Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Pembuatan Minyak Kelapa Secara Sederhana

Pembuatan Minyak Kelapa secara Sederhana

Tips Wirausaha

Pembuatan Minyak Kelapa Secara Sederhana

Sebagain besar dari kita tentu banyak yang belum mengetahui jika pembuatan minyak kelapa secara sederhana dapat dilakukan di dapur sendiri. Kita dapat membuat sendiri minyak kelapa , baik dalam skala kecil maupun skala besar. Bahan baku utama dan alat-alat yang dibutuhkan tidak terlalu sulit didapatkan. Berikut akan penulis paparkan tentang cara pembuatan minayk kelapa secara sederhana. Simak.

 


Bahan Baku Utama Pembuatan Minyak Kelapa


Dalam pembuatan minyak kelapa, bahan baku uatama yang kita butuhkan adalah kelapa. Kelapa yang dibutuhkan adalah kelapa segar yang sudah tua. Tanda-tanda kelapa sudah tua, yaitu kulit buahnya atau bagian luar sabutnya berwarna hijau kecoklatan atau coklat tua.

 

Alat-alat dan Pendukungnya

Dalam membuat minyak kelapa, alat-alat yang diperlukan cukup sederhan dan mudah diperoleh karena semua ada di dalam dapur yang merupakan alat-alat memasak sehari-hari. Peralatan yang digunakan untuk membuat minyak goreng sebagai berikut.

  1. Wajan besi; besar kecilnya ukuran wajan yang digunakan sesuai dengan banyaknya santan yang akana dimasak. Wajan berfungsi untuk memasak santan menjadi minyak.
  2. Centong, solet, pengaduk dari kayu; alat-alat ini berfungsi untuk mengaduk santan yang dimasak.
  3. Parang, lewang; berfungsi untuk mengupas kelapa atau membuang sabut kelapa maupun untuk membelah kelapa yang telah hilang sabutnya. Untuk membuang sabut kelapa dapat juga menggunakan linggis.
  4. Parut dan baskom atau tempat untuk menampung hasil dari parutan. Selain parut, saat ini untuk mempercepat proses pemarutan dapat menggunakan mesin pemarut kelapa.
  5. Saringan; digunakan untuk menyaring atau memisahkan santan dengan ampas kelapa.
  6. Panci Alumunium; berfungsi untuk menampung santan atau digunakan untuk memanaskan minyak kedua kalinya supaya lebih bening dan matang.
  7. Corong; berfungsi untuk memasukkan minyak ke dalam botol supaya tidak tumpah.
  8. Kain kasa atau kain bersih; berfungsi untuk menyaring endapan-endapa blondo supaya tidak tercampur dengan minyak saat pentgemasan minyak ke dalam botol.
  9. Pengukur volume atau literan; berfungsi untuk mengukur jumlah air yang digunakan untuk membuat santan. Pengukur volume juga dapat digunakan untuk mengukur banyaknya minyak yang diperoleh.
  10. Baskom; berfungsi untuk menampung buah kelapa yang telah dicungkil dari kulitnya.
  11. Bak: berfungsi sebagai tempat mencuci kelapa supaya kotoran yang melekat pada proses pencungkilan dapat hilang.
  12. Tungku atau kompor; berfungsi untuk tempat memasak santan.
  13. Botol; berfungsi untuk menampung minyak atau hasil akhir.
  14. Timbangan; berfungsi untuk menimbang bahan baku yang akan digunakan untuk membuat santan, yaitu parutan kelapa.
  15. Ember transfaran atau toples transfaran; berfungsi untuk menampung santan mentah.
Baca Juga :  Tips Belajar Bisnis Bagi Pemula

 


Proses Pembuatan Minyak Kelapa


Pada bagian ini, akan diuraikan bagaimana cara membuat minyak kelapa dengan proses pengapian atau pemanasan dan fermentasi.

1. Pembuatan Minyak Kelapa dengan Cara Pemanasan
Proses pembuatan minyak kelapa dengan cara ini cukup mudah, namun memerlukan kesabarran untuk memperoleh hasil yang maksimal. Tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk memperoleh hasil berupa minyak kelapa, di antaranya sebagai berikut.

Laman: 1 2 3


Kategori Tips Wirausaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top