Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Jual Beli Tanah: Tips Membeli Tanah

Bisnis Jasa

Jual Beli Tanah: Tips Membeli Tanah

Jual Beli Tanah: Tips Membeli Tanah

Dalam proses jual beli tanah, membeli tanah adalah impian setiap orang. Entah itu dengan tujuan untuk dibangun rumah pribadi, membuka usaha atau sekadar berinvestasi.

Ketika seseorang itu dianggap sudah mapan, seberapa besar pun uang yang dimilikinya akan terasa belum lengkap jika belum memiliki tanah sendiri. Artinya, tanah sudah menjadi prioritas utama bagi semua orang. Terlebih bila orang tersebut sudah berkeluarga atau sudah sekian lama mengontrak di atas tanah milik orang lain.

Membeli tanah, tidak sama seperti ketika kita membeli barang-barang kebutuhan lainnya. Di sini, kita dituntut untuk lebih teliti karena tanah merupakan aset berharga yang tidak bisa dicairkan dengan cepat. Artinya, bila kita ingin menjualnya kembali, tanah tersebut harus memiliki nilai jual tinggi sehingga kita tidak perlu menunggu lama hingga tanah itu laku.


Cermat Dalam Membeli Tanah


Memilih tanah untuk didirikan rumah pribadi diatasnya tidaklah sama dengan memperhatikan sebuah tanah yang digunakan untuk keperluan bisnis atau usaha. Terdapat berbagai tujuan dalam membeli sebuah tanah. Oleh karena itu sebelum kita mencari sebuah tanah untuk dimiliki sebaiknya menguatkan tujuan dari pembelian tersebut.

Menentukan tujuan dalam membeli sebidang tanah akan bermanfaat kepada cara pemilihan kita terhadap berbagai faktor yang mempengaruhi. Misalnya membeli tanah untuk keperluan rumah pribadi maka hendaknya kita dapat mencari lokasi yang cocok untuk ditempati oleh sebuah keluarga. Rumah untuk keluarga pastinya memerlukan kenyamanan dan keamanan bagi para anggota semua keluarga.

Maka hal yang patut diwaspadai adalah hal-hal yang dapat mendorong situsi yang tidak nyaman pada sebuah rumah. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membeli tanah untuk pembangunan sebuah rumah pribadi antara lain:

Baca Juga :  Bidang Usaha Jasa Konstruksi

1. Lingkungan yang aman
Keamanan adalah hal yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh seorang pembeli tanah. Salah satu kiatnya adalah dengan mengetahui karakteristik penduduk di wilayah tersebut. Beberapa media meliput bahwa tindakan kriminal di tanah air meningkat pesat akhir-akhir ini. Maka untuk menyiasatinya adalah mencari daerah yang dapat menjamin keamanan para penduduknya. Misalnya mencari tanah kosong yang dijual tetapi terletak di daerah yang sudah padat penduduknya.

Terkadang tempat yang sunyi bisa membuat was-was kita untuk tinggal di tempat tersebut atau bahkan sekedar lewat saja. Oleh sebab itu hindari membeli tanah yang jauh dari perkampungan. Atau usahakan dapat membeli tanah yang tidak begitu jauh dari pemukiman penduduk.

Di saat survei tanah, maka berjalan-jalanlah di sekitar daerah tersebut dan bertanyalah kepada warga setempat tentang kondisi di wilayah tersebut. Terutama pertanyaan tentang situasi keamanan di wilayah itu. Kita dapat menanyakan pertanyaan semisal, “Apakah pernah terjadi pencurian atau perampokan di daerah ini?” atau, “Adakah satpam atau ronda dari warga yang diadakan rutin setiap hari?”. Jangan malu dalam bertanya tentang keamanan daerah tempat tanah yang akan kita nego, karena masa depan keluarga kita juga ditentukan dalam momen yang singkat ini.

2. Lingkungan yang nyaman
Nyaman dalam artikel ini dimaksudkan suatu kondisi yang membuat penghuni sebuah rumah dapat betah atau tidak terganggu. Gangguan terhadap penghuni sebuah rumah dapat muncul dari berbagai sumber. Salah satunya yang sering kita rasakan di perkotaan adalah suara bising yang keluar dari knalpot kendaraan.

Menghindari tanah yang dekat ruas jalan raya adalah tindakan yang tepat bagi kita yang ingin rumah yang tenang dan sepi. Tetapi bila anda ingin tempat tenang dan tidak terlalu jauh dari jalan, tidaklah masalah memilih tanah yang letaknya agak menjorok dari jalan raya. Misalnya masuk dalam gang sehingga suara dari jalan raya tidak terlalu terdengar keras dari rumah nantinya.

Baca Juga :  Marketing Mix adalah Kekuatan Penuh dalam Seni Menjual

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top