Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Waralaba Makanan – Bisnis Menjanjikan

Waralaba Makanan

Bisnis Kuliner

Waralaba Makanan – Bisnis Menjanjikan

Waralaba makanan atau franchise makanan memang tidak asing lagi di telinga kita. Tapi sebagian orang justru ada yang belum tau apa itu waralaba? Apa itu franchise? Sama tidak waralaba dengan franchise? Jawabannya adalah waralaba dan franchise itu sama.

Definisi waralaba adalah pemberian hak manfaat dari satu produk atau karya oleh satu pihak ke pihak lain dengan perikatan tertentu sesuai persyaratan yang tertera dalam perjanjian kerjasama dalam rangka penjualan dan penyediaan barang atau jasa untuk tujuan mencari keuntungan.

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba adalah: “Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.”

Dari dua pengertian waralaba tersebut maka bisa disimpulkan bahwa waralaba makanan merupakan suatu bisnis yang dikelola dari pihak pertama selaku pemilik kekayaan intelektual dalam hal penciptaan produk makanan yang selanjutnya diteruskan kepada pihak kedua yang menginginkan produk makanan tersebut dengan sejumlah bayaran atas royalti untuk selanjutnya dikembangkan di tempat lain tanpa mengubah keaslian rasa, aroma dan ciri khas produk makanan dari pemilik karya tersebut.

 


Bagaimana Bisnis Waralaba Makanan di Indonesia?


Waralaba makanan telah ada di Indonesia sekitar tahun 1970-an. Meskipun ketika itu belum begitu banyak merek usaha waralaba makanan, setidaknya Indonesia sudah mengenal adanya bisnis waralaba. Bisnis waralaba semakin berkembang di Indonesia sekitar tahun 1990-an.

Mulai dari tahun 1990-an itu hingga seterusnya bisnis waralaba semakin bertambah. Apalagi saat itu Indonesia tengah terpuruk dari segi perekonomiannya, dimana krisis moneter tengah “menghancurkan” perekonomian sebagian pelaku usaha.

Baca Juga :  Jenis Mesin Sealer yang Sesuai dengan Bisnis Kuliner

Adanya bisinis ini di tengah-tengah kesulitan perekonomian Indonesia ketika itu menjadi semacam pembangkit gairah pelaku usaha untuk kembali membangun kegiatan ekonominya. Bukan apa-apa, bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang paling menjanjikan dan mudah untuk dikembangkan.

Apalagi dengan hadirnya berbagai jenisnya, tentu saja membuka peluang usaha yang lebih menggairahkan lagi. Prospeknya yang cerah dengan omset yang menggiurkan menjadi salah satu alasan pelaku usaha melakukan usahanya melalui bisnis ini.

Dulu, di tahun 1990-an, bisnis waralaba makanan yang ada di Indonesia masih di dominasi oleh pihak asing. Beberapa contohnya seperti restoran siap saji yang menyajikan makanan khas dari olahan ayam goreng tepungnya Kentucky Fried Chicken, California Fried Chiken, Texas Fried Chicken, A&W;, hingga Mc Donnalds.

Ada pula restoran dengan makanan khas Italia yang menyajikan menu pizza dan aneka pasta seperti pada restoran Pizza Hut. Mungkin kita juga tidak bisa melupakan restoran siap saji dengan menu andalannya roti goreng berlubang di tengah atau seperti yang kita kenal dengan “donat”. Ini pun ada dalam bisnis berbasis waralaba yang diberi nama populernya “Dunkin Donuts”.

Keseluruhan waralaba yang disebutkan di atas, merupakan bisnis yang dimiliki pihak asing. Pihak asing mengizinkan brand dagangnya untuk dikembangkan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena mereka mengetahui jumlah kepadatan penduduk Indonesia dan kegemaran bangsa Indonesia untuk mencicipi beragam makanan dari jenis yang berbeda-beda.

Mendominasinya bisnis ini dari pihak asing menjadikan bangsa Indonesia ini tidak kreatif. Tidak mencoba untuk menciptakan produk sendiri yang nantinya bisa digunakan pihak lain selazimnya bisnis waralaba. Hal ini disebabkan karena sudah “tersajikan” oleh bangsa asing, yah bangsa ini ikut alur saja.

Baca Juga :  Memulai Usaha Rumah Makan Dan Tips Bisnisnya

Laman: 1 2 3 4 5


Kategori Bisnis Kuliner

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top