Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Menjadi Bos Sendiri dengan Belajar Franchise

Menjadi Bos Sendiri dengan Belajar Franchise

Tips Wirausaha

Menjadi Bos Sendiri dengan Belajar Franchise

Tertarik untuk belajar franchise? Bagi yang ingin berbisnis waralaba, penting sekali untuk belajar franchise, dari A sampai Z. Artinya, Anda harus mendalami bisnis ini jika memang ingin benar-benar sukses menjadi pengusaha franchise. Bagaimana caranya? Anda ingin tahu, bukan? Baca artikel ini sampai tuntas.

Bagi yang sedang bingung karena tak kunjung juga mendapatkan pekerjaan sebagai pegawai kantoran, mari belajar franchise. Anda seorang mahasiswa ingin memiliki tambahan uang jajan atau seorang ibu rumah tangga yang bosan dengan rutinitas di rumah dan ingin membantu suami dalam menambah penghasilan, maka mulailah untuk mengumpulkan mental dan membulatkan tekad untuk membuka usaha sendiri atau berbisnis. Mari belajar franchise.

Salah satu usaha atau bisnis yang dapat dipilih adalah usaha franchise (waralaba). Bisnis franchise saat ini tengah berkembang luar biasa, tidak hanya di luar negeri, tetapi juga di Indonesia. Prosedurnya tidak berbelit-lebit. Selain itu, kemungkinan ke depannya sangat menjanjikan. Plus, siapa pun bisa menggerakkan franchise. Tiga hal inilah yang membuat bisnis dalam bidang ini banyak diminati masyarakat.

 


Seputar Bisnis Franchise dan Belajar Franchise


Mungkin di antara Anda ada yang masih belum mengerti apa itu bisnis franchise alias waralaba. Tidak ada salahnya bila kita perlu mengetahui apa makna dan maksud dari bisnis ini supaya terhindar dari penipuan yang dapat saja dialami dalam berajar usaha franchise.

Pengertian Franchise
Ada banyak pengertian yang dapat menjabarkan apa itu franchise, di antaranya adalah pengertian menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yaitu sebuah sistem distribusi barang/jasa hingga pada pelanggan akhir, di mana franchisor atau pemilik merek memberikan sebuah hak kepada perseorangan atau sebuah perusahaan/badan usaha, untuk mengerjakan bisnis dengan nama, merek, prosedur, sistem, dan langkah-langkah yang telah diputuskan sebelumnya, dalam rentang waktu yang tertentu; yang menaungi wilayah tertentu pula.

Baca Juga :  Peluang Usaha Salon Kecantikan dan Analisa Usahanya

Sementara pengertian menurut Peraturan Pemerintah RI No. 42 Tahun 2007, adalah hak khusus yang dipunyai seseorang atau bisa jadi badan usaha tertentu, terhadap sebuah sistem bisnis. Tentu bukan sistem bisnis biasa, melainkan sistem yang memiliki kekhasan usaha dengan tujuan menjual barang atau jasa yang (1) sudah terbukti keberhasilannya; juga (2) dapat digunakan pihak-pihak lain, yang didasarkan pada perjanjian Waralaba.

Secara sederhana, franchise/waralaba adalah sebuah taktik sistem, skema bisnis, dan pemasaran yang memiliki tujuan demi pengembangan jaringan usaha pengemasan sebuah produk/jasa. Dalam hal ini, pihak pembeli melakukan bisnis berdasarkan syarat-syarat (peraturan) yang ditetapkan pihak yang mempunyai perusahaan (pewaralaba). Pihak pembeli sendiri disebut terwaralaba.

Menurut sejarahnya, pertama kali waralaba dikenalkan oleh Isaac Singer pada sekitar 1850-an. Anda tentu tidak asing lagi dengan nama ini. Setidaknya pernah melihat mereknya di sebuah tempat. Memang, Isaac Singer adalah pencipta mesin jahit Singer. Ide itu tercetus di benak Isaac Singer ketika berupaya menaikkan distribusi pemasaran mesin jahit miliknya.

Usahanya memang gagal. Meskipun demikian, bagaimana pun Isaac Singer tetap diakui sebagai orang pertama yang memperkenalkan sistem binis waralaba semodel ini di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Cara Isaac Singer ini kemudian dicontoh oleh para pegiat waralaba lain yang nasibnya lebih beruntung. Sebutkanlah pria yang menciptakan Coca Cola, John S. Pemberton. Pada masa sekarang, waralaba rumah makan siap saji mendominasi bisnis franchise.

Diawali oleh pembukaan restoran cepat saji oleh A&W pada 1919. Kemudian menjamurlah bisnis ini. Semisal, Reginald Sprague dan Howard Deering Johnson bekerja sama untuk memonopoli restoran modern pada 1935. Skema yang dipilih oleh keduanya adalah membiarkan rekanan untuk mandiri, memakai nama serupa, makanan, logo, bahkan desain tempat usaha yang mirip pula. Belajar Franchise

Laman: 1 2 3


Kategori Tips Wirausaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top