Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Teknik Reparasi TV Belajar Gratis

Belajar Teknik Reparasi TV

Bisnis Reparasi

Teknik Reparasi TV Belajar Gratis

Teknik reparasi tv (televisi) sebaiknya tak hanya melulu dipelajari dan dikuasai oleh para teknisi televisi profesional saja. Mungkin dalam taraf tertentu Andapun bisa mempelajari teknik untuk memperbaiki atau reparasi televisi Anda seandainya suatu waktu mengalami kerusakan. Prinsipnya, jika bisa dikejakan sendiri mengapa mesti menyuruh orang lain yang karenanya Anda bisa dikenakan biaya.

Layaknya orang yang sakit, televisi juga ternyata bisa sakit. “sakit” nya televisi tersebut sama halnya juga dengan sakitnya manusia yang memiliki sebab dan jenis sakit yang bermacam-macam. Kerusakan televisi bisa karena tabungnya yang rusak, layarnya yang mati, atau bahkan tombol on-nya yang sudah tak berfungsi. Nah, ada banyak keuntungan seandainya kerusakan tersebut diperbaiki oleh Anda sendiri. Caranya dengan mempelajari teknik reparasi tv yang salah satunya bisa dari artikel ringan ini.


Analisa Kerusakan Televisi


Melakukan analisa terhadap kerusakan televisi merupakan langkah pertama yang harus dilakukan dan diperhatikan. Jangan sampai Anda mau mengobati tapi tak tahu penyakitnya apa. Analisa ini berguna untuk mengetahui penyakit televisi atau kerusakan dari tv Anda tersebut sehingga jika sudah diketahui bisa dilakukan tindakan “pengobatan” lebih lanjut.

Pada kebanyakan kasus, kerusakan tv yang diindikasikan dengan hanya ada garis ditengah saja bisa disebabkan beberapa kemungkinan yakni :

  • Kerusakan tersebut sangat mungkin terjadi di daerah osilator atau daerah vertikal.
  • Perlu diketahui bahwa IC vertikal ini biasanya terletak menempel pada pendingin, berkaki 7 atau 8.
  • IC osilator memiliki ukuran yang paling besar degan jumlah kaki 64-68.
  • Jika sudah dimengerti dan tahu posisinya, khawatir kendor kedua IC tersebut disolder ulang.

Teknik Reparasi TV


Kerusakan lain juga biasanya terjadi. Dibawah ini beberapa kerusakan tersebut disertai dengan cara mengatasinya :

  • Kadang ditemukan televisi yang mati total atau tak bisa dihidupkan sama sekali. Untuk kasus seperti tersebut bisa dicoba langkah dengan jalan melakukan penyolderan ulang (resoldering) dibagian power supply, dan disaat bersamaan periksalah elconya.
  • Jika hanya lampu indikator (lamp indicator) saja yang menyala maka Anda harus mencoba untuk memeriksa semua tegangan di output regulator. Jika tak ada masalah kemungkinan besar permasalahannya ada pada bagian horizontal. Maka, tak ada salahnya jika Anda memeriksa semua solderan di blok tersebut.
  • Pada kasus televisi yang matinya hanya bergaris vertikal, maka langkah yang harus ditempuh adalah memeriksa solderan pada konektor yoke defleksi horizontal. Selain itu, periksa juga semua komponen di output horizontal khawatir mengalami kerusakan.
  • Sebaliknya, jika dilayar televisi tiba-tiba hanya menjadi garis horizontal maka bisa diatasi dengan solderan ulang di blok vertikalnya. Jangan lupa juga untuk memerika elco output vertikal dan elco filter tegangan. Kebiasaan yang terjadi biasanya pada televisi bermerk china kerusakan terjadi pada elco filter tegangan vertikalnya.
Baca Juga :  Peluang Bisnis Karya Kerajinan Tangan

Itulah beberapa teknik reparasi tv yang sebaiknya Anda pelajari secara seksama untuk selanjutnya diaplikasikan ketika televisi Anda mengalami kerusakan.


Kategori Bisnis Reparasi

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top