Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Teknik Budidaya Jamur Merang

Teknik Budidaya Jamur Merang

Bisnis Budidaya Jamur

Teknik Budidaya Jamur Merang

Pesatnya perkembangan bisnis jamur di Indonesia, membuat banyak orang melirik peluang usaha ini. Mungkin Anda juga? Bila Anda serius ingin terjun sebagai pebisnis jamur merang, tentu Anda harus paham tentang teknik budidaya jamur merang. Tujuannya adalah agar Anda bisa meminimalisir kegagalan akibat kendala-kendala yang mungkin ditemui selama proses pembudidayaan. Yang melingkupi proses pembibitan, penyemaian hingga saat panen.

Memang banyak hal yang harus disiapkan dalam teknik budidaya jamur merang. Termasuk pengetahuan sekitar jamur merang dan proses pembibitannya. Juga pemilihan lokasi lahan produksi yang tepat dan memadai. Yaitu lahan yang sedikit berjarak dari pemukiman penduduk tapi dekat dengan sumber bahan baku berupa media tanam jamur merang. Dekat dengan sumber tenaga kerja. Dan yang paling utama adalah tak jauh dari areal pemasaran.

Rumah Jamur
Teknik budidaya jamur merang juga melingkupi tata ruang tempat pemeliharaan jamur merang. Tempat pembudidayaan jamur merang ini disebut rumah jamur atau nama lainnya adalah Kumbung. Ada beragam jenis, bentuk dan ukuran kumbung. Disertai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Luas kumbung biasanya tergantung pada luas areal lahan yang tersedia. Jumlah, modal yang tersedia pun ikut mempengaruhi bentuk dan luas bangunan kumbung.

Pembibitan
Pembibitan juga termasuk ke dalam teknik budidaya jamur merang yang harus diperhatikan. Terutama bila Anda yang masih pemula di dalam bisnis budidaya jamur merang, memutuskan untuk melakukan proses pembibitan sendiri. Walau Anda juga tak diharuskan untuk membeli bibit yang sudah jadi. Meski hal ini jauh lebih praktis karena bibit sudah siap untuk disemaikan di atas media tanam.

Media Tumbuh
Sebagai media untuk pembuatan bibit dan penanaman jamur merang. media tanam atau media tumbuh juga harus menjadi fokus perhatian. Alam Indonesia yang kaya menyediakan aneka ragam media tumbuh. Mulai dari limbah merang, limbah kapuk, limbah sawit, limbah tebu, limbah eceng gondok hingga limbah kardus.

Baca Juga :  Peluang Usaha Lapangan Futsal

Aneka limbah ini bisa diolah untuk dijadikan media tanam jamur merang. Dengan satu syarat yaitu media yang akan dijadikan media tumbuh ini harus mengandung selulosa. Dengan mengetahui dasar-dasar teknik budidaya jamur merang, tentu Anda merasa lebih siap untuk memulai bisnis jamur merang ini. Selamat berbisnis jamur merang!


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top