah berpikiran sebagai ikan mahal maka banyak orang yang urung melakukan budidayanya.

Membudidayakan ikan hias, selain kita dapat meraih keuntungan yang lumayan, juga dapat melihat keindahan ikan yang secara umum memiki bentuk fisiologis dan warna yang indah dan enak dipandang. Sehingga budi daya ikan hias bisa juga untuk tujuan menghilangkan stres.

Bisnis membudidayakan ikan hias yang prospektif ternyata bisa dijadikan bukan hanya sebagai bisnis sampingan saja. Bagi yang tekun, ulet, dan menyukai dunia ikan hias, bisnis jenis ini bisa juga dijadikan sebagai lahan bisnis utama.

Jika yang sudah bisa mengkalkulasi berapa keuntungan materi yang bisa diraih, tak jarang banyak petani ikan konsumsi yang kemudian beralih menjadi petani ikan hias.


Budi Daya Ikan Hias – Potensi Ekonomi yang Prospektif


Selain bisa memanjakan mata dengan keindahannya, budidaya ikan hias tentu dapat memberikan keuntungan yang menggiurkan. Pola pembibitan dan pemeliharaan ikan yang tak beda jauh dengan ikan jenis konsumsi semisal ikan lele, mujair, nila, atau gurami.

Budi daya ikan hias bisa menghasilkan fulus beberapa kali lipat karena perbedaan harga diantara kedua jenis ikan tersebut begitu mencolok. Ikan hias jauh lebih mahal harganya ketimbang ikan biasa.

Kebiasaan yang terjadi, jika penjualan ikan untuk konsumsi dengan menggunakan kiloan yang didasarkan pada berat ikan, berbeda dengan ikan hias yang sangat didasarkan pada kualitas ikan.

Baca Juga :  Peluang Usaha Rental Film yang Menggiurkan

Dari situ bisa dilihat prospeknya, ikan konsumsi memerlukan lahan yang lebih luas jika ingin menghasilkan keuntungan lumayan karena dijual berdasarkan kuantitas. Berbeda dengan ikan hias yang harganya sangat ditentukan dari kualitas ikan.

Jenis Ikan Hias

Sebagaimana yang sudah dikemukakan bahwa menentukan harga ikan hias berbeda dengan ikan konsumsi. Ikan hias sangat berdasar pada kualitas. Diantara jenis ikan yang mempunyai nilai jual tinggi diantaranya:

  • Ikan Koi
  • Ikan Manfish
  • Ikan Koki
  • Ikan Sumatera Barb
  • Ikan Black Ghost
  • Ikan Aligator
  • Ikan Komet, dsb.
  • Jenis-jenis ikan tersebut merupakan yang paling banyak dicari oleh para pehobi ikan hias.

Mengapa Dipilih?

Selain ikan hias memiliki nilai jual yang sangat menggiurkan, proses pemijahan dan perawatan bibit tidak memerlukan modal yang besar dan tempat yang luas. Saingan untuk bisnis ini lumayan masih lengang karena pembudidayaannya masih ada di daerah-daerah tertentu saja.

Daya jual yang tinggi biasanya disebabkan oleh pembeli yang begitu fanatik dan suka terhadap salah satu jenis ikan hias. Jika sudah demikian, berarapun harga yang ditawarkan biasanya pembeli tak akan berfikir panjang untuk segera membawa pulang ikan hias idamannya tersebut.

Fungsi ikan hias selain sebagai sarana hiburan atau hobi, juga belakangan ternyata sudah mulai dikembangkan sebagai objek untuk keperluan pendidikan, medis, penelitian, dan konservasi alam.

Bahkan yang fantastis lagi, ikan hias merupakan komoditas ekspor yang mampu menyumbangkan devisa negara secara signifikan diluar sektor nonmigas. Jadi, mengapa tak beralih menjadi pebisnis budi daya ikan hias?

Laman: 1 2


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top