Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Mengenal Strategi Pemasaran Online

Strategi Pemasaran

Marketing

Mengenal Strategi Pemasaran Online

Jika Anda ingin memasarkan bisnis Anda sendiri, barangkali Anda pernah bertanya-tanya, apa keuntungan dari strategi pemasaran dan bagaimana strategi marketing dapat membantu bisnis Anda.

Strategi pemasaran dapat membantu Anda meraih tujuan-tujuan dengan teknik dan tindakan yang dapat meningkatkan objek pemasaran. Mengabaikan strategi pemasaran dapat membuat Anda menjadi pemasar yang ketinggalan zaman.


Keuntungan dari Konsep Strategi Pemasaran


Sebelum mengetahui jenis dan beberapa cara strategi pemasaran online, ada baiknya Anda memahami dahulu keuntungan yang diperoleh dari strategi marketing. Keuntungan yang akan Anda peroleh jika menggunakan strategi pemasaran online adalah sebagai berikut :

Meningkatkan Pengenalan Produk atau Merek
Bukan rahasia lagi bila kunci utama untuk pemasaran online adalah branding. Mengembangkan strategi pemasaran akan membantu Anda merencanakan untuk membentuk pengakuan produk. Apakah kebanyakan konsumen Anda adalah wanita?

Anda dapat melakukan penelitian dan merencanakan strategi pemasaran berdasar sampel polling pada hal-hal yang berhubungan dengan wanita. Anda mungkin ingin menitikberatkan strategi pemasaran pada media sosial bila Anda ingin meraih konsumen wanita.

Menentukan Tujuan dengan Tepat Sasaran
Strategi pemasaran akan memberikan Anda teknik-teknik jangka panjang yang dibutuhkan untuk meraih target konsumen Anda. Dengan strategi pemasaran, Anda dapat dapat mengombinasikan teknik marketing yang telah teruji dan teknik marketing baru daripada mencoba-coba tren marketing baru yang belum tentu efektif.

Mencegah Pemasaran yang Reaksioner
Dunia pemasaran telah berubah sejak media-media online baru muncul setiap harinya. Namun, keuntungan dari strategi marketing adalah menerapkan teknik-teknik baru dengan perencanaan matang dan strategis. Cari tahu pasar Anda dan kapan mereka biasanya menghabiskan waktu untuk online. Hal ini membuat energi Anda terfokus dan memiliki rencana akan membuat Anda lebih sukses.

Baca Juga :  Cara Memilih Service AC Jakarta

Menghemat Uang
Jika Anda memiliki strategi marketing, Anda dapat merencanakan kapan atau di mana Anda ingin memfokuskan uang Anda untuk memperoleh hasil maksimal.


Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Strategi Pemasaran


Strategi pemasaran online merupakan dasar bisnis masa kini. Keuntungan menerapkan strategi pemasaran dalam bisnis Anda sangatlah besar. Berikut beberapa hal yang diperlukan dalam menerapkan strategi pemasaran melalui internet:

Menjaga Hubungan Baik dengan Konsumen Lama
Menjaga hubungan baik dengan konsumen merupakan hal penting untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis Anda.

Menurut data statistik, lebih mudah dan murah untuk membuat konsumen lama Anda membeli produk Anda lagi daripada menarik konsumen baru. Jika Anda menyepelekan hubungan Anda dengan konsumen lama maka siap-siaplah mengalami penurunan angka pelanggan.

Bahkan, kemungkinan konsumen lama Anda akan “dibajak” oleh pesaing bisnis Anda. Anda dapat menjaga hubungan baik dengan konsumen lama melalui e-mail, newsletter, atau media sosial seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya. Internet menyediakan cara yang efektif dan murah dalam hal ini.

Menghitung Biaya Pemasaran yang Efektif
Entah Anda memutuskan untuk melakukan strategi pemasaran secara online, offline, atau bahkan keduanya, penting bagi Anda untuk menghitung biayanya dengan cermat. Strategi pemasaran online yang baik meliputi tes pemasaran dan mekanisme untuk menelusuri tingkat keberhasilan strategi tersebut.

Perhitungan sederhana mengenai tipe konsumen baru atau melihat daftar e-mail subscriber baru misalnya, dapat memberikan informasi seberapa banyak konsumen baru yang Anda perlukan untuk menghasilkan keuntungan bagi bisnis Anda.

Kenali Konsumen Ideal Anda
Pada umumnya, setiap bisnis memiliki konsumen ideal. Hal ini dapat dilihat apabila Anda pernah melakukan survei, polling, atau sejenisnya. Konsumen ideal dapat berupa kisaran umur tertentu, pendapatan tertentu, dan sebagainya. Mengetahui siapa konsumen ideal Anda akan membuat iklan online dan strategi pemasaran lebih terfokus.

Baca Juga :  Bisnis Kursus Percetakan

Ketika membuat iklan online, Anda dapat menggunakan jenis iklan “direct response” sehingga Anda dapat merespons kebutuhan konsumen ketika mereka sedang membutuhkan solusi. Perhatikan bahwa hal ini akan membuat perubahan dan layanan customer service Anda akan dipenuhi pelanggan.

Kalahkan Pesaing Anda
Dunia online bergerak sangat cepat. Jika bisnis Anda tampil online lebih cepat daripada pesaing Anda maka produk Anda akan lebih dikenal dan diakui. Hal ini akan membuat konsumen lama tetap setia pada produk Anda sekaligus menarik konsumen baru.

Sebaliknya, bila pesaing Anda lebih dulu hadir dalam dunia online dan memiliki strategi pemasaran internet yang bagus, mereka dapat dengan sekejap mematikan bisnis Anda karena mereka memperoleh lebih banyak konsumen dengan biaya murah, yaitu melalui internet.

Laman: 1 2 3 4 5


Kategori Marketing

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top