Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Merintis Usaha Toko Bangunan yang Menguntungkan

Merintis Usaha Toko Bangunan yang Menguntungkan

Peluang Usaha

Merintis Usaha Toko Bangunan yang Menguntungkan

Usaha toko bangunan kini semakin hidup dan terus berjalan. Hidup itu pun terus berjalan. Kebutuhan dan biaya hidup pun semakin tinggi. Mencari nafkah dan mengais rezeki di muka bumi pun seolah menjadi ajang kompetisi. Sedang susah mencari pekerjaan atau bingung memikirkan bisnis yang pas untuk masa depan selepas jadi karyawan? Mengapa tidak mencoba berbisnis bahan bangunan atau usaha toko bangunan?

Seperti yang kita ketahui, kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Membuka toko bangunan tak ubahnya merintis bisnis toko sembako atau kios pakaian. Bedanya, perputaran kebutuhan orang akan sembako lebih cepat daripada kebutuhan orang akan bahan bangunan.

Tapi, bukan berarti membuka biosnis toko bangunan tidak memberikan penghasilan. Sasaran pemasaran dan konsumen toko bangunan sebenarnya cukup luas, dari rumah tangga biasa hingga developer daerah kompleks perumahan yang sedang giat melakukan pembangunan atau para kontraktor yang sedang mengadakan proyek pembangunan, baik itu gedung perbelanjaan, sekolah, jalan tol atau proyek lainnya.

Selain pembangunan rumah, gedung, perkantoran, pergudangan, dan berbagai jenis bangunan, manusia pasti selalu membutuhkan bahan bangunan untuk perbaikan rumah yang ditempatinya. Semen, pasir, dan kapur diperlukan untuk menutup dinding berlubang. Keramik retak yang perlu diperbaharui, genteng pecah yang harus diganti, dan kayu kusen yang perlu direnovasi, adalah sumber penghasilan bagi para pengusaha toko bangunan.

Tak hanya itu, toko bangunan juga menyediakan kran air, pipa paralon, engsel, dan kunci sehingga tidak perlu khawatir barang yang dijual di toko sepi pembeli. Hanya saja layaknya usaha perdagangan lain, bisnis toko bangunan juga perlu mempertimbangkan aspek tertentu, tip, dan trik, agar mampu bertahan dalam kerasnya persaingan dunia bisnis.

Baca Juga :  4 Cara Mencari Jasa Hukum

 


Merintis Usaha Toko Bangunan


Berikut adalah hal-hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam merintis bisnis toko bahan bangunan.

1. Lokasi yang Strategis
Jika para pelajar punya motto “lokasi menentukan prestasi dalam ujian”, begitu pula halnya dengan dunia usaha dan jasa. Salah satu hal yang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli produk atau memanfaatkan jasa suatu biro jasa adalah lokasi yang mudah diakses. Lokasi strategis bukan hanya ditinjau dari letaknya yang mudah dikunjungi, namun juga kenyamanan pelanggan untuk parkir kendaraan.

Toko di tepi jalan raya dengan lahan parkirnya terbatas atau membuat pelanggan berjalan kaki agak jauh karena lokasi parkir yang ditentukan pasti mengurangi kenyamanan mereka. Selain itu, perlu ditinjau pula kondisi lingkungan di sekitar toko bangunan.

Pemukiman padat penduduk dan kawasan perumahan yang sedang dibangun adalah lokasi yang sangat menentukan bagi tingkat prosentase terjualnya barang dagangan dan masa depan toko bahan bangunan.

2. Promosi
Seperti halnya menjual produk baru kepada konsumen, pemanfaatan jasa iklan sangat diperlukan dalam hal membuka usaha, memperkenalkan lokasi toko, dan unit dagang wajib hukumnya. Jika biaya memasang iklan atau mengadakan acara open house dengan menyebar undangan menghadiri jamuan makan di acara pembukaan toko dianggap terlalu tinggi, menyebarkan brosur disertai promo barang-barang “beli 2 gratis satu” sudah cukup untuk menarik minat pembeli. Usaha toko bangunan

Selain itu, merchandise berupa kaos, jam, mug, gantungan kunci, dan kalender sebagai hadiah langsung dengan sejumlah pembelian tertentu juga membantu promosi secara tidak langsung. Dalam perkembangannya, bisa diadakan hadiah undian dari kupon belanja yang diberikan sesuai syarat dan ketentuan. Hal ini tidak hanya menarik minat konsumen untuk memutuskan berbelanja di toko yang sama, tetapi juga membantu promosi dari mulut ke mulut.

Baca Juga :  Peluang Ternak Ayam Kampung

Laman: 1 2 3


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top