Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tips Berburu Barang Murah

Bisnis Jasa

Tips Berburu Barang Murah

Jenis bisnis yang paling mudah dijalankan adalah sebagai pedagang. Untuk menjalankannya Anda tidak perlu membuat produk terlebih dahulu. Anda tinggal mencari barang murah dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Anda juga tidak perlu repot menghitung biaya produksi.

Namun agar dalam berdagang Anda dapat memperoleh keuntungan yang cukup maka Anda harus pandai mencari produk murah yang akan Anda jual lagi. Barang murah tidak selalu berarti barang yang rusak atau bekas. Yang penting teliti dalam membeli. Berikut tips dalam mendapatkan produk dengan harga murah.


Langsung dari Produsen


Suatu barang yang murah bisa diperoleh dengan langsung membeli dari produsen atau pembuatnya. Ini sudah seperti hukum bisnis. Harga barang ini biasanya dihitung berdasarkan biaya produksi ditambah margin keuntungan. Biaya produksi berasal dari biaya bahan baku, gaji pegawai, biaya operasional, serta biaya-biaya lainnya.

Sedangkan menyangkut margin keuntungan, produsen umumnya sudah memiliki standar margin yang diinginkan. Dan umumnya tidak terlalu besar. Ini berbeda dengan barang yang diperoleh dari tangan kedua, tangan ketiga, dan seterusnya. Malah tak jarang harga barang yang sudah sampai di tangan kedua jauh lebih besar dari biaya produksi.


Barang Murah di Pusat Perkulakan


Sentra atau pusat perkulakan merupakan tempat paling mudah dipilih untuk mendapatkan barang murah. Misalnya untuk produk pakaian, Pasar Tanah Abang merupakan pusat perkulakan yang dikenal relatif murah harganya. Untuk mendapatkan berbagai jenis batik yang murah maka Pasar Klewer di Solo adalah tempatnya. Selain murah, kalau hubungan Anda dengan pedagangnya bisa terbangun dengan baik, barang yang tidak laku bisa Anda tukar dengan barang lain.

Pembelian atau pengadaan barang dalam jumlah besar umumnya akan mendapatkan diskon. Makin besar jumlah barang yang Anda beli tentunya diskonnya juga semakin besar. Anda sebaiknya juga pandai-pandai menawar untuk mendapatkan diskon yang lebih besar lagi.

Baca Juga :  Membuat Kreasi Kerajinan Tangan, Yuk!

Pengadaan barang dalam jumlah besar juga bisa dilakukan dalam bentuk grosiran di pusat-pusat perkulakan. Artinya, penjualan hanya dilakukan dengan jumlah minimal tertentu. Dan tidak ada penjualan eceran di tempat ini. Namun Anda harus hati-hati sekaligus teliti saat membeli barang grosiran karena umumnya sudah dipaket sehingga Anda kesulitan meneliti satu persatu.


Barang Sisa & Barang Cacat


Barang murah juga bisa didapatkan bila kondisi barang tidak 100 persen bagus. Tidak sedikit tempat perkulakan yang mau menjual barang cacat atau rejek dengan harga miring. Namun Anda tentunya tetap harus teliti dalam membeli barang jenis ini agar harga jualnya masih tetap terjangkau.

Produk sisa biasanya terjadi pada jenis yang lambat penjualannya atau sisa dari suatu program promosi tertentu. Toko ataupun pusat perkulakan umumnya mempunyai periode penjualan tertentu agar perputaran uang terjaga. Begitu juga dalam suatu program promosi tertentu, seperti pameran, umumnya terdapat barang yang belum laku. Daripada barang sisa ini menumpuk di gudang atau tidak fungsional, dilakukanlah penjualan secara murah.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top