Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Proposal Cuci Mobil dan Studi Kelayakan

Proposal Cuci Mobil

Bisnis Cuci Mobil dan Motor

Proposal Cuci Mobil dan Studi Kelayakan

Sebagian besar bisnis berawal dari rencana yang dituangkan dalam bentuk proposal. Termasuk juga proposal cuci mobil. Bagi Anda para pengusaha atau calon pengusaha, proposal ini adalah awal dari usaha Anda.

Bagi Anda yang ingin terjun dan menekuni bisnis cuci mobil, ada baiknya mulai sekarang menyusun proposal yang bisa digunakan untuk kerjasama, pinjaman modal atau kredit. Kenapa harus memulainya dengan proposal bisnis? Dalam manajemen bisnis, proposal adalah sarana untuk mengawali sebuah bisnis dengan gagasan yang bukan diawang-awang, tetapi dituangkan dalam sebuah rencana bisnis tertulis yang sistematis atau runut.

Ada sebagian bisnis yang dijalankan tidak menggunakan proposal terlebih dahulu. Mereka hanya mengandalkan felling atau pengetahuan berdasarkan pengalaman dan prediksi. Hasilnya, ada yang sukses, namun banyak juga bisnis mereka yang bubar, merugi dan gulung tikar.

 


Langkah-Langkah Pembuatan Proposal Cuci Mobil


Alangkah baiknya Anda mengawali dengan sebuah proposal, dalam hal ini adalah proposal cuci mobil. Contoh proposal secara garis besar adalah sebagai berikut:

Profil Usaha

Dalam membuat proposal bisnis yang Anda buat, cantumkan profil usaha Anda. Mencakup nama usaha, kenapa memilih nama itu. Begitu juga, sebutkan layanan-layanan yang Anda berikan beserta keunggulan dari usaha Anda yang tidak dimiliki oleh usaha lain yang sejenis.

Lokasi

Tempat dimana nantinya usaha Anda itu akan beroperasi. Mengingat bisnis Anda adalah bisnis cuci mobil, usahakan yang berdekatan dengan jalan. Sehingga memudahkan para pengguna jasa Anda tidak kesulitan dalam menemukan lokasi tempat perusahaan cuci mobil beroperasi atau memberikan layanan-layanan terbaiknya.

SDM

Mencakup berapa orang yang akan mengelola usaha Anda. Usahakan orang-orang ini bekerja benar-benar sesuai dengan kemampuan dan kompetensi mereka atas sesuatu. Dengan demikian, mereka nanti bisa diandalkan dalam bekerja dan usaha Anda bisa mendapatkan apresiasi atau pujian dari pengguna jasa perusahaan Anda.

Baca Juga :  Mengintip Usaha Cuci Motor dan Mobil

Pembagian Keuntungan

Jika Anda menggunakan modal sendiri, keuntungan sepenuh menjadi milik Anda. Jika Anda bekerjasama dengan investor atau penanam modal, maka dalam proposal bisnis ini cantumkan secara jelas berapa pembagian keuntungan atau bagi hasil usaha. Bisa 50-50 atau 60-40, sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah pihak.

Download Proposal Cuci Mobil

Demikian contoh proposal bisnis ini, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Sukses selalu.


Kategori Bisnis Cuci Mobil dan Motor

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top