Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Pengertian Kewirausahaan – Inovatif, Kreatif, Aktif & Berbagi

Pengertian Kewirausahaan

Peluang Usaha

Pengertian Kewirausahaan – Inovatif, Kreatif, Aktif & Berbagi

Apakah para pengasong atau para penjual pinggir jalan itu paham pengertian kewirausahaan? Apakah mereka tahu kalau yang mereka kerjakan itu adalah satu bagian dari kewirausahaan? Apakah mereka sadar kalau mereka adalah orang-orang mandiri yang berusaha mencari benar-benar sesuap nasi dan sepetak rumah beratap?

Harapan mereka adalah dagangannya laku dan mereka bisa makan. Penghasilan bersihnya kadang hanya Rp 15.000 – Rp 30.000. Sayang, kadang mereka menjadi sangat setia pada pekerjaannya sehingga hingga tua pun mereka tetap menjadi pedagang asongan. Yang berubah mungkin tempat berdagang saja. Tapi, ada yang bahkan tempat berdagang pun tidak pindah dan malah diteruskan oleh anaknya.

Pewarisan tempat usaha dan ketrampilan berusaha yang pas-pasan tidak membuat mereka menjadi pengusaha maju. Semoga mereka menemukan pengertian kewirausahaan yang sebenarnya sehingga mereka mempunyai semangat mengubah nasib dan berusaha ber inovasi, berkreasi, dan bereksperimen.

Bila mereka tahu sedikit saja tentang pengertian kewirausahaan, mereka tentunya mau belajar dan belajar lagi tentang lebih banyak keterampilan berusaha.

 


Memahami Pengertian Kewirausahaan


Beragam pengertian kewirausahaan yang dilontarkan oleh para ahli yang bergelut dibidangnya hampir sama. Intinya dalah bahwa setiap pengusaha yang itu harus mau berinovasi dan berkreasi bila ingin tetap bertahan di dunia usaha yang persainganya bisa membuat orang mati tergencet.

Perusahaan sebesar apa pun pasti akan bangkrut kalau tidak mau lebih berpandangan visioner. Pengusaha itu harus bisa melihat yang tidak dilihat oleh orang lain. Pengusaha itu harus mampu menciptakan kebutuhan masyarakat bukannya hanya memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pengusaha yang hanya berpikir memenuhi kebutuhan masyarakat, pasti akan tergerus oleh pengusaha yang mampu menciptakan tren kebutuhan masyarakat. Pengusaha yang visioner seperti ini adalah pengusaha yang sangat paham mengenai pengertian kewirausahaan.

Baca Juga :  Bisnis Es Krim - Peluang, Keuntungan, dan Persiapan Bisnisnya

Karakter visioner tersebut tentunya tidak hanya didapat hanya dari memahami pengertian kewirausahaan semata, tetapi tentu saja dari kemauan belajar dan terus belajar tanpa henti. Dari hasil belajar itu, sang pengusaha harus bisa memiliki hati yang selalu ingin memberi.

Pengusaha yang berpikir akan selalu memberi biasanya berpikir bagaimana memudahkan pekerjaan orang lain. Saat dia berpikir bagaimana memudahkan pekerjaan orang lain itulah, saat dia menemukan inovasi yang akan membuat usahanya semakin maju.

Atap baja ringan dengan harga terjangkau adalah salah satu pengejawantahan pengertian kewirausahaan yang berpandangan inovatif, kreatif, penuh riset, dan mau berbagi. Pembuatan genteng dan pengadaan kayu untuk rangka genteng mungkin saja akan habis.

Pemasang dan pembuat genteng juga mungkin saja semakin langka. Tapi dengan adanya atap rangka baja ringan, hal tersebut bukan masalah. Mudahnya pemasangan, kuat, dan lamanya masa pakai atap rangka baja ringan telah membuat semakin banyak masyarakat yang beralih ke atap modern tersebut.

Bagaimana dengan para pembuat genteng dan penyedia kayu rangka untuk genteng tersebut? Bisnis mereka pasti tergerus. Kalau mereka tidak banting setir, mereka akan mati. Pengusaha yang paham pengertian kewirausahaan, tidak akan ragu berpikir lebih jauh dan mengubah bisnis yang berjibaku dengan tanah itu menajdi bisnis baru.

Lubang yang telah digali bisa dijadikan kolam ikan lele dan kolam ikan nila atau kolam ikan apa saja yang mungkin bisa dijadikan sumber mata pencarian. Pengusaha kayu, bisa beralih ke bisnis lain yang mungkin saja ada hubungannya dengan bahan bangunan lainnya.

Gerak cepat harus dilakukan sebelum tata hati menjadi terganggu akibat menanggung kerugian yang cukup besar. Belajar lagi dan mencari peluang lagi adalah kerja pengusaha yang tak kenal lelah. Hanya pengusaha yang tak ingin terlama terpuruklah yang ingin memahami pengertian kewirausahaan secara lebih dalam.

Baca Juga :  Wira Usaha - Sebuah Pilihan

Buku-buku yang berkaitan dengan pengertian kewirausahaan juga bisa menjadi inspirasi. Ketika urusan perut telah melilit lambung, maka apapun akan dilakukan agar bisa bernapas lega dna tidur nyenyak lagi. Manusia tanpa kerja itu adalah manusia mati. Manusia tanpa berjuang itu juga adalah manusia mati.

Laman: 1 2


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top