Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Seluk-beluk Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional

Bisnis Jasa

Seluk-beluk Perdagangan Internasional


Kelebihan dan Kekurangan Perdagangan Internasional


Keuntungan dari diadakannya perdagangan internasional tentu saja dirasakan baik oleh penjual maupun pembeli, importir dan eksportir. Bagi importir, mereka dimudahkan mendapatkan barang yang diinginkan, sedangkan eksportir dimudahkan dalam mendapatkan pasar.

Selain itu, ada beberapa keuntungan lain dari dilakukannya perdagangan internasional :

  • Persahabatan antarnegara menjadi semakin erat. Semakin intensnya kerjasama ekonomi antar dua negara, maka semakin memperkuat hubungan simbiosis mutualisme atau saling membutuhkan antar kedua belah pihak.
  • Kemakmuran negara meningkat. Perdagangan internasional dapat meningkatkan pendapatan suatu negara, karena jika dalam pasar domestik terjadi kelebihan barang, maka dapat dijual kepada negara yang membutuhkannya. Semakin tinggi daya jual, maka semakin besar pula pendapatan yang diterima suatu negara, sehingga dapat memakmurkan rakyatnya.
  • Kesempatan kerja semakin luas. Banyaknya permintaan akan produk barang dan jasa dari luar negeri, membutuhkan banyak tenaga kerja. Hal ini mengakibatkan lapangan pekerjaan semakin luas, serta mengurangi jumlah pengangguran.
  • Semakin majunya ilmu pengetahuan yang mendukung teknologi. Banyaknya persaingan dari negara importir lainnya, menuntut pelaku ekonomi memproduksi barang yang berkualitas. Untuk itu, kemajuan dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan, agar produk domestik dapat bersaing dengan negara lain.
  • Tercipta spesialisasi dan efisiensi produk negara yang memproduksi barang-barang tertentu, akan meningkatkan efisiensi produksi. Pelaku industri ekonomi hanya fokus pada produk tertentu, sehingga kualitasnya terjaga dan pangsa pasarnya sudah tersedia.

Ibarat dua sisi mata uang, perdagangan internasional juga menimbulkan dampak negatif pada suatu negara. Berikut di antaranya:

  • Suatu negara akan sangat bergantung pada negara lain.
  • Menimbulkan persaingan tidak sehat dalam perdagangan internasional.
  • Masyarakat menjadi lebih konsumtif.
  • Memunculkan bentuk ‘penjajahan’ dalam bidang ekonomi oleh negara maju.
Baca Juga :  Peluang Usaha Reparasi Sepatu

Penyebab Perdagangan Internasional Terhambat


Hambatan atau masalah dalam melakukan perdagangan internasional berasal dari internal maupun eksternal. Secara detail hambatan-hambatannya adalah sebagai berikut:

  • Kondisi keamanan di dalam negeri. Semakin aman suatu negara, maka semakin menarik minat pihak luar untuk melakukan investasi di dalam negeri.
  • Regulasi pemerintah dalam bidang ekonomi internasional. Kebijakan pemerintah seperti membatasi jumlah import, tingginya pajak import dan eksport, hingga perizinan yang berbelit-belit, menghambat kelancaran perdagangan internasional.
  • Kurs mata uang yang tidak stabil. Nilai mata uang suatu negara yang tidak stabil, mengakibatkan para eksportir maupun importir menjadi kebingungan menentukan atau menawar harga suatu barang. Kesulitan ini akan mengakibatkan keengganan pedagang internasional untuk melakukan kegiatan eksport dan import.
  • Melakukan perdagangan internasional merupakan keniscayaan yang tidak bisa dihindari oleh negara manapun. Namun, bukan berarti dengan alasan kerjasama ekonomi internasional, hal ini justru merugikan pelaku ekonomi kecil di dalam negeri.

Lihatlah betapa ironinya negara Indonesa, bangsa yang dapat memproduksi beras, garam, buah-buahan, bahkan singkong sekalipun ternyata masih harus import dari negara lain. Untuk itu, ditunggu keberanian dan kemauan dari pemerintah, agar membuat kebijakan perdagangan internasional yang lebih visioner dan pro kepada rakyat.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top