Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Sablon Kaos Manual Vs Sablon Digital

Sablon Kaos

Bisnis Pakaian

Sablon Kaos Manual Vs Sablon Digital

“Wah…. sablon kaosnya lucu banget. Bikin di mana tuh?” Begitulah setidaknya tanggapan seorang teman yang melihat desain atau gambar unik , lucu, atau menggelikan yang tertera pada sebuah t-shirt atau kaos. Ungkapan itu bisa jadi meluncur secara spontan dari mulut teman Anda karena sablon kaos yang menempel di kaos yang sedang dipakai.

Ya, dengan sablon kaos Anda bebas berekspresi dalam memilih desain atau gambar yang dikehendaki untuk kemudian ditempel pada kaos pilihan. Anda bisa memilih desain yang unik, lucu, langka, atau bisa juga memasang “muka” Anda di kaos kesayangan. Semuanya terserah Anda.

Sablon merupkan elemen penting dan merupakan sentuhan terakhir pada sebuah produk yang akan diproduksi di antaranya T-shirt, gelas, tas, sepatu casual, kantong plastik, kertas, dan masih banyak lagi produk yang menggunakan sablon sebagai elemen untuk memenuhi kebutuhan produk tersebut sehingga terlihat lebih menarik.

Karena hampir semua produk yang bergambar ataupun bertuliskan sudah pastinya melakukan penyablonan pada produk tersebut, maka usaha sablon pun menjadi melonjak. Apalagi sablon pada produk berupa pakian, terutama kaos.

Yang perlu Anda lakukan hanya membawa kaos polos terbaik ke tempat yang memang menyediakan jasa sablon kaos, lalu pilih desain terbaik agar nantinya hasil sablon kaos tersebut menjadi istimewa. Yang jadi pertanyaan, bagaimanakah cara menempelkan desain yang telah dipilih pada baju. Berikut adalah dua cara beserta kekurangan dan kelebihan proses memasang sablon pada produk yang ingin menyajikan desain gambar.

 


Sablon Kaos Manual


Penyablonan pada suatu produk secara manual merupakan teknik penyablonan awal, sebelum teknologi yang semakin canggih menciptakan teknik penyablonan secara digital, yakni teknik penyablonan dengan menggunakan mesin printing yang dirancang khusus untuk penyablonan.

Baca Juga :  Jasa Outsourcing di Indonesia

Adapun alat-alat yag harus di persiapakan dalam penyablonan secara manual merupakan alat yang sangat penting. Peralatan tersebut adalah hal yang membedakan dengan penyablonan secara digital di antaranya adalah:

1. Film sablon adalah model gambar/desain/tulisan yang akan dituangkan dalam objek sablon pada sebuah produk (kaos, kertas, plastik, karton, dsb.). Film ini merupakan alat pertama untuk menggambarkan gambar/logo/tulisan desain yang dikehendaki dengan menggunakan komputer ataupun dengan manual.

Namun kebanyakan proses digital lebih banyak digunakan dalam membuat Film sablon. Adobe dan corel merupakan piranti untuk menunkang kebutuhan pengambaran tersebut.

2. Screen adalah media yang akan mengantarkan cat sablon dengan gambar yang lah ditentukan pada objek yang akan di sablon, biasanya sceen ini berbentuk persegi panjang dan ukurannya pun bervariasi bergantung pada objek yang akan disablon.

3. Rakel adalah karet yang berbentuk persegi panjang yang berfungsi untuk merekatkan tinta sablon pada objek yang akan disablon sehingga cat sablon akan menempel pada objek yang disablon. Cat sablon tersebut juga akan menempel dengan kuat.

4. Cat sablon adalah elemen yang sangat penting dalam penyablonan karena tanpa cat, berarti tidak akan ada gambar/tulisan/desain yang muncul. Oleh karena itu, cat merupakan elemen utama dan sangat penting dalam sablon. Dan banyak sekali jenis cat sablon yang dapat digunakan dalam proses penyablonan. Cat yang dipakai tersebut tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan keinginan.

5. Meja sablon. Meja sablon ini berfungsi sebagai media untuk meletakkan objek sablon dan merupakan meja kerja yang digunakan dalam penyablonan.

6. Hair dryer digunakan untuk mengeringkan cat yang telah menempel pada objek yang disablon agar cat tersebut merekat dengan kuat, tahan lama, dan hasilnya akan lebih bagus.

Baca Juga :  Seluk-beluk Perdagangan Internasional

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Pakaian

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top