Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Memulai Usaha Makanan dan Minuman

Usaha Makanan dan Minuman

Bisnis Kuliner

Memulai Usaha Makanan dan Minuman

Apakah Anda ingin memulai bisnis sendiri? Lelah menjadi pegawai kantoran? Mungkin membuka usaha makanan dan minuman bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.Usaha ini tidak akan pernah out of date, bahkan akan terus berkembang karena populasi manusia terus bertambah. Dimana ada manusia disitu pasti ada makanan dan minuman.

Namun Anda harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu agar peluang usaha yang Anda lakoni tidak akan berjalan sia-sia. Berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna jika Anda bermaksud memulai usaha makanan dan minuman:

Kenali peluang usaha Anda dengan prinsip 4P; Place, Product, Price, dan People
Usaha makanan dan minuman Anda harus berada di lokasi yang tepat pada waktu yang tepat (place). Anda bisa menggelar warung makan lesehan di pasar kaget, ataupun membuka di foodcourt mall. Pilihan pertama dapat memberikan omzet luar biasa besar dalam waktu yang terbatas (misalnya seminggu sekali). Pilihan yang kedua dapat memberikan omzet yang mungkin tidak terlalu besar, namun konstan setiap harinya.

Anda juga bisa memodifikasi tempat usaha Anda agar pelanggan berdatangan. Contoh kasus adalah warung bakso di daerah saya tinggal. Sekitar sepuluh tahun yang lalu ada warung bakso “P” yang sangat laris di daerah saya. Warung bakso tersebut terkenal karena kelezatannya. Saking banyaknya yang beli, saya pernah hampir tidak dilayani.

Namun, saat ini kejayaan “P” sudah kalah dengan kompetitornya. Kompetitor bakso di daerah saya ada yang menyulap jajanan bakso menjadi ajang kumpul keluarga, yaitu dengan menyediakan banyak meja panjang, mendekorasi dinding warung dengan bilik bambu cantik, dan sekitar 5-6 pelayan yang sigap memenuhi pesanan Anda (gak pake lama).

Baca Juga :  Peluang Usaha PS, Menggiurkan dan Menjanjikan

Dan tahukah Anda? Pelanggan yang datang kesana rata-rata: rombongan keluarga, rombongan karyawati pulang kerja, rombongan pelajar, dan rombongan-rombongan lainnya.

Tentukan makanan dan minuman apa yang akan Anda jual (product)
Usaha makanan dan minuman yang akan Anda jual harus memiliki keunikan. Cara paling mudah adalah dengan mencari tahu produk makanan dan minuman yang belum ada / belum dijual di daerah “jajahan” Anda.

Atau jika memang Anda menjual produk makanan yang sudah lazim ada di daerah tersebut (tiap blok ada saja yang menjual produk makanan tersebut), pastikan menu utama Anda memiliki cita rasa khas yang membedakan dengan tempat makan lainnya.

Misalnya, jika Anda membuka warung makan pecel lele, pastikan sambelnya beda (dan lebih enak) dibanding warung lain. Jika Anda membuka warung makan nasi goreng, pastikan bumbunya lebih enak dari yang sudah ada.

Tentukan harga yang bersaing, namun masih memberikan keuntungan buat Anda
Ada berita bagus untuk Anda yang membuka usaha makanan dan minuman, yaitu keuntungan dari usaha ini bisa mencapai 100%. Aturlah sedemikian rupa sehingga dengan harga yang Anda tawarkan pelanggan Anda merasa mendapatkan kepuasan lebih dari yang diharapkan (customer insight). Jangan kendorkan kualitas pelayanan hanya karena harga yang tawarkan tidak tinggi.

Buatlah promosi yang sesuai dengan calon-calon pelanggan (people) yang Anda tuju
Promosi produk juga berarti pencitraan terhadap produk Anda. Apakah produk Anda ditujukan untuk keluarga, khusus wanita, remaja, anak-anak, dst.

 


Usaha Makanan Roti dan Kue


Menjalankan usaha, termasuk usaha makanan dan minuman dalam bentuk roti dan kue ini merupakan sebuah proses yang memerlukan beberapa langkah untuk berhasil dan berkembang.

Langkah pertama adalah persiapan yang mantap. Persiapan mantap meliputi kegiatan-kegiatan sistematis, tepat, dan akurat sebelum mulai menjalankan usaha. Persiapan atau perencanaan merupakan hal penting sebelum memulai usaha. Jika tidak direncanakan dengan matang, usaha tidak akan berjalan optimal.

Baca Juga :  Membuka Usaha Makanan Begini Tips dan Caranya

Persiapan yang kurang akan menyebabkan usaha Anda tidak memiliki arah yang jelas. Akibatnya, tujuan usaha yang dijalani pada akhirnya tidak akan tercapai sesuai dengan target.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Kuliner

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top