Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Cara Efektif Sebar Iklan Baris Gratis Online

sebar iklan baris gratis

Marketing

Cara Efektif Sebar Iklan Baris Gratis Online

Bagaimana cara sebar iklan baris gratis? Sebelum membahas tentang cara sebar iklan baris gratis, kita bahas sedikit tentang iklan baris. Ingat dengan deretan kata-kata berikut? “JL CPT KIJANG SPR TH 98 KOND.ISTMW. 0811243XXXX BU.” Pasti, setidaknya Anda pernah membaca iklan baris semacam itu di surat kabar. Itulah bentuk dasar dari iklan baris yang sifatnya personal dan lokal.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, bentuk dari iklan baris pun berevolusi. Surat kabar mungkin masih menjadi salah satu media yang masih banyak dikonsumsi masyarakat, namun media online pun tidak dapat dipungkiri menjadi media yang makin banyak digunakan masyarakat untuk mendapatkan informasi.

Dalam konteks beriklan, khususnya iklan yang personal dan lokal, media online memiliki keunggulan seperti kecepatan, kemudahan, dan gratis. Jadi, kalau hari gini mau jualan, wajib pasang iklan di media online. Yuk, simak bagaimana seluk beluk jualan dengan cara menyebar iklan baris gratis ini.

 


Cara Jitu Sebar Iklan Baris Gratis Online


Berbeda dengan iklan produk dari berbagai perusahaan besar yang biasa kita lihat di media online, proses persiapan iklan baris tentunya jauh lebih mudah dan irit waktu. Tidak perlu menyewa agen periklanan, rapat untuk membuat konsep iklan, memantau produksi iklan, dan seabrek proses lainnya yang memakan waktu panjang.

Menyiapkan Produk dan Informasi Seputar Produk
Hal pertama dari persiapan menyebarkan iklan tentunya adalah produk atau jasa yang akan dijual. Setelah ditentukan, mulailah menyiapkan informasi detail seputar produk atau jasa tersebut sebanyak mungkin. Karena akan berjualan di media online, maka informasi detail menjadi sangat penting untuk meyakinkan calon pembeli.

Informasi tersebut adalah jenis (kategori produk/jasa), merek, warna, jenis bahan, dimensi (ukuran: panjang, lebar, tinggi, volume, berat, dll.), tipe produk/jasa (varian dari merek), tahun produksi/perolehan, kondisi (baru/bekas), dan spesifikasi (detil dari elemen/komponen dari produk/jasa).

Baca Juga :  Menerapkan Sistem Billing Warnet

Khusus untuk produk yang sifatnya pre-owned, used alias bekas, maka detail kondisi menjadi sangat penting. Hindari penggunaan deskripsi yang abstrak seperti “kondisi: 80%”. Lebih baik perbanyak detail yang spesifik seperti menyebutkan kekurangan yang mungkin ada sebagai konsekuensi dari penggunaan sebelumnya.

Siapkan Foto
Setelah itu, persiapan penting berikutnya adalah foto. Ungkapan “A Picture Is Worth A Thousand Words” benar-benar dibuktikan di sini. Tanpa foto yang layak, calon pembeli tidak akan cepat yakin untuk melakukan pembelian. Inilah salah satu pembeda iklan baris di media online dibandingkan media cetak.

Gunakan kamera yang mumpuni, tidak harus yang sangat canggih, yang penting hasil foto tidak gelap, apalagi blur alias tidak tajam. Jangan malas untuk memotret detail dari produk, terutama bagian-bagian yang perlu diketahui oleh calon pembeli. Dengan ini, iklan Anda jadi lebih efektif. Pertanyaan dasar dari calon pembeli mungkin dapat langsung terjawab dengan adanya foto-foto itu.

Menentukan Harga Jual, Metode Kontak, Metode Pembayaran, dan Metode Delivery
Berikutnya, menentukan harga jual, metode kontak, metode pembayaran, dan metode delivery. Untuk harga, jika diperlukan, lakukan survei singkat berapa harga pasaran untuk jenis produk atau jasa yang ditawarkan. Metode kontak, umumnya Anda harus memberikan nomor telefon atau alamat email yang aktif untuk dihubungi. Ada baiknya menyiapkan email dan nomor telepon khusus untuk aktivitas jualan supaya tidak campur aduk dengan aktivitas yang lain.

Metode pembayaran, umumnya menggunakan sistem transfer antarbank atau COD (Cash On Delivery), yaitu Anda akan bertemu langsung dengan pembeli untuk bertransaksi. Metode delivery biasanya menggunakan jasa kurir atau pos, kecuali jika Anda menggunakan metode COD tentunya.

Laman: 1 2


Kategori Marketing

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top