Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Seluk-beluk Membuka Bisnis Toko Baju

Bisnis Toko Baju

Bisnis Busana Muslim

Seluk-beluk Membuka Bisnis Toko Baju

Ingin membuka sebuah bisnis toko baju? Apa yang harus dipersiapkan. Bahan bakunya, properti pendukung, sistem, lokasi, atau pemodalan? Jika Anda memang serius membuka sebuah toko baju, mungkin harus sedikit melakukan persiapan dan riset. Riset ini berguna untuk memastikan apakah toko baju Anda nantinya dapat bertahan dan tidak hanya sekadar menghasilkan keuntungan belaka.


Perbedaan antara Toko Baju Online dan Offline


Lantas apa yang membedakan antara bisnis toko baju online dan offline. Sebelum membahas tentang perbedaan di antara keduanya, mari kita bahas persamaannya terlebih dahulu. Pada bisnis toko baju online, ada bahan baku (baju), lokasi, tempat, sistem pembayaran, dan pemasaran. Begitu juga dengan toko baju offline. Namun, di dalam berbagai persamaan tersebut terdapat juga berbagai perbedaan, di antaranya sebagai berikut.

Toko Baju Online

Toko baju online hampir tak ada perbedaan dengan toko baju konvensional. Di toko baju online, persiapan yang harus dilakukan sejatinya hanya dua macam, yaitu bahan baku serta lokasi. Namun, dalam toko baju online, ada faktor-faktor lain yang harus Anda penuhi. Faktor tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Gerai Toko Baju Online
Untuk masalah gerai, bisnis toko baju online sejatinya tidak membutuhkan tempat. Tempat ini akan diisi dengan galeri daring. Anda harus menempatkan foto dan gambar baju yang akan dijual di toko baju online ini di website.

2. Lokasi Toko Baju Online
Serupa dengan bisnis toko baju konvensional, toko baju online juga memerlukan lokasi yang strategis. Lantas lokasi yang bagaimanakah itu? Senada dengan toko baju offline, carilah lokasi yang ramai. Lokasi yang ramai di internet tidak membutuhkan biaya yang tinggi. Ini berbeda dengan toko baju offline. Contoh lokasi toko baju ramai di internet seperti forum-forum anak muda atau situs jual beli gratis banyak tersedia.

Baca Juga :  Kartu Pernikahan Terunik, Peluang Bisnis Dengan Berbagi Kebahagiaan

3. Sistem Bisnis Toko Baju Online
Untuk masalah sistem, tentu saja toko baju online akan memiliki pola yang berbeda dengan toko baju konfensional. Pola face to face akan ditemui di toko baju offline. Namun, sistem yang terjadi di toko baju online adalah sistem shopping chart dengan pola pesan antar. Jika tidak ingin pusing dengan sistem apa yang akan digunakan, situs jual beli gratis banyak tersebar di internet yang dapat Anda manfaatkan.

4. Tempat Toko Baju Online
Di awal dijelaskan jika toko baju online tidak membutuhkan lokasi. Namun toko baju online juga membutuhkan tempat. Berbeda pengertian antara lokasi dan tempat. Jika lokasi, pilihlah lokasi yang ramai. Jika tempat, Anda dapat menggunakan blog atau website gratisan yang banyak tersedia di internet. Bingung atau tidak memiliki kemampuan untuk menerapkan sistem tersebut? Silakan mendaftar di situs jual beli gratis. Misalkan di Tokopedia, Bukalapak, Shopee atau FJB Kaskus.

5. Pemasaran Toko Baju Online
Lantas bagaimana dengan pemasarannya? Mudah. Anda yang memiliki modal beriklan terbatas dapat memanfaatkan situs-situs iklan gratis di internet. Gemar menggunakan media sosial, mengapa tidak memanfaatkan itu? Facebook, Instagram dan Twitter adalah alat ampuh untuk memasarkan dagangan. Bahkan sekarang media sosial sering digunakan sebagai alat marketing dan ini juga berlaku bagi toko baju online.

Baca Juga : Peluang Usaha Baru, Jual Baju Kiloan

Toko Baju offline

Lalu, apa bedanya dengan toko baju offline? Toko baju offline adalah toko baju luar jaringan alias, toko yang banyak ditemui di tempat-tempat perbelanjaan.

1. Lokasi Toko Baju
Lokasi bisnis toko baju offline biasanya di ‘darat’ seperti di pasar, pusat perbelanjaan, atau mall. Namun untuk toko baju online, lokasi yang dipakai adalah di blog atau website yang dibuat khusus untuk berjualan toko baju. Di antara lokasi keduanya memiliki kesamaan, yaitu berjualan di lokasi yang ramai. Ramai dalam arti banyak orang yang berkumpul dan bertemu di situ. Toko baju offline biasanya di pasar dan pusat perbelanjaan, sedangkan toko baju online di situs jual beli online, forum, atau bahkan di jejaring sosial (Facebook).

Baca Juga :  Bisnis Jasa Privat, Menjual Kecerdasan & Keahlian Anda

2. Sistem Pembayaran Toko Baju
Sistem pembayaran di bisnis toko baju offline biasanya tunai atau cash. Namun, toko baju offline juga menerima sistem kredit maupun cicilan. Toko baju online menggunakan sistem tunai, tetapi dengan cara mentrasfer ke rekening pemilik toko baju. Memang untuk toko baju online sering terjadi kecurigaan antara konsumen dengan pemilik toko baju. Namun jika keduanya saling percaya, kecurigaan tersebut tak akan menjadi persoalan.

3. Sistem Pengiriman Toko Baju
Sistem pengiriman toko baju offline adalah dengan cara langsung atau setelah barang dibayar, kemudian dapat dibawa pulang. Namun untuk toko baju online, hal tersebut akan sangat berbeda. Setelah konsumen memesan barang (baju) maka langkah selanjutnya adalah membayar barang tersebut (tranfers). Barang tidak akan dapat langsung dibawa pulang karena harus dikirim terlebih dahulu melalui jasa pengiriman. Barang yang terkirim akan memakan waktu bergantung jarak serta lokasi konsumen.

4. Perbedaan Harga Toko Baju
Perbedaan harga akan ditemui di antara keduanya. Mengapa? Jika toko baju offline membutuhkan tempat, karyawan, dan mungkin biaya sewa, sedangkan untuk toko baju online mungkin yang dibutuhkan hanyalah bahan baku. Oleh sebab itu, akan terjadi margin yang lumayan antara toko baju online dan offline.

Biasanya dalam bisnis toko baju online akan lebih murah dibandingkan dengan toko baju offline. Namun toko baju online membutuhkan biaya kirim. Hal ini tidak ditemukan di toko baju offline, kecuali ada pemesanan dari luar kota.
bisnis toko baju muslim distro anak bayi online dan grosir plan buka memulai modal usaha pakaian anak2 peluang analisa batik butuh berapa bola proposal cara membuka contoh rencana mengelola menjalankan di rumah pasar dalam desa kecil kecilan keuntungan studi kelayakan makalah murah olahraga pria pemula perencanaan proses sederhana tips wanita


Kategori Bisnis Busana Muslim

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top