Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tips Membuka Toko Jam Tangan

Tips Membuka Toko Jam Tangan

Bisnis Elektronik

Tips Membuka Toko Jam Tangan

Toko jam tangan. Tahukah Anda bahwa jam tangan tidak hanya menjadi penunjuk waktu tapi juga sebagai bagian dari life style dan mencerminkan kepribadian pemakainya? Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang rela menghabiskan waktu dan uang yang tak sedikit untuk memilih jam tangan yang paling tepat untuk dirinya. Seorang yang fashionable bahkan tak jarang memiliki lebih dari satu koleksi jam tangan.

Atas dasar faktor-faktor tersebut di atas, maka membuka usaha toko jam tangan merupakan peluang yang bagus. Namun sebelum memutuskan membuka toko jam tangan, Anda harus memahami jenis-jenis dan karakteristik masing-masing jam tangan. Jadi nantinya, Anda bisa membantu pelanggan Anda memilih jam tangan yang paling pas dengan kepribadiannya dan juga terjangkau untuk pelanggan yang bersangkutan.

 


Jenis Jam Tangan


1. Jam Tangan Analog
Jam tangan analog adalah jam tangan klasik yang masih menggunakam jarum sebagai penunjuk waktunya. Biasanya, ada tiga buah jarum yang digunakan, yaitu jarum pendek yang menunjukkan jam, jarum yang lebih panjang menunjukkan menit, dan jarum yang lebih tipis menunjukkan detik.

Jam analog masa kini juga dilengkapi fitur penanda tanggal dan bulan. Selain itu, sumber tenaga yang digunakan jam tangan analog kini bukan hanya mengandalkan baterai tapi juga ada yang otomatis, mengandalkan tenaga kinetik dan bahkan tenaga surya.

2. Otomatis
Parrelet adalah yang pertama kali memperkenalkan jam otomatis di awal abad 20. Awalnya digunakan untuk jam saku. Kemudian pada tahun 30-an, Omega mengembangkan teknologi jam mini ini untuk diaplikasikan pada jam tangan.

Yang dimaksud dengan jam otomatis adalah menggunakan teknologi yang mampu mengubah energi gerak dari pergelangan tangan menjadi energi untuk memutar pegas yang terdapat di dalam mesin arloji. Teknologi otomatis ini muncul menggantikan teknologi sebelumnya dengan memanfaatkan mesin hand winding.

Baca Juga :  Cara Memulai Berbisnis Sepatu dengan Cara Konvensional dan Online

Kekurangan dari teknologi mesin otomatis ini adalah pegas memiliki durasu yang pendek. Dan jika jam tangan lama tidak dipakai mesinnya bisa mati. Teknologi ini juga sedikit memiliki masalah dalam hal akurasi. Kekurangan lainnya adalah energi yang bisa disimpan oleh mesin otomatis hanya berkisar 48 jam.

3. Kinetik
Teknologi kinetik kemudian ditemukan sebagai penyempurnaan teknologi otomatis. Teknologi ini menggabungkan energi yang dihasilkan dari gerakan tangan dengan quartz. Quartz sendiri adalah mesin arloji yang menggunakan baterai sebagai sumber energi dengan voltase berkisar antara 1,5-3 V.

Energi dari gerakan tangan yang mampu disimpan oleh mesin kinetik ini mencapai 6 bulan. Produsen jam tangan Seiko melakukan penelitian selama 26 tahun dan berhasil menemukan teknologi dengan menggunakan spiral untuk mengubahnya menjadi energi. Roda yang terdapat pada mesin arloji digerakkan oleh energi ini.

4. Tenaga Surya
Produsen jam tangan Citizen adalah yang pertama kali menemukan teknologi tenaga surya untuk diaplikasikan pada jam tangan, pada tahun 1924. Teknologi mesin arloji yang memanfaatkan tenaga surya ini sangat ramah lingkungan dan disebut dengan eco drive techonology.

Hebatnya lagi dari teknologi ini ternyata tidak hanya bisa mengubah tenaga surya menjadi energi yang diperlukan untuk jam tangan, tapi juga mengubah segala macam cahaya bahkan cahaya lampu dan sebagainya. Efisiensi teknologi ini juga sangat bagus, karena hanya dengan membawa jam tangan ini di bawah sinar matahari selama 3 menit, teknologi ini mampu menyimpang energi hingga satu tahun.

5. Jam Tangan Digital
Jam digital menggunakan angka digit pada layarnya. Akurasi waktu yang dihasilkan teknologi ini sangat bagus, baik untuk digit yang menunjukkan jam, menit, maupun detik. Membaca jam pada digital juga lebih mudah dari pada jam dengan jarum, karena kita tinggal membaca deretan angka yang tertera di layar.

Baca Juga :  Menjadi Bos Sendiri dengan Belajar Franchise

Tidak ada lagi jarum yang berdetak dan berputar-putar. Pemandangan itu digantikan deretan angka digital yang berkedip-kedip setiap kali angkanya berubah. Selain penanda hari, bulan, dan tahun, biasanya jam digital juga dilengkapi dengan stop watch.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Elektronik

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top