Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

BABE Bandung Alias Barang Bekas Bandung

BABE Bandung Alias Barang Bekas Bandung

Bisnis Barang Bekas

BABE Bandung Alias Barang Bekas Bandung

Bagaimana kualitas barang bekas Bandung? Mendengar kata barang bekas, maka dipikiran akan muncul gambaran mengenai objek yang sudah tidak terpakai atau habis masa pakainya. Barang bekas biasanya tertumpuk di belakang rumah atau gudang penyimpanan khusus barang bekas. Semakin lama dibiarkan jumlahnya akan semakin menggunung dan memenuhi segala penjuru tempat.

Barang bekas tidak semuanya harus berakhir di tempat sampah kemudian di daur ulang menjadi bahan baku produk baru. Untuk jenis tertentu, barang bekas masih menyimpan nilai ekonomi yang tinggi meskipun kondisinya tidak 100% lagi. Barang-barang tersebut secara kasat mata terlihat usang dan ketinggalan zaman. Tetapi justru sebaliknya, semakin lama tahun pembuatannya, maka barang semakin antik dan semakin mahal.

Setiap kota memiliki sentra jual beli barang bekas bernilai tinggi dengan koleksi beragam, salah satunya Kota Bandung. Ada sebuah toko yang sudah dikenal luas, yaitu Babe Bandung adalah singkatan dari Barang Bekas Bandung. Istilah ini menunjuk pada lokasi penjualan barang bekas yang telah tertata dibanding pedagang kaki lima di sebuah wilayah di Bandung.

Tata letak yang diatur tertib membuat pasar barang bekas di sana menjadi trade mark baru kota yang terkenal dengan Gedung Satenya ini. Eksistensi pasar barang bekas terbukti mampu mendongkrak nilai ekonomi barang bekas. Tanpa disadari pula, pasar barang bekas menumbuhkan kembali keberadaan pasar tradisional yang mulai hilang di tengah himpitan swalayan dan minimarket.

Mencari keberadaan pasar barang bekas di Bandung tidak begitu sulit karena sudah dikenal masyarakat luas. Di samping itu, pasar-pasar tersebut menempati beberapa lokasi strategis tertentu. Bahkan tanpa koordinasi sistematis, para pedagang barang bekas Bandung berkumpul menurut jenis barang yang dijualnya. Hal ini tentunya memudahkan bagi pencari barang bekas menemukan lokasi barang yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Memanfaatkan Barang Barang Bekas

 


Pusat Barang Bekas Bandung


Para pemburu barang bekas saat ini tidak hanya didominasi oleh masyarakat ekonomi kelas bawah. Namun, masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas juga berlomba mendapatkan barang incarannya. Berikut ini beberapa lokasi jalan yang menjadi ‘markas besar’ para pedagang barang bekas.

Cikapundung, adalah nama jalan tempat berdagang barang bekas elektronik dan barang bekas lainnya seperti sepeda, mesin tik, dan mesin jahit. Pedagang majalah dan buku bekas, baik dalam negeri maupun asing, juga berlokasi tidak jauh dari Pasar Cikapundung.

Jalan Dewi Sartika, ditempati oleh para pedagang buku dan majalah serta kaset bekas di depan toko pakaian. Di sini koleksi buku pedagang lebih banyak dibanding pedagang yang berjualan di Jalan Cikapundung.

Jalan Banceuy, menjadi lokasi favorit para penggila otomotif karena dapat ditemukan berbagai macam komponen kendaraan. Bahkan, kegiatan bongkar pasang komponen mesin kendaraan dilakukan di sepanjang jalan ini.

Jalan Jatayu, terdapat ratusan lapak pedagang onderdil bekas kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Di jalan ini juga dapat dijumpai aktivitas jasa pemasangan komponen kendaraan. Alat-alat elektronik dan perlengkapan kamar mandi seperti wastafel dan bath tub juga tampak menghiasi Jalan Jatayu.

Jalan Jamika, menjual barang bekas berbahan kayu seperti papan, kusen pintu, jendela, serta perabotan rumah tangga lainnya.

Jalan Cigereleng, menjadi tujuan untuk memperoleh keperluan mendirikan bangunan. Terdapat banyak kios yang menjual dan membeli material bangunan bekas seperti kayu, genting, pintu, seng, batu bata, dan sebagainya.

Jalan Cikudapateuh, sudah dikenal fungsinya sebagai pasar barang bekas yang menyediakan sepatu dan pakaian bekas sejak tahun 1960. Seiring dengan perkembangan industri busana atau pakaian, jalan ini kini hanya menjual sepatu-sepatu baru seharga 30 ribu rupiah sampai 200 ribu rupiah.

Baca Juga :  Mendaur Ulang Barang Bekas

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Barang Bekas

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top