Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Cara Budidaya Jamur Tiram yang Menguntungkan

Cara Budidaya Jamur Tiram

Bisnis Budidaya Jamur

Cara Budidaya Jamur Tiram yang Menguntungkan

Cara budidaya jamur tiram saat ini sedang dipelajari oleh banyak masyarakat karena dianggap memiliki prospek yang menguntungkan. Jamur tiram memang banyak memiliki kelebihan, diantaranya keuntungan yang dihasilkan relatif tinggi, umur pembudidayaannya yang relatif singkat. Di pasaran memiliki tingkat laku yang tinggi.

Disamping itu, mengapa cara budidaya jamur tiram ini banyak dipelajari oleh banyak petani? Karena cara budidaya jamur tiram sangat mudah, bisa dilakukan sepanjang tahun serta tak memerlukan biaya besar.

Usaha jamur tiram tidak mengganggu ekosistem lingkungan. Bila dilihat dari keuntungan yang menjanjikan, selain bisa dijadikan pekerjaan sambilan bisa juga dijadikan sebagai pekerjaan utama.


Mekanisme dan Cara Budidaya Jamur Tiram


Untuk apa jamur tiram? Saat ini di pasaran banyak sekali ragam atau diversifikasi dari olahan jamur tiram, diantaranya keripik, tumis, pepes atau nugget. Yang biasa disajikan entah itu kering, kaleng, dan segar.

Dalam pembudidayaan jamur tiram biasanya memiliki siklus yang teratur, diawali dengan penyediaan serbuk gergaji, dilakukan pengayakan, sterilisasi bibit jamur, sampai akhirnya jamur tiram siap panen.

Cara budidaya jamur tiram ini bisa dilakukan dalam media serbuk gergaji, alang-alang, limbah kertas, ampas tebu, dsb. Selain itu, bisa juga diberikan bahan campuran didalamnya berupa dedak atau bekatul dengan tingkat perbandingan 80 : 20.

Material tadi (campuran) kemudian dimasukkan dalam ember plastik, lalu dipadatkan dan dilakukan sterilisasi selama 10-14 jam dengan tujuan menekan mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bersifat merusak.


Tahapan Budidaya


Dalam tahapan sterilisasi ini dilakukan dengan memanaskan baglog bersuhu 95 derajat celsius dalam jangka waktu 8-12 jam. Setelah selesai, baglog didinginkan dalam ruangan tertutup selama 24 jam bertujuan untuk menghindari terjadinya kontaminasi.

Baca Juga :  Strategi Berbisnis Percetakan Brosur

Setelah tahapan sterilisasi selesai, tahapan berikutnya yang harus dilakukan yakni tahap inokulasi yaitu suatu proses penularan miselium dari bibit ke dalam media tanam. Untuk memperlancar proses ini bisa dilakukan dalam ruang inokulasi dan dalam ruangan yang steril.

Tahapan berikutnya adalah tahapan penumbuhan miselia jamur atau tahap inkubasi yang biasanya dilakukan selama kurang lebih 40 – 60 hari. Yang perlu diperhatikan dalam tahapan ini, suhu ruangan harus benar-benar dijaga dalam kondisi 22 – 28 derajat celsius dan memiliki kelembapan 70 – 90%. Setelah itu, dimana baglog telah berwarna putih, baglog harus dipindahkan ke kumbung (biasanya setelah berumur 40 hari).

Setelah ujung baglog terbuka, biasanya antara 7 – 14 hari, tubuh buah akan tumbuh. Panen jamur tiram dilakukan secara bertahap, dimana panen pertama 30 hari setelah terjadi penyobekan baglog, kemudian panen berikutnya 10-14 hari.

Lantas setelah dipanen, apa yang harus dilakukan untuk menjaga daya tahan jamur tiram? Jamur yang sudah dipanen segera disimpan dalam freezer atau pendingin supaya tahan dalam kurun waktu satu atau dua minggu.

Untuk produk jamur kering, proses pengeringan jamur dilakukan selama 5 hari dibawah terik matahari. Demikian artikel cara budidaya jamur tiram semoga banyak memberikan inspirasi.cara budidaya jamur tiram untuk pemula di rumah sederhana tanpa bibit daerah panas coklat yang baik pdf dan benar putih agar cepat tumbuh dari awal sampai akhir panen membuat secara alami artikel alat bahan jelaskan tata tanaman atau merang lengkap bagi youtube beserta gambarnya gambar buat baglog berkualitas yg bagaimana menanam cair cuaca hitam nasa serbuk kayu dengan dingin media kardus gergaji dalam dataran rendah modal teknik tips tempat langkah ebook efektif f1 f2 f0 florida f3 jagung ke gabah gimana jerami kuning skala kecil kuping kamar keuntungan kancing mudah merah menggunakan nol organik ppt pink paling praktis rumahan raja tangga sendiri singkat sukses tradisional sterilisasi terbaru tutorial unggul video download memulai usaha warna warni bagus f 0


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top