Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Mendaur Ulang Barang Bekas

Bisnis Barang Bekas

Mendaur Ulang Barang Bekas

Mendaur ulang barang bekas adalah hal yang mudah dilakukan. Ada banyak sekali barang bekas di sekitar kita. Dalam satu minggu, satu bulan, satu tahun, barang-barang bekas ini akan menjadi sangat banyak. Menjadi semakin banyak karena semua orang menghasilkan barang bekas. Buang saja ke tempat sampah, beres. Namun selain membuang sampah-sampah itu begitu saja ke tempat sampah, kita bisa mendapatkan nilai lebih dengan mendaur ulang barang bekas.

Mendaur ulang barang bekas bukan hanya mengurangi sampah yang menumpuk namun juga dapat menghasilkan keuntungan materi yang tidak sedikit.Ini dia ulasan lengkap seputar daur ulang barang bekas sebagai peluang usaha yang menjanjikan sekaligus menyelamatkan bumi.

 


Mendaur Ulang Barang Bekas Menyelamatkan Bumi


Bumi yang kita tempati tak hanya menanggung beban manusia yang semakin banyak, namun juga menanggung sampah dan barang-barang bekas yang dihasilkan oleh manusia. Mulai dari sampah kertas hingga sampah elektronik.

Kertas merupakan salah satu barang bekas yang cukup banyak kita hasilkan. Bentuknya bermacam-macam: surat kabar, majalah, brosur, buku tulis di kelas yang lalu, aneka pengumuman, pamflet, dan sebagainya. Belum lagi kertas baru yang langsung menjadi bekas hanya gara-gara kita salah menge-print dari komputer atau salah memfotokopi.

Tidak seperti plastik yang susah diuraikan oleh alam, kertas memang lebih mudah hancur. Namun demikian, bukan berarti tak ada masalah. Kertas dibuat dari bubur kayu (pulp). Semakin banyak kebutuhan kita akan kertas, berarti semakin banyak pula kertas yang diproduksi.

Semakin banyak kertas yang diproduksi, akan semakin banyak pula pohon yang ditebang. Semakin banyak pohon yang ditebang (apalagi jika tidak disertai dengan penanaman kembali), akan membuat hutan semakin gundul.

Baca Juga :  Alternatif Mengubur Barang Bekas

Kita tahu sendiri apa yang terjadi jika semakin banyak hutan yang gundul: suhu bumi meningkat, keringnya sumber mata air, banjir, tanah longsor, dan sebagainya. Mendaur ulang kertas meskipun terlihat sepele namun bisa merupakan awal dari langkah besar untuk menyelamatkan bumi.

1. Mendaur Ulang Barang Bekas Kertas
Mendaur ulang kertas sebenarnya tak sulit untuk dilakukan. Modal yang diperlukan untuk mendaur ulang kertas ini pun tidak banyak. Dari modal yang sedikit dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda, siapa yang tak mau?

Untuk mendaur ulang kertas, kita hanya membutuhkan bahan dan alat-alat berikut:

  • Kertas bekas. Semua jenis kertas dapat didaur ulang.
  • Air bersih. Air bersih ini digunakan untuk merendam kertas bekas.
  • Screen (alat cetak). Alat ini bisa dibeli di toko sablon, bentuknya seperti bingkai atau pigura dan terdiri dari berbagai ukuran.
  • Ember. Sesuaikan ukuran ember dengan ukuran screen agar screen dapat dikeluar-masukkan dengan leluasa.
  • Spons. Digunakan untuk menyerap air yang menempel pada screen.
  • Pewarna. Untuk mendapatkan hasil kertas daur ulang yang lebih menarik.
  • Blender. Digunakan untuk menghaluskan kertas bekas.
  • Kain bekas atau plastik mika. Digunakan sebagai alas cetakan. Tekstur kain bekas atau mika ini akan menentukan tekstur kertas daur ulang yang dihasilkan.

Tak mahal, bukan? Kertas bekas bisa kita peroleh dengan harga sekitar Rp 1.000,-/kg di tukang loak, atau bahkan gratis jika menggunakan kertas bekas di rumah kita sendiri.

Spons bisa dibeli di warung-warung atau toko dengan harga sekitar Rp 1000,-. Demikian pula dengan pewarna. Yang agak mahal hanya blender dan screen. Namun kedua alat ini akan dipakai berkali-kali dalam proses produksi dan bukan bahan sekali pakai.

Baca Juga :  BABE Bandung Alias Barang Bekas Bandung

Setelah kertas daur ulang ini jadi, kita bisa menjualnya dalam bentuk kertas lembaran seharga Rp 1.000,- sampai Rp 3.000,- per lembar ukuran folio atau mengolahnya lebih lanjut menjadi benda lain.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Barang Bekas

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top