Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Usaha Konveksi di Tengah Gempuran Pakaian Jadi yang Murah

Usaha Konveksi di Tengah Gempuran Pakaian Jadi yang Murah

Bisnis Pakaian

Usaha Konveksi di Tengah Gempuran Pakaian Jadi yang Murah

Secara logika, akan sulit bagi sebuah usaha konveksi untuk bertahan di tengah gempuran pakaian jadi dari Cina yang beharga sangat murah. Tetapi seorang pemilik konveksi di Muara Enim, sebuah kota kecil di Sumatra Selatan, yang telah setia pada profesinya selama 42 tahun tetap tidak ingin berhenti dari usaha jahit-menjahit. Alasan utamanya adalah rasa sayang melepaskan persahabatan yang terjalin sekian lama dengan para pelanggannya.

Jalinan persahabatan yang dimulai dari pembuatan baju ini sangatlah berarti bagi keduanya. Baju yang pas di badan dan dapat menutupi kekurangan bentuk tubuh pelanggan sangatlah menyenangkan untuk dilihat. Kepuasan keduanya berdampak tidak hanya dari segi bisnis tapi juga dari segi jiwa.

Kemampuan memenuhi selera pelanggan inilah yang membuat sebuah konveksi dapat bertahan selama bertahun-tahun atau bahkan hingga menjadi usaha turun-temurun. Pelanggan tak akan lari karena rasa nyaman itu membuatnya kembali dan kembali lagi.

Jadi, bila berniat membuka bisnis konveksi di tengah gempuran pakaian jadi beharga murah, maka seorang calon pengusaha konveksi harus mempunyai kemampuan menjalin persahabatan dengan para calon pelanggannya. Inilah kunci utama kesuksesan sebuah usaha konveksi selain kedisiplinan memenuhi janji dan ketepatan serta keselarasan ukuran.

 


Desain, Warna, Keterampilan


Seorang pengusaha konveksi tidak hanya berurusan dengan jahit-menjahit, tetapi juga desain, warna, keterampilan memadupadankan bahan, dan pengetahuan tentang anatomi tubuh setiap pelanggannya.

Cukup mudah memulai bisnis ini. Satu buah mesin jahit bekas yang berharga Rp300.000 – Rp400.000 dengan beberapa jenis gunting, alat ukur, kapur penanda, kancing, benang, kain baju, jarum jahit, dinamo, dan sedikit promosi ke para tetangga, maka jadilah bisnis konveksi dibuka.

Satu buah baju sebenarnya bisa diselesaikan dalam waktu 3-4 jam. Tapi, ke pelanggan katakan bahwa baju itu bisa diambil dalam waktu 2 hari ke depan. Penuhi janji itu. Pelanggan akan sangat menghargai kedisiplinan Anda.

Baca Juga :  Langkah Awal Berbisnis Kaos Distro

Bila benar-benar tidak bisa memenuhi janji, telponlah pelanggan tersebut. Alasan yang dikemukakan haruslah alasan yang bukan dibuat-buat. Alasan itu murni karena hambatan teknis bukan karena rasa malas.

 


Kreativitas Segalanya


Selanjutnya, cintailah pekerjaan ini. Dunia bisnis konveksi sangat dekat dengan dunia kreativitas. Kreativitas akan sangat sulit muncul dan berkembang bila tidak ada cinta yang mendukungnya. Maka, cinta itu akan membuat setiap helai pakaian yang Anda hasilkan akan terasa begitu nyaman dan sangat bermakna bagi pelanggan Anda.

Bila sudah begini, pakaian jadi yang murah bukanlah pesaing utama bisnis konveksi Anda. Pesaing Anda adalah diri Anda sendiri. Kemampuan meningkatkan daya kreasi dan inovasi akan menjadi tantangan tersendiri di dunia usaha ini.

Ditambah perubahan arah fashion dan adi busana yang semakin cepat berubah juga merubah selera para pelanggan. Anda harus jeli melihat arah perubahan ini. Kalau bisa, Andalah yang menjadi trend setter perubahan itu sehingga ekspansi usaha lebih cepat.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Pakaian

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top