Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Serba-Serbi Rumah Kontrakan

Rumah Kontrakan

Peluang Usaha

Serba-Serbi Rumah Kontrakan

Memilih Rumah Kontrakan
Memilih rumah kontrakan sebagai tempat tinggal, tentu bukan hal yang sederhana untuk dilakukan. Kita tidak bisa begitu saja memilih sebuah rumah yang akan kita jadikan tempat tinggal, hanya dengan berdasar pada satu faktor saja. Misalnya pada masalah harga sewa rumah tersebut.

Sebab, pada dasarnya dalam memilih sebuah lokasi yang akan kita jadikan tempat tinggal kita juga harus memperhatikan beberapa masalah lain yang tidak kalah penting. Hal ini sebagai upaya agar pada nantinya, kita bisa mendapatkan kenyamanan saat mendiami rumah tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak memilih rumah kontrakan, khususnya jika rumah tersebut hendak digunakan sebagai tempat tinggal. Beberapa pertimbangan tersebut antara lain adalah :

1. Lingkungan
Lingkungan yang baik akan berdampak pada ketenangan kita saat mendiami sebuah rumah. Dengan demikian, kita perlu memperhatikan bagaimana lingkungan di sekitar rumah tersebut. Apakah lingkungan tersebut sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak.

Misalnya bagi mereka yang menyukai ketenangan, akan lebih baik memilih rumah di lokasi yang jarak antar rumah satu dengan rumah lainnya tidak terlalu rapat. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan ketenangan sesuai yang diinginkan.

Selain itu, hindari pula memilih rumah yang berada di kawasan peternakan atau juga tempat pembuangan sampah. Sebab pada saat tertentu, seperti ketika hujan, biasanya di kawasan tersebut akan terkena polusi bau dari tempat-tempat tersebut.

2. Ketersediaan air
Air merupakan salah satu kebutuhan hidup utama manusia. Tanpa air, maka kita tidak bisa hidup. Untuk itulah, kita perlu mengetahui mengenai bagaimana cara untuk bisa memperoleh air. Apakah menggunakan sumur atau harus berlangganan pada perusahaan penyedia air minum atau harus membeli pada pedagang keliling.

Baca Juga :  Berbagai Macam Usaha Sampingan

3. Akses jalan
Pilihlah rumah yang bisa dilalui oleh kendaraan. Hal ini dengan tujuan memudahkan kita saat hendak bepergian atau apabila ada tamu yang hendak berkunjung ke rumah. Selain itu, dengan memilih rumah yang memiliki akses jalan berarti kita bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan sehat.

4. Listrik
Di era modern seperti sekarang ini, kebutuhan listrik merupakan hal yang vital. Sebab, hampir semua peralatan rumah tangga pada saat ini membutuhkan listrik untuk pengoperasiannya. Untuk itu, pastikan bahwa rumah yang hendak Anda kontrak sudah dialiri oleh listrik.

Selain itu, periksalah kapasitas listrik di rumah tersebut, apakah mencukupi untuk kebutuhan peralatan rumah tangga Anda. Jangan sampai pada nantinya, kapasitas listrik di rumah tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan untuk mengoperasikan peralatan listrik Anda.

5. Status rumah
Meski pun Anda hanya ingin menyewa rumah tersebut, pastikan bahwa rumah yang hendak disewa bukan merupakan obyek sengketa atau sedang dalam masalah dengan sebuah instansi misalnya bank. Jika rumah tersebut dalam kondisi bermasalah, hindari untuk menyewa rumah tersebut.

Hal ini untuk menghindari timbulnya suatu permasalahan di tengah-tengah masa sewa yang Anda jalani. Karena bila ini terjadi, secara tidak langsung menyeret Anda terlibat dalam masalah yang sebenarnya tidak melibatkan Anda.

6. Fasilitas
Beberapa rumah yang dikontrakkan memberikan faasilitas kepada calon penyewa. Seperti perlengkapan rumah tangga misalnya meja, kursi atau juga tempat tidur. Namun ada pula rumah yang dikontrakkan dalam keadaan kosong tanpa ada perlengkapan. Untuk itulah, Anda perlu menanyakan kepada pemilik agar pada nantinya bisa mendapatkan kepastian.

7. Keamanan
Keamanan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab, dengan adanya keamanan maka kita bisa mendapatkan kenyamanan. Hal ini terutama bagi mereka yang sering meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Akan lebih baik, bila kita mengontrak rumah di kawasan perumahan, dimana biasanya di tempat tersebut disediakan fasilitas jasa pengamanan oleh petugas keamanan.

Baca Juga :  Biro Jasa, Peluang Usaha Minim Modal

Namun, bagi mereka yang tinggal di pemukiman luar perumahan, untuk masalah keamanan ini bisa didapatkan dengan cara melakukan pendekatan yang baik dengan tetangga. Sehingga pada nantinya, mereka bisa turut membantu memberikan informasi mengenai masalah keamanan dan menjaga kediaman kita jika harus ditinggal dalam kondisi kosong.

8. Sanitasi
Sanitasi merupakan hal yang nampaknya sepele namun memiliki dampak besar. Sebab, dengan sanitasi yang baik akan mendukung terciptanya kesehatan bagi manusia yang mendiami rumah tersebut.

Dari semua kondisi diatas, Anda bisa memilih prioritas mana yang perlu diutamakan disesuaikan dengan kebutuhan Anda memilih rumah kontrakan. Apabila pada nantinya semua hal tersebut bisa memberikan manfaat, kiranya nilai uang sewa rumah tidak lagi menjadi sebuah hal yang mutlak menjadi penentu untuk memilih rumah kontrakan.

Laman: 1 2 3 4


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top