Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Mengenal Ikan Bawal Air Tawar

Mengenal Ikan Bawal Air Tawar

Bisnis Agrowisata

Mengenal Ikan Bawal Air Tawar

Di mana ikan bawal hidup? Ikan bawal bisa ditemukan di dua jenis air, yaitu air laut dan air tawar. Pada kesempatan kali ini, yang akan dibahas adalah ikan bawal air tawar. Ikan bawal air tawar memiliki daging yang gurih dan banyak disukai orang.

Ikan ini jarang dikembangkan sebagai ikan hias, tetapi lebih banyak menjadi lahan usaha tambahan untuk meraup keuntungan lebih bagi financial keluarga. Hal ini tentu saja akan menjadi sebuah peluang usaha yang menggiurkan. Anda berminat membudidayakan ikan bawal air tawar?

Beberapa segmen bisa dipilih dalam usaha beternak ikan bawal ini mulai dari pembibitan, pembesaran, perdagangan hingga produk olahan dari ikan bawal ini. Pada kesempatan kali ini, yang akan dibahas mengenai segmen pembesaran ikan bawal saja.

Ikan bawal air tawar ini memiliki nama latin Colossoma Macropomum Cuvier. Jenis ikan ini menjadi salah satu ikan yang menjadi pilihan para ibu untuk disajikan di atas meja makan. Banyak permintaan yang datang dari pasar baik domestik maupun luar negeri. Namun, sepertinya masalah persediaan produk ikan tawar dan ikan laut lainnya menjadi kendala. Mengapa demikian? Para petani ikan belum bisa memastikan bisa memenuhi permintaan yang cukup besar tersebut.

Karena ikan ini termasuk popular di kalangan masyarakat, kita bisa menemukan ikan ini di berbagai tempat makan mulai dari warung tenda sampai restoran besar. Cara memasaknya pun dapat beragam disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Banyak orang yang memesan ikan ini dengan cara dibakar atau digoreng sambil disertai sambal pedas.

Selain itu, salah satu faktor yang menyebabkan ikan ini banyak disukai karena memiliki harga yang murah, rasa dagingnya gurih dan empuk sehingga penggemarnya pun banyak. Apabila ingin memasak sendiri ikan ini di rumah, Anda bisa membelinya langsung di pasar tradisional atau di supermarket yang menyediakan ikan-ikan segar baik ikan tawar maupun ikan laut.

Baca Juga :  Cara Budidaya Rumput Laut

Bagi yang ingin memulai usaha ikan bawal, bisa memilih segmen yang diinginkan terlebih dulu. Apakah berminat untuk proses pembibitan, pembesaran, penjualan, atau menggabungkan keseluruhan prose situ. Secara teori, ikan ini tidak termasuk ikan yang sulit untuk dipelihara dan dirawat.

Selain itu, daya tahan hidup ikan ini juga tergolong tinggi, yaitu sekitar 90 %. Apabila ikan lain tidak bisa hidup dalam kolam yang padat maka ikan bawal adalah salah satu ikan yang bisa bertahan dalam kondisi kolam seperti itu.

Sama halnya dengan ikan lele, bawal memiliki nafsu makan sangat besar. Bagi pemula, ada baiknya memulai usaha pembesaran ikan ini dengan skala kecil dulu. Caranya dengan mempersiapkan kolam, benih dan pakan untuk keperluan pemeliharaan. Persiapkan kolam harus sesuai dengan persyaratannya, antara lain memenuhi pH air, memiliki kandungan oksigen yang cukup, dan bebas dari hama.

Ikan bawal dalam segmen pembesaran bisa dipanen setelah melewatkan waktu pemeliharaan selama 4-6 bulan. Ikan yang telah mencapai waktu tersebut bisa mencapai berat tubuh sampai 500 gram. Harga yang dipatok untuk satu ekor ikan ini di pasaran adalah sekitar 15 ribu per kilogramnya.

Usaha pembesaran ini adalah usaha pemeliharaan ikan untuk mendapatkan ukuran dewasa yang siap dikonsumsi dan dijual ke pasaran. Ikan ini bisa dipelihara di kolam tanah maupun semen dan dipelihara secara monokultur maupun polikultur. Artinya, ikan bawal bisa dipelihara sendiri atau disatukan dengan ikan lain, seperti ikan nila atau mujair.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Agrowisata

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

    • Budidaya Jagung Budidaya Jagung

      Bisnis Agrowisata

      Panduan Budidaya Jagung

      Budidaya jagung belakangan ini cukup diminati oleh masyarakat mengingat permintaan pasar yang juga semakin meningkat. Tanaman...

    • Prospek Bisnis Tanaman Herbal dan Khasiatnya Prospek Bisnis Tanaman Herbal dan Khasiatnya

      Bisnis Agrowisata

      Prospek Bisnis Tanaman Herbal dan Khasiatnya

      Beruntunglah kita yang tinggal di bumi nusantara. Sebagai negara tropis, Indonesia dikenal sebagai wilayah yang paling...

    • Cara Budidaya Rumput Laut Cara Budidaya Rumput Laut

      Bisnis Agrowisata

      Cara Budidaya Rumput Laut

      Rumput laut begitu banyak digunakan dalam bidang industri sehingga budidaya rumput laut bisa menjadi “tambang emas”...

    Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top