Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tips Memilih Travel Umroh yang Terpercaya

Travel Umroh

Bisnis Travel

Tips Memilih Travel Umroh yang Terpercaya

Travel Umroh atau biro perjalanan umroh semakin menjamur banyaknya. Tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai nama. Jumlah biro perjalanan umroh yang kian menjamur di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor pendukung, seperti:

Jumlah penduduk Indonesia besar

Di dalamnya terdapat banyak sekali pemeluk agama Islam. Dengan jumlah pemeluk agama Islam lebih dari setengah populasi penduduk Indonesia, dapat diprediksi permintaan akan jasa travel umroh semakin besar.

Perekonomian di Indonesia termasuk bagus

Meski jumlah kekayaan Indonesia di bawah Brunei Darussalam, Singapura, dan negara-negara lain di Asia Tenggara, namun secara garis besar perekonomian Indonesia dapat dikatakan baik. Sesekali mengalami guncangan di bidang ekonomi adalah wajar, bisa dibilang tidak membuat seluruh rakyat Indonesia jatuh miskin karenanya.

Kondisi ekonomi yang baik, berdampak pada kesejahteraan rakyat. Rakyat yang sejahtera, ditandai dengan kemampuan memenuhi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Sementara itu, cukup banyak rakyat Indonesia yang sanggup memenuhi seluruh kebutuhan tersiernya, termasuk umroh.

Jumlah jemaah umroh Indonesia terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu

Beradasarkan data yang dilansir dari Kementerian Haji di Arab Saudi, jumlah jemaah umroh dari Indonesia pada tahun 2014 meningkat hingga 6,3 juta jemaah. Bayangkan, dengan jumlah jutaan orang, betapa banyak dan sering jasa travel umroh akan dicari? Efeknya tentu berpengaruh pada pendapatan bisnis travel umroh tersebut.

Daftar tunggu haji sangatlah lama

Padatnya kuota haji, membuat calon jemaah haji harus menunggu bertahun-tahun untuk diberangkatkan ke tanah suci. Sementara itu, usia terus berkurang dan kondisi kesehatan lambat laun akan menurun. Dikarenakan alasan tersebut, banyak orang yang kemudian mengalihkannya dengan berumroh.

Biaya umroh terjangkau

Biaya umroh cenderung berubah-ubah, mengikuti kurs mata uang asing. Pada waktu-waktu tertentu, biaya umroh menjadi jauh lebih ekonomis. Jelas, kondisi yang seperti itu akan disambut positif oleh calon jemaah umroh. Secara tidak langsung, travel umroh pun diuntungkan.

Baca Juga :  Bisnis Travel Bandung

 


Tips Pilih Travel Umroh Murah


Dari faktor-faktor pendukung keberadaan travel umroh di Indonesia, ada satu satu hal yang perlu dipahami baik-baik. Tidak semua travel umroh bagus dan profesional dari segi pelayanan. Tidak semua pula yang amanah. Dari berita-berita di televisi atau media cetak, cukup banyak operasional travel umroh yang bermasalah. Mulai dari uang jemaah yang dibawa kabur, menunda-nunda keberangkatan tanpa kepastian. hingga penelantaran jemaah di Arab Saudi atau di kota-kota transit.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan memilih travel umroh yang bagus dan terpercaya. Pertimbangkan hal-hal berikut ini sebelum membuat pilihan :

1. Waktu Keberangkatan
Harga tiket pesawat terbang melambung tinggi pada masa-masa liburan, hari raya, tahun baru, dan jelang Ramadhan. Usahakan tidak memilih keberangkatan pada masa-masa seperti itu (peak season). Untuk tahun ini, travel umroh 2015 memprediksi harga keberangkatan umroh yang paling bersahabat terjadi pada pertengahan medio Januari, Februari, Maret, April, Mei, dan medio Desember. Kurs rupiah pada bulan-bulan itu meningkat karena jumlah perayaan hari libur tidak banyak (Low season).

2. Memiliki Bukti-bukti Legalitas yang Sah
Jangan terpedaya pada iming-iming paket umroh murah dan lengkap yang ditawarkan oleh biro perjalanan umroh. Pastikan dulu biro perjalanan umroh yang menawarkan tersebut memiliki surat izin operasional yang sah. Anda harus tahu di mana alamat kantornya, nomor telepon tetap, dan pemilik. Jangan salah, akhir-akhir ini marak sekali kasus biro perjalanan umroh bodong alias tidak memiliki legalitas dari pemerintah.

Sebuah biro perjalanan umroh yang bagus dan terpercaya pasti memeliki dokumen-dokumen izin pendirian dan operasional yang valid, meliputi:

  • Surat Izin Usaha Biro Perjalanan Umum
  • Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • SK yang dikeluarkan Departemen Agama untuk menyelenggarakan perjalanan umroh
  • Akan lebih baik lagi jika memiliki sertifikat pendukung, seperti Sertifikat yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional MUI sebagai Lembaga Bisnis Syariah
  • Memiliki sertifikat anggota HIMPUH atau Amphuri
Baca Juga :  Maraknya Bisnis Sewa Mobil Jakarta

Laman: 1 2

Baca Selanjutnya

Kategori Bisnis Travel

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

    • Bisnis Tiket Pesawat Online Bisnis Tiket Pesawat Online

      Bisnis Travel

      Bisnis Tiket Pesawat Online

      Bisnis tiket pesawat online merupakan aplikasi bisnis berbasis internet. Sekarang ini apapun pekerjaannya sudah dikonversi menjadi...

    • Bisnis Travel Bandung Bisnis Travel Bandung

      Bisnis Travel

      Bisnis Travel Bandung

      Travel Bandung dapat dijadikan pilihan tepat untuk memulai bisnis travel. Karena Bandung merupakan salah satu kota...

    • Merintis Bisnis Travel Jakarta Merintis Bisnis Travel Jakarta

      Bisnis Travel

      Merintis Bisnis Travel Jakarta

      Banyak cara yang dilakukan oleh orang saat ini untuk memutar uangnya. Salah satunya dengan merintis bisnis...

    • Bisnis Tour And Travel Bisnis Tour And Travel

      Bisnis Travel

      Bisnis Tour And Travel

      Katanya kalau ingin mencoba untuk berbisnis, cobalah bisnis tour and travel. Bisnis ini tidak banyak mengandung...

    • Travel di Medan Travel di Medan

      Bisnis Travel

      Menikmati Travel di Medan

      Apakah Anda sedang merencanakan sebuah perjalanan atau yang lebih sering dikenal dengan nama travel? Atau Anda...

    Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top