Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Cara Atasi Sapi Melahirkan dengan Tindakan yang Jitu

Sapi Melahirkan

Bisnis Ternak

Cara Atasi Sapi Melahirkan dengan Tindakan yang Jitu

Hewan merupakan makhluh Tuhan yang sama seperti manusia, yakni butuh perawatan. Kesamaan tersebut bisa juga dilihat dari proses lainnya, yakni proses kelahiran. Ya untuk beberapa hewan ada yang melahirkan, seperti yang dialami oleh sapi. Sapi melahirkan bisa memberikan banyak keturunan, khususnya untuk mereka yang menjadi peternak hewan penghasil susu tersebut.

Menjadi seorang peternak merupakan suatu kebanggaan yang tidak bisa dikesampingkan, khususnya dengan peternak sapi. Bagaimana tidak, hampir semua orang dan semua kalangan membutuhkan unsur yang ada pada hewan besar tersebut. Tidak hanya susunya saja, melainkan juga dengan dagingnya juga. Susu dan daging sapi memiliki banyak manfaat untuk manusia.

Dengan demikian, pentingnya seorang peternak memang tidak bisa dikesampingkan. Dengan adanya peternak tersebut maka sapi yang dirawat pun bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai contohnya ialah ketika sapi tersebut melahirkan untuk memberikan keturunannya. Dengan keturunan tersebut maka seorang peternak bisa meraup untuk lagi.

Namun jika kita ingin menjadi peternak sapi bagaimana caranya? Apakah itu sulit? Lalu bagaimana penanganan ketika sapi melahirkan, apa yang harus kita lakukan? Untuk semua itu, marilah kita simak ulasannya di sini saja.

 


Tanda Sapi Melahirkan


Sama seperti manusia, hewan yang melahirkan pastinya memiliki tanda-tanda sebelum kelahiran tersebut terjadi. Denagn adanya tanda tersebut, tentunya kita sebagai peternak bisa menyediakan berbagai persiapan yang bisa dilakukan. Dengan persiapan tersebut diharapkan kita bisa melakukan yang terbaik untuk sapi kita ini.

Memang seperti apa sajakah tanda yang diberikan oleh sapi melahirkan tersebut? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak ulasannya dalam paparan berikut ini :

Ambing yang telah mengembang
Ambing yang berada pada sapi merupakan bagian yang ada di bawah, tepatnya pada area susu yang biasa diperah. Nah untuk tanda yang diberikan oleh sapi ini ketika akan melahirkan bisa dilihat pada ambingnya. Ambing sapi akan menjadi lebih mengembang dari biasanya. Namun kita juga jangan sampai tertipu dengan pengembangan ambing tersebut.

Baca Juga :  Cara Efektif Sebar Iklan Baris Gratis Online

Ambing sapi tersebut dapat dilihat dan dibedakan jika sapi tersebut baru pertama melahirkan atau yang sudah berpengalaman. Untuk dua bulan kehamilan yang pertama, ambing sapi tersebut akan menjadi mengembang. Proses tersebut adalah untuk sapi yang baru pertama kalinya melahirkan. Namun untuk sapi yang sudah berpengalaman, ambing sapi akan mengalami perubahan bentuk ketika memasuki waktu dua Minggu pertama.

Nantinya perubahan tersebut bisa dilihat dengan cukup mudahnya. dari puting sapi yang berada pada ambingnya akan tampak lebih berisi dibanding sebelumnya. Setelah itu, sebelum terjadinya proses kelahiran maka puting tersebut akan meneteskan susunya. Jika sudah begitu maka bersiaplah untuk mengalami proses kelahiran sapi.

 

Kemaluan sapi mulai terjadi pembengkakan
Untuk tanda yang berikutnya adalah kita akan melihat adanya pembengkakan pada kemaluan sapi atau yang dinamakan juga dengan vulva. Pembengkakan tersebut biasanya terjadi pada usia kelahiran minus dua minggu. Nantinya vulva tersebut akan membengkak dari yang biasanya terjadi.

Selain adanya pembengkakan vulva tersebut, sapi pun mengeluarkan benda yang berlendir cukup tebal dari vulva tersebut. Namun jangan khawatir karena proses tersebut merupakan hal yang normal menjelang sapi melahirkan. Lendir tersebut adalah lendir yang menyegel leher rahim dan dinamakan dengan plug serviks.

Untuk tanda dari lendir yang keluar dari vulva tersebut umum terjadi pada beberapa hewan yang akan melahirkan. Khusus untuk sapi tersebut, lendir akan hilang dengan sendirinya dan itu yang akan melindungi janinnya. Dengan demikian, janin yang akan dilahirkan oleh sapi tersebut tidak akan dibuat bahaya.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Ternak

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top