Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Usaha Donat Peluangnya Masih Manis

Usaha Donat Peluangnya Masih Manis

Bisnis Kuliner

Usaha Donat Peluangnya Masih Manis

Seperti apa peluang usaha donat? Siapa yang tak kenal donat? Penganan berbahan utama tepung terigu, telur, mentega, dan gula ini cukup populer tak hanya di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi juga mendunia.

Memang kalau dilihat dari asal dan sejarah donat, kudapan ini berasal dari negara Inggris lalu berkembang menjadi bisnis usaha donat di Amerika. Mulai dari mengapa berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya mirip seperti ban, sampai mengapa disebut donat, yang asli katanya diambil dari bahasa Inggris, doughnut.

 


Melirik Peluang Usaha Donat


Kata doughnut konon katanya bermula dari kisah seorang anak bernama Hansen Gregory yang sengaja melubangi kue dough buatan ibunya karena tengahnya selalu terasa tidak matang. Ia lalu diganti dengan memasukkan kacang hazelnut, maka tersebutlah doughnut, kue dough (adonan terigu, gula, mentega, dan telur) dengan nut (kacang).

Sehubungan dengan pekerjaannya yang sebagai pelaut, Gregory membawa doughnut-nya ini sebagai persediaan di kapal untuk dia dan anak buahnya. Dengan digoreng, makanan dough nut ini bisa disimpan lebih lama.

Lama-lama, makanan semacam roti dengan lubang di tengahnya ini pun menjadi terkenal di luar negara Inggris. Bahkan, kini, sudah mendunia dengan sebutan donut dan dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama donat.

Jutaan manusia kini mengonsumsi donat setiap harinya. Selain itu, betebaran juga aneka pedagang donat, mulai dari di pinggir jalan, di pelosok kampung sampai yang berkelas di restoran dan hotel berbintang. Donat bisa dimakan dengan polos begitu saja atau diberi tambahan pemanis dengan gula halus, meisis coklat atau meisis aneka warna.

Sampai kini, bermunculan ide usaha donat kreatif untuk menambah nilai rasa dan nilai harga pada donat. Sebut saja beberapa kedai donat yang terkenal, seperti Dunkin Donuts atau King Donat. Bentuk donat yang saat ini sudah tidak melulu dengan lubang di tengahnya dan dihias dengan aneka warna menarik plus dibubuhi aneka rasa yang semakin menggugah selera, banyak dipesan pelanggan mereka.

Baca Juga :  Membangun Usaha Kuliner yang Sukses

Donat bisa diisi aneka selai seperti strawberry atau blueberry, dihias dengan toping manis baik dari cokelat yang dilelehkan atau dengan fondant yang bisa dibentuk menjadi aneka macam karakter atau diberi balutan yang berasa gurih pun bisa menjadi pilihan.

Misalnya seperti abon, daging asap, dan lain sebagainya. Singkat kata, donat kini semakin mudah didapat, semakin digemari, banyak pilihan aneka rasa, dan beragam bentuk. Donat semakin menjadi pilihan sebagai teman dalam berbagai acara seperti acara keluarga, acara kantor, baik dalam situasi santai atau untuk yang bersifat resmi.

 


Peluang Usaha Berjualan Donat


Bagi yang tertarik untuk memulai bisnis makanan, cobalah untuk melirik bisnis donat ini. Dengan tingkat ketenaran dan daya konsumsi yang tinggi, bisa dikatakan berjualan donat tidak ada matinya. Apalagi jika pandai meramu resep, menggali ide kreatif, sehingga menghasilkan donat yang unik dan lucu yang menambah nilai jual.

Di Indonesia, kini, sedang marak dikampanyekan penggunaan umbi-umbian sebagai karbohidrat pengganti nasi. Berbagai macam olahan umbi-umbian tersebut pun bermunculan, termasuk dijadikan tepung sehingga bisa diolah menjadi aneka macam penganan berbahan dasar tepung terigu.

Sebut saja tepung tapioka yang berasal dari singkong. Ada juga tepung ketan putih dan tepung ketan hitam yang bisa dibuat menjadi brownies. Ada juga tepung ubi ungu, tepung kentang, dan lain sebagainya.

Untuk membuat donat ala Indonesia yang sedikit berbeda dengan donat di mancanegara, kita bisa memasukkan tepung umbi-umbian tersebut, baik sebagai pengganti terigu atau sekadar memadupadankan untuk menambah warna rasa. Bisa juga umbi-umbian tersebut tidak dijadikan tepung halus, namun cukup dengan mengukusnya dan menghaluskannya dengan bantuan ulekan misalnya, kemudian dicampurkan dalam adonan dough-nya.

Baca Juga :  Berbagai Cara Membuka Usaha Makanan

Selain menambah kaya rasa dengan mengikutsertakan umbi-umbian dalam adonan, juga bisa membentuknya dengan aneka kreasi unik seperti donat berbentuk hati, donat yang tidak selalu dengan lubang di tengah. Sekarang juga sedang tren donat berbentuk karakter.

Bentuk donat yang dikreasikan memakai cokelat leleh atau bisa juga memakai fondant, lalu dihias aneka rupa karakter wajah binatang misalnya wajah kucing, wajah anjing, dan wajah kelinci. Bisa juga dihias menjadi donat boneka, donat mobil, donat pelangi, bahkan yang bertumpuk bisa kita jadikan donat ulang tahun.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Kuliner

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top