Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Teknik Budidaya Jamur Tiram Bagi Pemula

Teknik Budidaya Jamur Tiram Bagi Pemula

Bisnis Budidaya Jamur

Teknik Budidaya Jamur Tiram Bagi Pemula

Orang yang awam tentang teknik budidaya jamur tiram pasti menganggap salah satu kegiatan wirausaha ini sulit dilakukan. Memang, sekilas nampaknya kegiatan ini sulit jika tidak benar-benar teliti dan serius dalam mempelajarinya. Namun, jika sudah mengerti maka segalanya akan menjadi mudah.


Teknik Budidaya Jamur Tiram


Untuk petani pemula, sebaiknya membeli media tanam yang sudah rapi dikemas dalam plastik atau polybag berbentuk botol. Ada beberapa orang petani yang memang mengkhususkan diri untuk memproduksi media tanam jamur tiram untuk memudahkan para petani pemula.

Isi polybag tersebut adalah bekas gergajian kayu yang berbentuk serbuk, dicampur dengan beberapa bahan penyubur agar jamur dapat tumbuh subur. Kemudian disterilisasi dalam tabung yang bersuhu tinggi agar segala bakteri dan kuman yang dapat mengganggu pertumbuhan jamur tiram mati.

Harga sebuah kantung polybag berisi media tanam jamur cukup murah. Sekitar Rp. 3.500,- saja per kantungnya. Tidak akan terlalu menyedot modal besar bagi petani pemula, sehingga tidak perlu khawatir untuk memulai usaha ini.


Menjaga Suhu


Yang paling utama diperhatikan dalam teknik budidaya jamur tiram adalah, bahwa jamur hanya tumbuh subur di suhu tertentu dan kelembaban tertentu saja. Sehingga petani harus rajin menengok ruangan tempat media tanam diletakkan untuk mengecek suhu dan kelembabannya.

Butuh suhu antara 16 – 22 derajat Celsius untuk membuat jamur tiram subur. Jika suhu dalam ruangan mulai meningkat lebih dari 25 derajat Celcius, maka sebaiknya dilakukan penyemprotan air untuk menurunkan suhu ruangan.

Kelembaban ruang tanam juga sebaiknya konstan di antara 60 – 80 persen. Jangan lebih atau kurang. Juga, hindari pemberian ventilasi yang terlalu banyak dalam ruangan penanaman. Sirkulasi udara yang terlalu lebar dapat membawa masuk mikroba yang terdapat di udara luar, sehingga membuat pertumbuhan jamur tiram terganggu.

Baca Juga :  Decision Support System (DSS), Otak Maya Situs Organisasi Bisnis

Sabar dan Tekun


Kunci sukses dari penerapan teknik budidaya jamur tiram ini adalah sabar dan tekun. Setiap usaha pasti akan menemui hambatan dan rintangan, sehingga kesabaran dan ketekunan merupakan suatu hal yang mutlak.

Jangan ragu untuk bertanya kepada ahlinya, sebab belajar dari pengalaman orang lain adalah hal yang bijaksana.teknik jamur tiram budidaya pembibitan pengeringan putih pembuatan menanam penyiraman pemasaran di daerah panas pemanenan yang baik membuat bibit baglog dan cara inokulasi kultur jaringan kumbung menyiram makalah tanam bercocok


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top