Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tutorial Service Komputer

Tutorial Service Komputer

Bisnis Komputer

Tutorial Service Komputer

Kerusakan salah satu komponen bisa mengakibatkan hal yang berbeda-beda. Bisa jadi ketika processor rusak, komputer masih terus berjalan hanya tampilan di layar monitor tidak seperti biasanya. Padahal biasanya masalah tampilan gambar sebagian besar terjadi kerusakan pada monitor ataupun VGA card. Berikut ini akan diberikan tutorial service komputer dari suatu komponen komputer yang rusak.


Tutorial Service Komputer – Masalah Pada Komputer


1. VGA card mati. Jika sampai terjadi VGA card mati, maka akibat yang paling buruk adalah tidak adanya tampilan gambar di monitor. Untuk mengetes apakah VGA rusak atau tidak, kita bisa memasangkan VGA card ke komputer yang lain. Jika VGA mati, sudah pasti tidak akan muncul gambar di monitor, tetapi jika VGA masih menyala akan terlihat tampilan gambar di monitor.

2. Power Supply mati. Dalam kondisi ini, komputer tidak akan hidup sama sekali karena tidak ada arus listrik yang mengalir ke komputer. Gejala yang bisa dideteksi adalah kipas power supply tidak berputar.

3. Motherboard Rusak. Jika sampai terjadi motherboard rusak, maka kemungkinan besar komputer tidak akan menyala sama sekali. Atau jika menyala, maka tidak akan ada tampilan gambar di layar monitor.

4. Soundcard Rusak. Tutorial service komputer berikutnya adalah ketika soundcard mati. Jika terjadi kerusakan pada soundcard ini, maka yang paling fatal adalah tidak adanya suara pada speaker. Komputer akan memberikan peringatan berupa suara tit..tit..dari speaker internal komputer yang terpasang pada motherboard.

5. RAM rusak. Jika terjadi kerusakan pada RAM, maka komputer tidak akan bisa melakukan booting ke Sistem Operasi. Kemungkinan lain adalah tidak adanya tampilan gambar pada layar monitor. Akan diberikan peringatan kepada pengguna berupa suara tit…tit….dari speaker internal yang ada di motherboard.

Baca Juga :  Panduan Service Komputer

6. Hardisk rusak. Dalam tutorial service komputer ketika menghadapi hardisk yang rusak, gejala yang terjadi adalah komputer tidak bisa masuk ke sistem operasi dengan peringatan “a disk read error occurred”.

7. Monitor rusak. Jika monitor rusak, tentu saja yang terjadi adalah tidak adanya tampilan pada gambar. Gejala dari monitor yang rusak ini adalah komputer berjalan dengan normal, tetapi monitor tidak menampilkan gambar.

8. Speaker rusak. Bila speaker komputer rusak, yang terjadi adalah tidak adanya suara yang keluar dari komputer.

Tutorial service komputer di atas adalah gambaran secara umum saja tentang akibat dari kerusakan hardware komputer. Untuk tutorial service komputer tentang cara mengecek hardware yang bermasalah kita bisa menggunakan sistem bongkar pasang. Hal ini perlu dilakukan karena keunikan dari hardware komputer. Bisa jadi hardware komputer sebenarnya tidak rusak, dan hanya bermasalah pada pemasangannya saja.

Cara lain untuk memastikan hardware apa yang rusak adalah dengan memasang hardware yang dicurigai rusak tersebut ke komputer lain.

Jika saat dipasang di komputer lain hardware tersebut berfungsi dengan baik, maka yang bermasalah bukan hardware tersebut melainkan hardware lain di komputer yang bermasalah. Periksalah satu per satu masing-masing hardware tersebut untuk memastikan hardware yang benar-benar rusak.

Laman: 1 2

Baca Selanjutnya
Artikel Menarik Lainnya :

Kategori Bisnis Komputer

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top