Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Kerajinan Tangan yang Unik dari Kerang

Kerajinan Tangan Yang Unik

Bisnis Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan yang Unik dari Kerang

Anda pernah ke pertokoan souvenir di jalan Cilinaya-Lombok? Lorong pertokoan Malioboro di Yogyakarta, serta souvenir corner di Bali. Maka mungkin pernah menemui benda souvenir hasil pernak pernik kerajinan tangan yang unik terbuat dari kulit kerang. Kerajinan tangan unik ini memiliki proses produksi yang unik tentunya. Meski tidak jauh berbeda dengan kerajinan tangan unik lainnya, tapi bahan dasar kerang kerajinan ini menjadi ciri khusus.

Kerajinan tangan ini pun dapat dijadikan hiasan di rumah ataupun oleh-oleh dari perjalanan wisata. Wajar jika para produsennya memiliki patokan harga yang tidak murah terlebih lagi jika dipasarkan di tempat wisata. Ada banyak jenis hasil dari kerajinan tangan dengan bahan dasar kerang ini. Semua bagian dari tubuh kerang dapat dijadikan kerajinan tangan yang memiliki keunikan.

Para produsen kerajinan tangan dengan bahan dasar kerang ini biasanya berupa home industry. Meski masing-masing home industry memiliki kelebihannya sendiri, tapi kerajinan tangan dari kerang ini juga menjanjikan keuntungan yang besar.

Berikut ini ulasan dari beberapa hal yang berkaitan dengan kerang hingga menjadi suatu kerajinan tangan dengan keunikan tersendiri dan mampu bersaing dengan kerajinan tangan lainnya.


Apa itu Kerang?


Sebelum mengetahui beragam hasil kerajinan tangan dari kerang yang termasuk kerajinan unik, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dulu apa sebenarnya kerang dan bagaimana upaya memprosesnya hingga menjadi kerajinan tangan.

Bahasa latin kerang : molusca, yakni hewan air bertubuh lunak. Pengertian umumnya adalah semua moluska lengkap dengan sepasang cangkangnya. Orang Amerika menyebutnya dengan clam. Hidupnya menempel pada satu obyek sebagai media.

Semua kerang-kerangan yang dipakai pada home industry adalah cangkangnya. Contohnya lokan dan remis, jenis kerang-kerangan yang biasa terdampar di pantai, bukan yang dibudidayakan untuk konsumsi pangan seperti kerang darah dan kerang hijau. Inilah hal yang menjadikan kerang menjadi salah satu kerajinan tangan dengan keunikan tersendiri.

Baca Juga :  Memulai Usaha Rumah Makan Dan Tips Bisnisnya

Kerang Bahan Kerajinan Tangan Yang Unik


Bagian kerang yang digunakan sebagai bahan kerajinan tangan yang unik adalah cangkangnya. Kerang ada dua jenis yaitu kerang betina dan jantan. Adapun yang digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangan yaitu cangkang kerang betina dewasa.

Cangkang yang dijadikan bahan dasar tersebut memiliki tekstur unik untuk dibentuk berbagai pola. Pola-pola tersebut disusun menjadi kerajinan tangan yang unik.

Adapun jenis kerang yang biasa digunakan adalah kerang simping. Sebelumnya cangkangnya dibersihkan, kemudian dicuci dengan pembilasan dan ditambahkan bubuk natrium soda untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah itu dijemur dengan sinar matahari yang teduh agar tidak terpapar panas secara langsung. Tujuannya agar cangkang simping tidak retak-retak atau hancur.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Kerajinan Tangan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top