Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Kupas Tuntas Manfaat Jamur Merang

Manfaat Jamur Merang

Bisnis Budidaya Jamur

Kupas Tuntas Manfaat Jamur Merang

Salah satu alternatif makanan yang saat ini banyak digemari adalah jamur. Salah satu jamur yang menjadi favorit keluarga adalah jamur merang. Selain rasanya enak, manfaat jamur merang ternyata cukup banyak. Karena itu, bila Anda termasuk penggemar jamur yang satu ini, berarti Anda adalah salah satu orang yang beruntung.

Jamur merang adalah salah satu spesies jamur dengan bentuk unik. Umumnya, jamur yang banyak diketahui orang adalah jamur berbentuk seperti payung (tampak batang dan cawannya). Pada jamur merang, bentuknya bulat seperti telur, batangnya malah hampir tidak terlihat. Warnanya bisa putih keabu-abuan atau kecokelatan.


Mengenal Jamur Merang


Nama latin jamur merang adalah Volvariella volvacea atau dalam bahasa Aceh sering disebut dengan kulat jumpung. Jamur ini adalah salah satu jamur pangan yang pada awalnya dibudidayakan di daerah Asia Tmur dan Asia Tenggara dengan iklim yang tropis atau subtropis. Sebutan jamur merang sendiri dibudidayakan dari bahasa Tionghoa.

Untuk mengenal jamur merang, Anda bisa melihat tubuh buah yang masih muda dan memiliki bentuk bulat seperti telur, berwarna cokelat gelap atau abu-abu yang dilindungi oleh selubung. Sementara itu, tubuh buah jamur merang dewasa memiliki tudung yang berkembang seperti cawan dengan warna cokelat tua atau keabu-abuan.

Bagian batangnya berwarna cokelat muda dan jamur merang ini biasanya dijual untuk kebutuhan pangan atau konsumsi. Namun, jamur merang yang baik untuk dikonsumsi adalah jamur yang masih muda dengan tudung yang belum berkembang.

Jamur ini biasanya dikembangbiakkan dalam suatu bangunan yang disebut kumbung. Selain itu, jamur jenis ini juga baik tumbuh pada media merang atau jerami yang telah dikomposkan. Akan tetapi, dalam perkembangannya, jamur ini juga bisa tumbuh dengan baik pada media kompos sampah kertas, tandan kosong sawit, kompos batang pisang, dan kompos bio massa.

Baca Juga :  Usaha Sablon Digital dan Peluang Usahanya

Bahkan dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa limbah kapas juga memberikan hasil produksi dan pertumbuhan yang baik bagi jamur merang. Jamur merang ini juga dikenal dengan sebutan warm mushroom karena hidup dan bisa bertahan pada suhu yang cukup tinggi, yakni antara 30 sampai 38 derajat celcius dan suhu optimumnya adalah 35 derajat celcius.


Manfaat Budidaya Jamur Merang


Untuk membudidayakan jamur jenis ini tidaklah sulit. Panen dapat dilakukan pada tubuh buah yang belum sepenuhnya berkembang, atau masih berupa kuncup. Tubuh buah yang payungnya telah terbuka juga dapat dikonsumsi dan dijual, namun dengan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan jamur yang masih muda.

Jamur merang memiliki rasa yang unik, enak, gurih, serta tidak mudah berubah bentuk walaupun dimasak sehingga digunakan untuk bahan dasar beraneka ragam masakan, seperti mi ayam jamur, tumis jamur, pepes jamur, capcay, dan sup jamur.

Pusat produksi jamur merang yang terdapat di Indonesia terletak di dataran tinggi Dieng. Mereka membududayakannya dan menjual barang konsumsi tersebut dalam keadaan segar. Namun, di daerah yang dingin, jamur seperti ini hanya tersedia dalam bentuk kalengan.

Pemilihan spora jamur merang yang tepat akan menghasilkan jamur berukuran besar jika dibandingkan dengan jamur merang pada umumnya, seperti di daerah Lumajang Jawa Timur yang diproduksi oleh Erlita Susi SP dari Desa Jatiroro.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top