Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Cara Menjadi Distributor Oli Semua Merk

Distributor Oli

Bisnis Cuci Mobil dan Motor

Cara Menjadi Distributor Oli Semua Merk

Teori mungkin terlihat mudah tapi kenyataannya memang semudah itu. Banyak pengusaha yang putar haluan setelah menjadi distributor oli untuk beberapa saat. Ternyata bisnis oli itu tidak selicin olinya. Tetap saja apapun yang ada di depan mata, ketika peluang itu menjadi distributor oli, hantam dulu.

 


Apa yang Harus Diketahui Sebelum Menjadi Distributor Oli?


Berbisnis itu tidak gampang. Banyak rintangan. Banyak cobaan. Tapi apakah semua rintangan dan semua cobaan itu harus menenggelamkan keinginan untuk menjadi seorang pebisnis? Bagi seorang pebisnis sejati, hidupnya adalah bisnisnya. Rintangan dan cobaan itu hanyalah bagian dari seni menata hidup. Pun ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang distributor oli.

Beragam bisnis dicoba sebelum menemukan oase bisnis yang sebenarnya. Begitupun dengan langkah awal sebagai distributor oli. Ada beberapa hal yang harus disiapkan.

1. Analisis Pasar
Pertama adalah analisis pasar. Apakah ada pasar yang akan mendukung bisnis sebagai distributor oli? Bila jawabannya ada. Berapa banyak kira-kira penyerapan pasar terhadap produk oli yang akan dijual?

Kalau cukup banyak dan cukup menguntungkan, barulah memikirkan tempat yang akan digunakan sebagai gudang dan kantor. Setelah itu persiapkan armada angkutan semisal truk Colt diesel, pick up, truk Fuso, dan lain-lain.

2. Siapkan Tenaga Kerja
Kedua, untuk menunjang bisnis sebagai distributor oli tersebut, dibutuhkan bantuan dan pihak lain, seperti, karyawan. Untuk perusahaan yang baru dibuka, mungkin pengrekrutan karyawan dibatasi. Yang dibutuhkan oleh toko oli yang baru adalah tim pemasaran yang selain tahu tentang produk yang akan dipasarkan, juga paham pasar dan bagaimana mendapatkan penawaran di beberapa calon konsumen.

Perang harga mungkin terjadi. Oleh karena itu pelayanan prima menjadi salah satu kunci sukses tidaknya sebuah perusahaan distributor oli. Selain tim pemasaran yang solid, seorang pekerja yang bertanggung jawab pada bidang administrasi juga tidak kalah besar perannya.

Baca Juga :  Belajar Memanfaatkan Peluang Bisnis

Tanpa pembukuan dan pengarsipan yang baik, sebagai distributor Anda pasti akan kewalahan, para petugas yang ada di lapangan pasti akan mendapatkan kesulitan yang luar biasa terutama ketika penawaran banyak masuk. Terkadang banyaknya penawaran yang masuk akan menjadi masalah tersendiri. Apalagi konsumen biasanya akan membayar pesanan paling cepat satu bulan berikutnya.

Bagi perusahaan distributor oli yang baru berdiri, keadaan ini bisa membuat pusing. Untuk mengatasinya, salah satu solusinya adalah dengan melibatkan pihak ketiga. Pihak ketiga ini bisa disebut sebagai pemegang modal untuk jenis penawaran khusus.

Tentu saja ada pembagian keuntungan yang telah disepakati sebelumnya. Prinsip ‘dari pada kalah 100%, mending memberikan kemenangan kepada orang lain tapi masih tetap mencicipi nikmatnya kemenangan’, jangan-jangan menjadi salah satu inspirator orang-orang yang mempraktikkan metode ini dalam perusahaan disributor oli-nya. Tidak jadi masalah prinsip apa yang dipakai asalkan hasilnya halal.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Cuci Mobil dan Motor

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top