Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Prospek Bisnis Game Online

Prospek Bisnis Game Online

Bisnis Jasa

Prospek Bisnis Game Online

Dalam beberapa tahun belakangan ini, bisnis game online merambah pasar bisnis Indonesia. Sebagai salah satu negara pengguna internet terbesar di dunia, wajar jika Indonesia dilirik sebagai kawasan bisnis yang menjanjikan, khususnya untuk mengembangankan bisnis permainan yang dimainkan secara online.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII, pada tahun 2013 ini, ada sekitar 82 pengguna internet dalam negeri. Penggunanya datang dari berbagai kalangan seperti pelaku bisnis, pelajar/mahasiswa, masyarakat umum, baik dewasa, remaja, maupun anak-anak, serta di beberapa hal kebutuhan internet menjadi kebutuhan ‘wajib’ untuk beberapa kalangan yang memang mempunyai mobilitas browsing tingkat tinggi.

Dalam kajian selanjutnya didapat fenomena bisnis yang menjanjikan di bidang jasa internet. Warung-warung internet (Warnet) bermunculan memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk sekadar browsing atau memainkan game online yang saat ini banyak digandrungi oleh para kaula muda.

Seiring dengan pekembangan bisnis yang menjanjikan ini, terdapat beberapa kendala yang dihadapi para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis permainan online ini, di antaranya adalah jaringan internet di Indonesia yang masih tergolong lambat.

Bila dibanding dengan kecepatan jaringan internet di negara-negara Asia Tenggara lainnya, kecepatan internet di Indonesia jauh berbeda dengan kecepatan jaringan internet di Singapura, yaitu 39.44 Mbps.

Bahkan, Indonesia hanya mampu berada di atas kecepatan jaringan internet di Negara Myanmar, negara yang tergolong baru dalam akses jaringan dunia maya ini.

Kelambatan jaringan internet di Indonesia diakui menjadi salah satu kendala dalam mengembangkan bisnis warnet. Meskipun begitu, dengan kondisi seperti ini, para pengguna internet merasa terganggu ketika menjalankan aplikasi maupun konten yang dibutuhkan. Imbasnya, bisnis warnet akan ditinggalkan konsumen yang tidak sabar karena ‘leletnya’ akses yang akan ia tuju.

Baca Juga :  Mengelola Bisnis Event Organizer Jakarta

Problem ini secara khusus dirasakan sekali oleh para pengguna game online. Para Gamers (sebutan untuk orang-orang yang menggunakan game online), merasa dirugikan akibat kelambatan jaringan internet di Indonesia. Hal ini menyebabkan banyak permainan online yang sewaktu dimainkan mengalami gangguan (DC), gambarnya kurang bagus, dan berbagai kendala lain yang sangat mengganggu para Gamers.

Kendati demikian, menurut laporan International Data Corporation (IDC), sekitar 16 juta atau 20% dari jumlah pengguna internet di Indonesia merupakan para Gamers dengan pertumbuhan yang setiap tahunnya mencapai 30%.

Bisnis game online dapat meraup keuntungan mencapai 150 juta dollar atau setara dengan Rp 1,45 triliun dari pendapatan dalam negeri. Sebuah pendapatan yang fantastis, mengingat jaringan internet dalam negeri yang masih lambat. Diharapakan kedepannya, akses penggunaan internet akan bertambah kecepatannya serta bisnis internet berkembang pesat.

Nah, masih tergiur untuk menjalankan bisnis game online? Kebetulan sekali, penulis merupakan salah satu pemilik jasa warnet. Berikut tips-tips yang akan penulis bagikan kepada Anda yang berkeinginan membuka jasa jaringan internet di Indonesia.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top