Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Ini Dia Cara Memulai Usaha Sendiri

Cara Memulai Usaha Sendiri

Peluang Usaha

Ini Dia Cara Memulai Usaha Sendiri

Ingin tahu cara memulai usaha sendiri atau tetap ingin jadi karyawan? Hari gini udah nggak zaman lagi jadi karyawan. Sudah banyak buktinya mereka yang sukses dan bisa mencapai kemapanan finansial adalah mereka yang berwirausaha. Nah, buat kamu yang pengen banget menjadi wirausahawan, artikel ini hadir untuk memberikan penjelasan tentang cara memulai usaha sendiri.

Kalau kamu sering menyaksikan acara Young On Top yang digagas oleh Billy Boen di salah satu televisi swasta, yaitu menampilkan para pengusaha yang sukses di usia muda, dijamin kamu akan terinspirasi untuk berwirausaha.cara memulai usaha sendiri dengan modal kecil di rumah agar tidak mudah menyerah tanpa sukses membuka sedikit dari nol bagaimana untuk pemula brand butik baju bengkel buka bisnis buku panduan cafe modul tips dan jilbab jitu makanan motor online shop travel

Sudah satu dasawarsa terakhir, banyak lembaga pendidikan, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, memasukkan mata kuliah Kewirausahaan ke dalam kurikulum mereka. Para lulusannya pun diarahkan untuk mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan tidak semata terfokus untuk mencari pekerjaan. Bahkan, sebagian kampus mensyaratkan mahasiswanya untuk melakukan praktik kewirausahaan ketika mereka masih menempuh pendidikan.

Pada masa lalu, mungkin kerja kantoran atau menjadi pegawai negeri masih memiliki nilai prestisius yang tinggi di mata orangtua, calon mertua, pacar, dan masyarakat. Seiring waktu, tren itu berubah dan kini seorang pengusaha terlebih pengusaha muda memiliki gengsi yang lebih tinggi dari seorang pegawai kantoran atau karyawan perusahaan.

Contoh paling gampang kamu bisa belajar banyak dari pengalaman Rangga Umara-Pemilik Pecel Lele Lela, Reza Nurhilman/AXL-Pemilik Keripik Mak Icih, atau Pembuat Facebook-Mark Zuckerberg.

Baca Juga :  Bisnis Hotel yang Menggiurkan

Apalagi ada banyak keuntungan yang bisa didapat bila kita memiliki usaha sendiri dibandingkan menjadi karyawan perusahaan atau pegawai kantoran. Menjadi pengusaha sama saja dengan menjadi bos bagi diri sendiri. Ini cocok untuk kamu yang tidak suka kerja di bawah perintah atau di bawah peraturan yang ketat.

Memiliki usaha sendiri juga berarti waktu kerja lebih fleksibel. Pas banget untuk kamu yang tidak ingin kehilangan momen bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Satu hal yang paling penting, kalau karyawan atau pegawai menghasilkan pendapatan tetap setiap bulannya. Seorang pengusaha juga bisa menghasilkan pendapatan tetap sekaligus menggandakan pendapatannya.

Jika diibaratkan, penghasilan pegawai atau karyawan itu deret hitung (1,2,3,4,5, dst), maka penghasilan pengusaha itu deret hitung (2,4,16,32, dst). Apalagi kalau perusahaannya tergolong besar, maka keuntungannya juga besar. Namun, banyak juga yang tidak berani memulai usaha sendiri karena tidak berani menanggung risikonya. Well, hidup itu fair. High risk, high gain (risiko tinggi, hasil tinggi). Low risk, low gain (risiko rendah, hasil rendah). That’s your choice, guys.

Jadi, tertarik memulai usaha sendiri? Mumpung masih muda, masih punya banyak energi, inilah waktu yang tepat. Jangan main mulu, tapi mulai pikirkan hari depan kamu. Semua pengusaha sukses memulai usahanya sedari dini lho seperti AXL Mak Icih yang sibuk merintis usaha sewaktu kuliah ketika di saat yang sama teman-temannya sibuk menghabiskan uang orangtua buat jalan-jalan ke mall.


6 Cara Memulai Usaha Sendiri


So, penasaran ingin tahu bagaimana cara memulai bisnis sendiri? Buat kamu yang udah ngebet pengen memulai usaha sendiri, ini dia tipsnya :

1. Kenali Jenis Usaha dan Jadikanlah Usaha sebagai Passion
Usaha yang baik adalah usaha yang dikenali luar dalam seluk-beluknya serta merupakan minat (passion) kamu. Bila sebuah usaha adalah passion, kamu tidak merasa sedang bekerja, melainkan sedang melakukan hal yang disenangi, tetapi kamu bisa menghasilkan uang dari situ.

Baca Juga :  Peluang Usaha Jual Bibit Jamur Merang

Akan lebih baik kalau memiliki keterampilan, keahlian, atau pengalaman dalam usaha tersebut. Kalaupun tidak, kamu bisa mengajak seorang mentor untuk membimbing kamu dalam usaha tersebut hingga benar-benar ahli.

Cara memulai usaha sendiri, kamu bisa melakukan studi literatur dengan membaca banyak buku tentang usaha dan pengusaha sukses, banyak ngobrol dengan mereka yang sudah lebih dulu memulai usaha, atau survei langsung ke beberapa tempat usaha.

Banyak pilihan usaha yang bisa dimulai dari rumah, misalnya jualan pulsa, jualan kue, makanan, cemilan, dan lainnya. Jika mampu menyewa kios atau ruko, kamu bisa mulai dengan usaha seperti warung indomie, ayam goreng, nasi goreng, kafe kecil, dan sebagainya.

Jika kesulitan menyewa tempat, Indomaret menyediakan sewa teras dengan harga yang terjangkau. Sebagian orang benar-benar ingin memulai segalanya sendiri untuk mengembangkan merek dan produknya dan sebagian lagi ingin memulai dengan lebih mudah, yaitu dengan membeli waralaba. Pilihan ada di tangan kamu.

Laman: 1 2 3


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top