Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tips Sukses Bisnis Wirausaha Rumahan

Tips Sukses Bisnis Wirausaha Rumahan

Peluang Usaha

Tips Sukses Bisnis Wirausaha Rumahan

Jangan remehkan bisnis wirausaha rumahan. Kadang banyak calon pengusaha yang muluk-muluk bercita-cita punya usaha sendiri yang langsung besar, tetapi karena kekurangan modal, SDM, ide dll, maka semuanya itu hanya sebatas ada di angan-angan belaka.

Tidak mustahil ada peluang bisnis yang lebih memungkinkan. Misalnya bisnis wirausaha rumahan. Ternyata bisnis wirausaha rumahan memiliki banyak keunggulan dibanding usaha lainnya. Kita tak perlu repot-repot menggaji satpam atau petugas keamanan, tak perlu susah-susah mencari sekertaris dsb.


Potensi Wirausaha di Rumah


Di negara lain, contohnya Cina, bisnis wirausaha rumahan ini telah begitu populer. Bahkan bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya..

Jangan bayangkan kalau bisnis wirausaha rumahan ini hanya sebatas buka warung makan saja. Di Cina, usaha atau pabrik mainan, sandal sepatu, obat-obatan, bahkan orderdil sepeda motor digerakkan lewat bisnis wirausaha rumahan ini.

Usaha rumahan memang dimulai dari ukuran yang kecil, dengan arti lain bermodal tidak terlalu besar. Sebab banyak biaya yang terpotong dengan lokasi bisnis di rumah. Misalnya seperti biaya sewa tempat usaha yang saat ini relatif mahal.

Bahkan di perkotaan besar biaya sewa ruko bisa mencapai 20 juta hingga 50 juta pertahunnya. Namun dengan lokasi usaha di rumah, biaya kontrakan yang membebani setiap tahunnya itu dapat dipangkas hingga nol rupiah.

Keunggulan lain dari bisnis di rumah ialah kita tidak perlu repot bersiap-siap berangkat ke tempat usaha setiap paginya, sebab bisnis sudah ada di rumah kapan pun. Sehingga biaya transportasi dan efesiensi waktu dapat dioptimalkan dengan bisnis ini.

Oleh sebab itu jangan heran bila banyak kalangan saat ini yang membidik usaha rumahan, apalagi dengan berbagai krisis yang mengguncang Indonesia sejak tahun 90-an.

Baca Juga :  Membuat Kerajinan Tangan yang Mudah Dijual

Tips Menjalankan Bisnis Wirausaha Rumahan


Nah, agar berhasil dalam bisnis wirausaha rumahan ini, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda:

1. Optimalkan kekuatan yang ada
Dalam bisnis wirausaha rumahan ini, Anda tidak usah terlalu banyak mengeluarkan modal yang berlebihan. Mulailah dari memanfaatkan sesuatu yang ada.

Misalnya memanfaatkan garasi atau ruang yang longgar di rumah Anda. Walau hanya ruangan ukuran 3×3 m tak jadi soal. Microsoft, Ford bahkan Google juga mulai usaha terkenal dan besar sampai saat ini dari garasi rumahnya.

2. Disiplin
Di Indonesia, rata-rata para pekerja kantoran mulai bekerja pukul 9 pagi sampai jam 5 sore. Para pebisnis wirausaha rumahan, setidaknya juga disiplin mengalokasikan waktunya seperti itu. Bahkan kalau perlu mengalokasikan waktu yang lebih banyak lagi.

Memang, dalam bisnis ini waktu menjadi sesuatu yang fleksibel, tapi kalau malas menggunakan waktunya secara produktif dan disiplin dalam bisnis ini, kesuksesan tak akan di dapatkan.

3. Gencar berpromosi
Agar produk laku jual, langkah yang mesti dilakukan adalah berpromosi. Caranya dengan mendatangi konsumen. Ketuk rumah satu persatu dimulai dari tetangga maupun warga sekitar. Dengan demikian, produk Anda akan lebih banyak dikenal dan kelak akan dibeli orang.

4. Beriklan di media komunitas
Di beberapa kota, saat ini banyak sekali muncul media-media komunitas kawasan. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk media beriklan.

Biasanya tarif iklan di media kawasan ini sangat murah dan sangat tepat sasaran karena diedarkan bukan ke sembarang tempat umum tapi terfokus pada kawasan tertentu. Dengan demikian, Anda juga bisa lebih fokus dalam membidik pasar tertentu.

Laman: 1 2


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top