Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tips Beternak Bebek atau Itik yang Diambil Telurnya

Tips Beternak Bebek atau Itik yang Diambil Telurnya

Bisnis Ternak

Tips Beternak Bebek atau Itik yang Diambil Telurnya

Selain daging, banyak pula orang yang ingin beternak bebek atau itik untuk diambil telurnya. Khusus untuk peternak bebek yang ingin mengambil telur sebagai hasil utamanya ada teknik-teknik tersendiri yang harus diterapkan. Teknik-teknik tersebut meliputi sarana untuk tempat peternakan atau kandang, pemilihan bibit, pemiliharaan dan proses panen serta pemasaran. Tips beternak bebek akan kita ulas lengkap disini.

 


Kandang Beternak Bebek dan Pemilihan Lokasinya


Kandang bebek petelur yang baik harus bisa memenuhi beberapa syarat. Yang pertama yaitu suhu udaranya, harus lebih dari 35 derajat namun tidak boleh di atas 40 derajat celcius. Meski kandangnya dalam keadaan yang lembab, namun tingkat kelembabannya harus kurang dari 60%.

Selain itu kandang tersebut harus dilengkapi dengan fasilitas penerangan yang cukup, dengan tujuan agar peternak lebih mudah melakukan penataan ulang terhadap kandang tersebut. Ada baiknya fasilitas penerangan ini dipasang di setiap sudut ruang atau kandang.

Bahan yang dipakai untuk membuat kandangnya tidak perlu yang mahal-mahal. Yang paling penting adalah dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan awet untuk menghindari terjadinya pemborosan. Dan yang tidak boleh dilupakan, harus disediakan pula perlengkapan lain yaitu tempat guna menaruh makanan dan minuman yang ditata sedemikian rupa sehingga tidak membuat kandang menjadi cepat kotor.

Untuk lokasinya, yang paling cocok untuk beternak bebek atau itik adalah daerah yang jauh dari pemukiman penduduk dan lebih bagus lagi terletak di pinggiran sungai. Tujuannya agar lebih gampang membersihkan kandang karena persediaan airnya cukup melimpah. Selain itu sungai tersebut dapat dipakai untuk beternak bebek karena binatang ini suka berenang dalam air.

Selain masalah kesehatan, kompleks peternakan bebek atau itik yang jauh dari pemukiman juga bisa menghasilkan suasana yang lebih tenang, sehingga bebek maupun itik yang diternak tidak mudah mengalami strss. Dengan berada di tempat sepi, maka hasil panen telurnya bisa lebih banyak.

Baca Juga :  Bisnis Peternakan Kambing, Analisa dan Teknik Pemilihan Bibitnya

 


Teknik Pemilihan Bibit


Bukan hanya kandang saja, saat beternak bebek atau itik juga harus dapat memilih bibit yang unggul, agar telur yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih bagus dan punya ukuran yang lebih besar. Ada beberapa cara untuk memilih bibit bebek atau itik dengan kualitas prima.

Pertama adalah memilih telur bebek atau itik khusus untuk pembibitan kualitas nomor satu, kemudian ditetaskan pada indukan ayam. Karena bebek dan itik tidak pernah mau mengerami telurnya sendiri.

Cara kedua, memelihara itik unggulan kemudian diambil telurnya dan ditetaskan dengan cara yang sama. Teknik pertama punya keunggulan membutuhkan waktu yang lebih singkat tapi tidak bisa mengetahui kualitas bibitnya secara pasti. Sementara teknik kedua punya kelebihan bisa mengetahui secara langsung kualitas induknya namun memerlukan waktu lebih lama.

Sedangkan cara ketiga yaitu membeli bakalan atau starter yang baru menetas satu hari hingga satu setengah bulan. Bebek bakalan ini lebih terkenal dengan sebutan DOD. Ciri DOD yang berkualitas unggul adalah tidak memiliki cacat pada bagian tubuhnya dan bulunya memiliki warna kuning cerah serta mengkilap.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Ternak

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top