Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tips Mengerjakan Soal Ujian

Tips Mengerjakan Soal Ujian

Tips Wirausaha

Tips Mengerjakan Soal Ujian

Bagaimanakah tips menghadapi test dan tips mengerjakan soal ujian? Bagi setiap orang yang sedang menempuh jenjang pendidikan, ujian selalu menjadi momok menakutkan. Ujian seolah menjadi penentu hidup dan mati seorang pelajar. Tidak bisa mengerjakan soal ujian sama dengan mendapat hukuman dari orangtua. Oleh sebab itu, diperlukan beberapa tips untuk membantu pelajar saat mengerjakan soal ujian.

 


Tips Mengerjakan Soal Ujian


Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa membantu kalian saat mengerjakan soal-soal ujian.

1. Datang Lebih Awal dengan Persiapan Matang
Tips pertama yang harus dipersiapkan sebelum ujian adalah kesiapan mental dan penguasaan materi. Untuk mendapatkan kesiapan matang, kalian tentu harus mempersiapkannya sejak awal. Misalnya, belajar satu minggu sebelum ujian dimulai untuk menghindari stres di malam ujian.

Selain kesiapan otak, ada perlengkapan yang perlu disiapkan dengan sempurna. Misalnya, pensil, pulpen, kalkulator, kamus, jam tangan, penghapus, tip ex, penggaris, dan perlengkapan lain. Kesiapan perlengkapan ini akan membantu kalian untuk tetap fokus dan berkonsentrasi selama mengerjakan soal. Jangan lupa, datang ke sekolah lebih awal. Misalnya, 15-30 menit sebelum ujian dimulai.

2. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Tenang dan Percaya Diri
Tips kedau adalah tenang dan percaya diri. Satu hal yang sering melanda peserta ujian adalah datangnya perasaan panik atau tidak tenang. Padahal, kalian harus tetap tenang “melahap” semua soal ujian. Satu hal yang tidak kalah penting adalah percaya diri. Ingat, percayalah dengan kemampuan diri sendiri dan jangan pernah mengharapkan jawaban dari orang lain karena itu belum tentu benar.

3. Santai dan Tetap Waspada
Jika kursi ujian tidak ditentukan, pilihlah kursi yang nyaman agar kalian merasa nyaman saat mengerjakan soal. Pastikan pula bahwa kalian telah mendapatkan tempat yang cukup leluasa untuk mengerjakan soal-soal tersebut. Sebisa mungkin, pertahankan posisi duduk untuk tetap tegak.

Baca Juga :  Menjadi Seorang Wirausaha Sukses

4. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Preview Soal Ujian
Tips berikutnya yaitu dengan meluangkan sekitar 10 persen dari waktu keseluruhan untuk membaca soal ujian secara mendalam. Tandailah beberapa kata kunci dan putuskan perkiraan waktu yang diperlukan untuk mengerjakan setiap soal. Utamakan pengerjaan soal yang terbilang mudah agar tidak menyia-nyiakan waktu untuk mengerjakan soal sulit. Saat membaca soal, catatlah beberapa ide yang akan dipakai sebagai jawaban.

5. Menjawab Soal Secara Strategis
Tips kelima yaitu mulailah dengan mengerjakan soal yang paling mudah. Kemudian, kerjakan soal-soal yang memiliki bobot nilai tertinggi. Soal terakhir yang harus kalian kerjakan adalah soal paling sulit, soal yang memerlukan waktu lama untuk menulis jawaban, dan soal yang memiliki nilai terkecil. Intinya, jangan sampai waktu kalian habis untuk mengerjakan satu soal yang belum tentu benar.

6. Tips Mengerjakan Soal Ujian – Ketahui Jawaban yang Harus Dipilih Saat Mengerjakan Pilihan Ganda
Tips keenam yaitu abaikanlah pilihan yang kalian yakini sebagai jawaban salah. Kemudian, tebak salah satu pilihan jawaban yang agak kalian kenal. Ingat, jangan sekali-kali menebak jawaban yang sama sekali tidak diketahui jika ada konsekuensi pengurangan nilai untuk jawaban salah. Jika kalian telah memilih satu jawaban, yakinkan pilihan itu. Jangan coba untuk mengganti jawaban karena pilihan pertama biasanya benar.

Laman: 1 2


Kategori Tips Wirausaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top