Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tips Sebelum Membuka Usaha Studio Photo

Tips Sebelum Membuka Usaha Studio Photo

Bisnis Jasa

Tips Sebelum Membuka Usaha Studio Photo

Studio photo merupakan sarana yang dijadikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan foto. Dengan adanya studio photo ini, kegiatan berfoto bisa dilakukan dengan maksimal, bahkan dengan memiliki banyak nilai tambah.

Adapun nilai tambah tersebut seperti terlindungi dari pengaruh cahaya, bisa memberikan kenyamanan, kualitas foto yng cukup bagus, adanya arahan, dan masih lagi. Dengan begitu, bisnis ini begiu menjamur.

Namun bagaimanakah kita jika ingin membuka usaha dalam pembuatan studio ini? Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita pahami secara singkat apa itu bidang fotografi.


Fotografi Studio Photo


Fotografi merupakan kegiatan untuk melakukan segala macam teknik dalam berfoto. Penggunaan kamera pun bisa disesuaikan dengan yang kita miliki, bisa dengan kamera pocket atau dengan DSLR.

Rata-rata orang yang menekuni bidang fotografi ini mereka yang mempunyai hobi fotografi. Dengan alasan hobi itu pulalah, pembuatan studio yang bergerak dalam bidang fotografi bisa dilakukan.

Namun bagi yang tidak bisa melakukan teknik fotografi pun bukannya tidak bisa membuat usaha ini. Hanya jika kita memang ingin belajar, semua bisa dilakukan, meskipun itu terasa asing bagi kita.

Sekarang, kita melangkah bagaimana cara untuk membangun usaha studio photo. Ada beberapa barang yang menjadi syarat utama dari pendirian usaha ini. Berikut ini enam hal yang harus dipersiapkan.

1. Backdrop yang bersifat penting
Mungkin bagi sebagian besar orang banyak, terlebih bagi mereka yang baru bergabung dalam dunia fotografi belum begitu mengenal dengan nama tersebut. Nama backdrop merupakan nama yang sangat familiar di dunia seni fotografi ini. Backdrop merupakan gulungan yang menjadi latar belakang pada saat difoto.

Backdrop sendiri memiliki beberapa bahan, seperti kertas dan kain. Tidak hanya itu, ragam warna dan motof juga kerap digunakan oleh pelaku usaha studio photo ini. Untuk membeli backdrop ini tidaklah sulit karena banyak dijual di pasaran. Selain itu, kita pun bisa menggunakan warna yang netral, seperti hitam.

Baca Juga :  Beberapa Lembaga Keuangan Bukan Bank

2. Main light untuk bantuan cahaya
Faktor cahaya merupakan sesuatu yang sangat penting dalam urusan fotografi, terlebih jika itu dilakukan dalam sebuah studio. Untuk memulai usaha ini, kita bisa memiliki peralatan yang berhubungan dengan cahaya. Alat tersebut bernama main light.

Baca Juga : Daftar Harga Lighting Untuk Studio Foto

Dalam cakupan main light ini ada beberapa bagian, salah satunya bernma softbox. Softbox sendiri memiliki fungsi sebagai alat yang bisa meminimalkan bayangan pada objek. Dengan adanya alat ini, cahaya yang terdapat pada objek bisa lebih diperhalus lagi. Untuk pengaturannya sendiri bisa dipelajari ketika barang tersebut sudah dimiliki.

3. Kamera sebagai peran penting
Kamera merupakan alat terpenting untuk sebuah foto. Dengan adanya kamera tentu kita bisa melakukan usaha fotografi ini dengan lebih leluasa. Penggunaan kamera yang difungsikan dalam sebuah usaha studio bisa beragam, ada yang dilakukan dengan otomats, namun ada juga yang dilakukan dengan manual.

Akan tetapi, jika kita memang masih pemula dan masih meraba-raba mengenai usaha ini, alangkah baiknya untuk menggunakan kamera manual. Nantinya kita akan dengan lebih leluasa mengarahkan objek hingga melakukan pemotretannya.analisa usaha studio photo bisnis plan foto anak bayi di rumah digital mini rumahan buka cara bikin sederhana sendiri buat murah edit ala photoshop dengan editing sekolah jonas mall paling romantis yang bagus yg unik membuat background lampu baju box dari kardus kecil produk photobox membuka memulai menggunakan aplikasi pro arcsoft corel art frame 6 picsart & collage zoner promosi setting contoh proposal keuntungan latar belakang modal awal untuk paket peluang peralatan tips sampingan dan percetakan video kecil-kecilan profesional photography

4. Hair light yang mengatur cahaya pada rambut
Percaya atau tidak, dalam sebuah potret rambut bisa memberikan cahaya yang mengkilat. Ya, hal itu akan terjadi, terutama jika cahaya yang masuk terlihat lebih tebal dan kuat. Untuk itu, agar cahaya pada rambut tidak terlalu mencolok dengan objek maka diperlukan alat yang bisa mengaturnya. Alat tersebut bernama hair light.

Baca Juga :  Tips Mengelola Usaha Percetakan Offset Digital

Hair light nantinya akan dipasang di belakang objek. dalam hair light sendiri ada perangkat yang memiliki peranan penting, namanya adalah snoot. Snoot ini yang nantinya akan mengatur cahaya berlebih pada rambut.

Untuk hasil akhirnya nanti kaan telihat jelas di mana fungsi snoot ini. Cahaya pada rambut itu akan memberikan kesan bahwa seolah-olah antara model dengan backround itu terpisah.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top