Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Perlukah Membuat Strategi Promosi

Perlukah Membuat Strategi Promosi?

Bisnis Online

Perlukah Membuat Strategi Promosi

Bagi para pengusaha pemula atau wiraswastawan yang masih baru terjun ke dunia usaha, strategi promosi yang diterapkan biasanya masih sangat sederhana. Atau bahkan mereka tidak berfikir tentang strategi sama sekali. Apa yang terjadi terjadilah, begitu biasanya pemikiran para pengusaha pemula. Learning by doing, mungkin begitu bahasa kerennya.

Namun sejatinya, sebuah strategi promosi itu amat penting dalam sebuah roda usaha yang baru mulai berputar. Bahkan, dalam usaha skala rumah tangga sekalipun. Bagaimana mungkin Anda dapat memasarkan produk andalan Anda jika tanpa sebuah trik dan kiat yang tepat, bukan?

Semisal sebuah usaha skala rumah tangga yang memproduksi susu kedelai. Tanpa strategi pemasaran yang cerdas dan tepat, maka ia akan menggelar dagangannya tanpa mempertimbangkan siapa yang menjadi target pembeli.

Melihat dan mengamati situasi sekeliling rumah pun sebaiknya dilakukan sebelum mulai usaha. Jika situasi sekeliling rumah tempat produksi ramai oleh aktifitas penduduk, atau jadi lalu lintas banyak kendaraan, maka itu juga harus diperhatikan dalam membuat sebuah strategi promosi. Jadi, strategi promosi tak bisa dianggap enteng dalam perannya memajukan sebuah usaha, bahkan dalam skala kecil sekalipun.

 


Nabi Muhammad Sebagai Ahli Strategi Promosi


Sebagai model seorang pengusaha besar yang cerdas membuat strategi promosi , kita bisa lihat pada sosok Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana diketahui bersama oleh umat muslim, Nabi Muhammad SAW adalah seorang pedagang yang handal dan sukses pada usia mudanya. Itu tentu tak terjadi begitu saja tanpa sebuah kecerdasan dan strategi promosi yang benar.

Bahkan, skala usaha Nabi Muhammad SAW tak terbatas hanya di negerinya saja, melainkan sudah menjangkau hingga ke negeri-negeri tetangga. Strategi promosi yang diterapkan oleh beliau adalah dengan apa yang disebut saat ini sebagai Customer Relationship Management. Atau berarti juga menekankan pada pendekatan personal dengan para pelanggan.

Baca Juga :  Menjadi Seorang Wirausaha Sukses

Pendekatan model ini membutuhkan pemahaman tentang keinginan, kebutuhan, dan juga apa yang dipikirkan oleh target kostumer Anda. Untuk melakukan ini, seseorang harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan penampilan yang juga terjaga.

Nabi Muhammad selalu menjaga komunikasi antarpersonal dengan baik. Berusaha untuk dapat selalu jujur agar kepercayaan kostumer pada Beliau selalu terjaga. Beliau juga selalu tanggap dan mendengarkan permasalahan yang dihadapi oleh kostumer terhadap produk yang Beliau jual. Dan, itu juga termasuk dalam strategi promosi yang jitu.

Jika diterjemahkan dalam bahasa sederhana, dengan menjalin silaturahmi alias sering melakukan kontak dengan para relasi, jalan rezeki seorang pelaku usaha akan menjadi lebih luas. Dan memutuskan silaturahmi, alias memutuskan hubungan dengan relasi, maka bisa menutup jalan rezeki bagi pelaku usaha.

 


Tujuan Strategi Promosi


Jadi, apa sebenarnya yang menjadi tujuan utama dilakukannya sebuah strategi promosi? Silakan simak berikut ini:

1. Menaikkan penjualan produk. Ini tentu merupakan tujuan yang semua pelaku usaha inginkan. Stok hasil produksi yang menumpuk di gudang dapat ditingkatkan penjualannya dengan sebuah stretegi promosi yang tepat. Sasarannya tidak harus mengarah ke pembeli setia saja, namun sebuah promosi yang bagus dapat pula memikat pembeli marjinal atau pembeli yang biasanya hanya mengincar masa promosi.

Jika produk yang dihasilkan dapat memenuhi harapan para pembeli marjinal ini, maka bisa saja mereka beralih menjadi pembeli setia. Jadi jangan remehkan promosi untuk sasaran pembeli marjinal ini, walau awalnya keberadaan mereka ini tidak signifikan bagi penjualan produk saat ini. Namun untuk penjualan selanjutnya, pembeli marjinal bahkan bisa naik tingkat menjadi pembeli setia yang loyal.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Online

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top