Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Memanfaatkan Barang Barang Bekas

Memanfaatkan Barang Barang Bekas

Bisnis Barang Bekas

Memanfaatkan Barang Barang Bekas

Pernahkah Anda memperhatikan berapa banyak barang barang bekas yang kita hasilkan dalam waktu satu hari, satu minggu, atau satu bulan?

Selain banyak dari segi jumlah, jenis dan bentuknya pun beragam.Dari plastik kemasan makanan atau minuman, botol shampo, kotak sabun, botol sirup, kotak biskuit atau makanan ringan lain, kaleng susu, koran dan majalah bekas, dan banyak lagi.

Itu baru barang-barang bekas yang kita hasilkan dari perilaku konsumsi kita. Belum barang yang dihasilkan oleh anggota keluarga kita, tetangga kita, warga kota tempat kita tinggal, negara kita, bahkan penduduk planet bumi ini. Banyak sekali.

Selain barang bekas yang terlihat sudah benar-benar seperti sampah, barang  ini pun bisa berupa sepeda, mainan, beraneka bentuk furniture, kasur, pakaian, sepatu, tas, peralatan elektronik, dan sebagainya.

Mau diapakan semua barang bekas ini? Ditumpuk hingga menjadi sebuah gunung ? Barang tersebut seperti ini membutuhkan tangan manusia untuk mengelolanya.

 


Barang Barang Bekas Bukan Sekadar Sampah


Oleh banyak orang, barang bekas ini hanya dianggap sampah atau limbah yang harus segera dibuang. Tak ada manfaatnya. Benarkah demikian?

Ternyata tidak. Di tangan orang-orang yang kreatif dan jeli melihat peluang, barang barang bekas ini masih bisa mendatangkan keuntungan ekonomis yang lumayan.

Barang bekas ini tidak sekadar sampah. Dari tingkat paling bawah saja, para pemulung mendapatkan penghasilan dari mengumpulkan barang yang sudah dibuang orang, seperti kotak susu, gelas dan botol air mineral, kertas koran, kaleng minuman, dan sebagainya. Artinya, barang-barang tersebut laku dijual dan menghasilkan uang.

Di tingkat atasnya, ada pengepul yang membeli barang-barang bekas yang disetorkan oleh para pemulung. Pengepul ini kemudian menjual barang yang telah dipilah dan dipilih sesuai jenisnya ini ke pabrik-pabrik untuk didaur ulang. Artinya, ada keuntungan ekonomis yang diperoleh pengepul dari barang-barang yang dianggap sampah itu.

Baca Juga :  Cara Untung Bisnis Mainan dari Barang Bekas dan Cara Membuatnya

Selain itu, dalam masyarakat ada individu-individu atau kelompok-kelompok kecil warga yang memanfaatkan barang- barang bekas sebagai bahan baku usaha kerajinan tangan. Mulai dari membuat tas dan dompet dari plastik bekas kemasan pengharum pakaian, payung dari plastik kemasan cairan pencuci piring, kap lampu dari botol air mineral, aneka mainan anak-anak dari limbah kayu, dan lain-lain.

Keuntungan yang diperoleh pun lumayan besar. Bogor Kreatif yang memproduksi aneka bentuk kerajinan dari barang-barang bekas ini, misalnya, dapat menangguk keuntungan bersih hingga Rp 10 juta per bulan.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengolah bahan yang ada disekitar kita menjadi barang yang berguna sperti yang disebutkan diatas. Disini ada beberapa cara memanfatkan barang bekas menjadi produk yang kreatif juga berguna.

Membuat kerajinan tangan mengunakan botol bekas. Botol bekas bisa kita gunakan menjadi beberapa barang yang berguna antara lain yaitu untuk membuat tempat pinsil ataupun vas bunga. Untuk bahan yang harus kita siapkan adalah gunting dan cutter, botol plastik, lem kayu, beberapa tambahan manik-manik, biji-bijian kering, daun kering dan kertas warna. Proses pengerjaan kerajianan ini ada beberapa tahapan yaitu:

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Barang Bekas

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top