Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Sejarah, Cara Kerja, dan Harga Mesin Fotokopi

Harga mesin fotokopi

Bisnis Jasa

Sejarah, Cara Kerja, dan Harga Mesin Fotokopi

Mesin fotokopi memakai energi listrik statis untuk menyalin atau menggandakan naskah yang disebut xerografi. Sekarang ini sudah banyak merk dan jenis yang beraneka ragam. Harga mesin fotokopi juga bervariasi tergantung spesifikasi, merk dan faktor lainnya.daftar harga mesin fotocopy epson gestetner gambar dan fotokopi foto copy 3570 2 jutaan 2nd 3235 3245 3300 3320i 4570 5 juta 5020 5075 5570 6020 6050 6570 6650 a0 a3 warna analog astra graphia bekas berwarna bizhub 350 423 canon 1024 1435 3045 baru ir 5000 np 6030 ii gambarnya dibawah 10 ecosys ex singapore f4 mini fuji xerox bw portable platen mp 2000 2501l hitam putih hp 9050 1022 105 4750 5050 6000 kecil untuk kantor konica minolta kyocera 4035 4050 fs-1135 m2535dn laser laserjet lazada lengkap lexmark lokal merk murah berkualitas new 6035 olx otomatis rekondisi ricoh aficio mpc 2030 riso samsung scanner printer second semarang terbaik usaha tokopedia toshiba e studio 181 ukuran besar pemula usb vanectro yang bagus bisa ngeprint yg fotocopy+printer biasa brother all type 1600 terbaru digital paling seken sharp termurah photocopy sewa toner jenis spesifikasi harganya berdasarkan ukurannya beserta secara umum penjelasannya dua pengertian 3 kualitas


Mesin Fotokopi Menjadi Kebutuhan Dasar


Mesin fotokopi bisa digolongkan menjadi salah satu kebutuhan yang mendasar bagi sebagian besar orang. Terlebih bagi para pelajar, pekerja kantoran, atau pegawai di institusi sangat membutuhkan keberadaan mesin fotokopi. Salah satu perusahaan yang telah lama menggeluti pangsa pasar mesin fotokopi adalah Canon. Anda tentu tidak asing lagi dengan brand ini. hampir di setiap kios fotokopi menggunakan mesin merk ini.

Pengalaman Canon selama puluhan tahun telah mengakar di hati dan pikiran masyarakat. Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih mesin fotokopi canon untuk memulai bisnis atau sekadar memilikinya di rumah. Itu pula yang menyebabkan harga mesin fotokopi canon sedikit lebih mahal dibanding merk lainnya.

Baca Juga :  Terus Cari Peluang Bisnis Sampai Dapat

Sejarah Penemuan Mesin Fotokopi


Sejarah awal penemuan mesin fotokopi dimulai dengan penelitian dan percobaan yang sangat panjang. Chester Carlson yang saat itu menjadi penyalin dokumen paten di sebuah peruahaan analisis berpikir untuk membantunya menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Ia menginginkan sebuah alat yang dapat mencetak dokumen secara berulang-ulang. Keinginan ini ia tindaklanjuti dengan membaca berbagai referensi tentang mesin cetak. Akhirnya, ia menemukan sebuah konsep elektrofotografi, yang kini kita kenal sebagai mesin fotokopi.

Pada tahun 1938, ia merancang eksperimen kecil dengan mempergunakan bubuk jelaga (karbon) dan penyinaran cahaya untuk memindahkan suatu tulisan dari sebuah media ke media yang lain. Ia juga memakai konsep yang dikenal sebagai photo-conductivity, sebuah proses perubahan elektron apabila terkena cahaya. Dengan proses ini, gambar atau tulisan dapat diperbanyak.

Temuan Carlson ini menciptakan proses mengkopi atau menggandakan dengan memanfaatkan energi elektrostatik, yaitu xenography. Istilah xenography diambil dari bahasa Yunani, yaitu radical xeros yang berarti kering dan graphos yang berarti menulis. Istilah ini diambil karena dalam prosesnya sama sekali tidak menggunakan cairan kimia.

Hal ini berbeda pada teknologi yang sudah ada sebelumnya. Dengan teknik ini, Chester Carlsoni sudah menemukan cara yang mengubah paradigma menulis ulangan sebuah dokumen, yang pada akhirnya menjadi proses yang disebut fotokopi. Teknik ini selanjutnya dipatenkan pada 6 Oktober 1942.

Ia menyadari bahwa temuannya belum sempurna sehingga ia terus mencoba menyempurnakannya. Meskipun mesin ini sangat berguna, sayangnya mesin elektrofotografi temuanya tidak terlalu diminati karena dianggap tidak mempunyai masa depan yang menjanjikan.

Chester yang berhasil merancang dan membuat alat itu masih harus menjajakan konsepnya selama bertahun-tahun agar mesin fotokopi tersebut dapat dijual dan diminati di pasaran. Harga mesin fotokopi buatannya pun tidak terlalu baik. Banyak perusahaan besar seperti Kodak, IBM dan General Electric, tidak tertarik dengan temuan itu.

Baca Juga :  Bisnis Baju Muslim Indonesia dan Dampak Tren Fesyen Dunia

Saat hampir saja harapan, Chester digandeng oleh Batelle Memorial Institute yang bersedia menanamkan modal kemudian bersama-sama berhasil meyakinkan Haloid Corporation, sebuah perusahaan menengah di New York yang memasarkan kertas foto agar mau menjadi mitranya.

Haloid Company kemudian mengganti nama elektrofotografi menjadi Xerography karena dianggap kurang mempunyai nilai jual. Xerography menjadi komersial sesudah diadopsi oleh Xerox Corporation. Salah satu produk pertama Xerox ialah Xerox 914, mesin foto kopi otomatis pertama yang memakai proses xenography. Dinamai dengan Xerox 914 karena merujuk pada kemampuannya dalam menggandakan kertas dengan ukuran 9 inci x 14 inci.

Mesin Xerox 914 yang bisa menggandakan sampai 100 ribu lembar kertas perbulan, sangat populer di masyarakat pada saat itu. Produk ini menyumbang income perusahaan hingga 60 juta dolar AS. Hingga kini Xerox menjadi perusahaan mesin fotokopi dan printer terkemuka di dunia.

Perusahaan yang saat ini bermarkas di Stamford, Connecticut, AS tersebut pada 2006 lalu sukses membukukan pendapatan sebesar 15,9 miliar dolar AS. Jumlah karyawan perusahaan ini mencapai 53.700 orang, tersebar di seluruh dunia.

Chester Carlsoni wafat pada 9 September 1968, di Rochester, New York, akibat mengidap penyakit hati kronis. Berkat temuan mesin fotokopinya ini, Chester Carlsoni telah berhasil mengubah cara pandang penulis ulangan sebuah dokumen. Hingga sekarang, mesin fotokopi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan modern.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top