Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Perlengkapan Cuci Motor dan Mobil Untuk Bisnis

Perlengkapan Cuci Motor dan Mobil Untuk Bisnis

Bisnis Cuci Mobil dan Motor

Perlengkapan Cuci Motor dan Mobil Untuk Bisnis

Kesibukan yang tidak mengenal batas waktu bagi orang-orang tertentu membuat mereka tidak sempat untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya sederhana dan mudah, contohnya saja mencuci motor dan mobil. Sebenarnya fenomena ini apabila dipandang secara jeli dapat dimanfaatkan sebagai suatu peluang usaha, hanya berbekal perlengkapan cuci motor saja.

Usaha ini dapat dikatakan memiliki pangsa pasar yang menjanjikan mengingat hampir setiap rumah memiliki kendaraan pribadi entah itu motor ataupun mobil. Untuk itu, diperlukan perlengkapan cuci motor agar peluang ini bisa dimanfaatkan menjadi usaha cuci motor.

Meskipun usaha cuci motor dan mobil mungkin sudah menjamur dimana-mana, namun tak perlu khawatir untuk memulai bisnis yang sama. Dengan strategi yang jitu dan pelayanan yang handal dijamin bisnis cuci motor dan mobil akan laris manis meskipun di sekelilingnya memiliki banyak pesaing. Untuk memulai bisnis ini diperlukan dua modal awal berupa tempat serta perlengkapan cuci motor dan mobil.

 


Persiapan Usaha Cuci Motor


Dalam membuka bisnis cuci motor dan mobil diperlukan persiapan-persiapan yang harus dilakukan secara matang dan terencana dengan baik, selain perlengkapan cuci motor. Persiapan-persiapan inti yang dimaksud disini meliputi :

1. Lokasi usaha
Dalam melakukan suatu usaha, penentuan lokasi usaha yang cukup strategis merupakan bagian dari persiapan yang penting. Pengertian dari lokasi strategis sendiri adalah lokasi yang mudah dijangkau dan sesuai dengan jenis usaha yang didirikan. Dengan lokasi usaha yang strategis maka peluang untuk mendatangkan banyak pelanggan semakin tinggi, ini artinya peluang untuk mendatangkan banyak pemasukan bagi usaha yang didirikan.

Mungkin sebagai gambaran, contoh-contoh tempat strategis untuk usaha cuci motor dan mobil yaitu di pinggir jalan, di dalam kompleks perumahan, di pusat keramaian dan lain sebagainya. Pemilihan lokasi usaha seharusnya dilandasi pertimbangan segmen pasar atau target pelanggan yang diharapkan.

Baca Juga :  Proposal Cuci Mobil dan Studi Kelayakan

Pertimbangan segmen pasar yang harus diperhatikan sebagai seorang pemilik usaha meliputi usia, jenis kelamin, penghasilan dan hal-hal lain dari calon pelanggan. Segmen pasar merupakan dasar dari perencanaan usaha, tanpa menentukan segmen pasar, usaha yang dijalankan hanya berjalan ala kadarnya dan tidak memiliki target atau tujuan yang jelas.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan lokasi usaha adalah jarak lokasi usaha dari bahan baku yang diperlukan dalam menjalankan usaha atau sering dikenal dengan sebutan kebutuhan operasional.

Dalam bisnis pencucian motor dan mobil hal yang perlu diperhatikan betul untuk kebutuhan operasional adalah air dan listrik. Kedua hal tersebut menjadi hal utama yang harus tersedia setiap saat. Jangan sampai memilih lokasi yang memiliki kondisi air yang buruk seperti sering mati begitupun dengan kondisi listriknya.

Untuk mendapatkan lokasi usaha yang tepat dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan tidak ada salahnya untuk melakukan survei keliling daerah yang menjadi target sasaran untuk membuka usaha. Ibarat “Sambil Menyelam Minum Air” dengan melakukan survei lokasi usaha juga dapat mengetahui daya beli masyarakat yang ada di sekitar lingkungan tersebut.

Setelah memahami daya beli masyarakat maka dapat ditentukan kisaran harga yang sesuai untuk jasa pencucian motor atau mobil.

2. Pegawai
Pegawai yang dipilih hendaknya memiliki keterampilan yang diperlukan dalam mencuci motor, memiliki perilaku yang baik terhadap orang lain dan memiliki sifat yang jujur. Dengan kriteria tersebut dapat diperoleh sumber daya yang tepat dan dapat memiliki status kepegawaian dalam jangka panjang di dalam bisnis yang dijalankan.

Pemilihan pegawai yang sembarangan dan menyalahi kriteria tersebut dapat berdampak buruk bagi bisnis yang dijalankan karena berakibat pada sering terjadinya alur pergantian pegawai yang diakibatkan oleh kasus-kasus tertentu yang seharusnya dapat diantisipasi.

Baca Juga :  Membuka Usaha Cuci Mobil yang Menguntungkan

Hubungan baik antara pemilik usaha dan pegawai hendaknya dapat terjalin dengan cukup baik. Posisikanlah pegawai sebagai mitra kerja yang turut serta membangun bisnis yang sedang dijalankan. Melibatkan pegawai di dalam pengambilan keputusan bisnis dengan cara memberikan kesempatan pada mereka untuk mengungkapkan gagasan dan ide yang berkaitan dengan pengembangan usaha merupakan salah satu caranya.

Dari gagasan dan ide yang diberikan oleh para pegawai tersebut dapat diseleksi yang mana saja yang dapat diterapkan ataupun tidak. Perlu diingat bahwa meskipun menjalin hubungan baik dengan pegawai, tetap saja diperlukan suatu batasan-batasan tertentu antara pemilik usaha dan pegawainya. Hal ini dimaksudkan agar kewibawaan pemilik usaha tetap terjaga sehingga para pegawai merasa segan dan memberikan rasa hormat.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Cuci Mobil dan Motor

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top