Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas yang Berkelas

Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas

Bisnis Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas yang Berkelas

Barang bekas bagi sebagian orang mungkin sudah tidak berguna. Tetapi bagi sebagian lainnya, barang bekas adalah sumber penghasilan yang sangat menjanjikan. Barang bekas dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, khususnya untuk kerajinan tangan. Prospek usaha kerajinan tangan dari bahan bekas sangat menjanjikan.

Hal ini didasari pada pemikiran bahwa jika bahan bekas ini dibiarkan maka akan menjadi tumpukan sampah yang sangat mengganggu lingkungan. Selain itu, dapat menimbulkan berbagai macam penyakit bagi masyarakat yang bermukim di sekitar tempat pembuangan sampah tersebut.

Untuk menghindari kondisi tersebut maka perlu dilakukan pembinaan kepada masyarakat untuk membuat kerajinan tangan dari bahan bekas. Mereka ini dilatih untuk memanfaatkan ulang bahan bahan bekas yang berserakan di sekitar kita, sehingga menjadi barang layak guna, yang dapat bermanfaat bagi kehidupan kita.


Mengurangi Tumpukan Sampah


Kita harus mengakui bahwa rumah tangga dan perkantoran merupakan penyumbang terbesar tumpukan sampah yang menggunung. Sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga maupun industri perkantoran sangat banyak setiap harinya.

Hal ini menyebabkan sampah tersebut akan terus menumpuk dan menggunung, apabila tidak ada penanganan yang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dilakukan pemisahan jenis sampah yang ada. Jenis sampah basah yang biasa dihasilkan dapur rumah tangga, dapat dijadikan bahan dasar pembuatan kompos.

Jenis sampah yang terbuat dari plastik atau kaca, dipilah-pilah, untuk kemudian dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan tangan dari bahan bekas.

Barang kerajinan tangan dari bahan bekas ini, kemudian dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup. Dengan demikian, tumpukan sampah menjadi berkurang dan pemandangan lingkungan tidak terganggu oleh polusi sampah yang berserakan.


Kegiatan Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan


Pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari bahan bekas ini, biasanya dilakukan oleh ibu-ibu atau remaja yang sadar akan pentingnya lingkungan hidup yang bersih dan sehat.

Baca Juga :  Panduan Membuka Usaha Komputer

Pelatihan ini dilakukan selain bertujuan untuk mengurangi tumpukan sampah di lingkungan, juga sebagai usaha untuk menambah penghasilan dari hasil kreativitas.

Fokus dari pelatihan kerajinan tangan ini tidak lain adalah, agar masyarakat mampu membuat barang-barang layak guna dengan bahan bekas sebagai bahan dasarnya.

Belum banyak yang menekuni bidang ini, sehingga masih terbuka luas peluang usaha di bidang kerajinan tangan dari bahan bekas ini. Hal ini merupakan peluang usaha yang sangat prospektif.

Tentunya dalam hal ini tidak semua bahan bekas dapat kita manfaatkan untuk membuat barang layak guna. Oleh karena itu kita harus dapat memilih dan memilah bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan kerajinan tangan.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Kerajinan Tangan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top