Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Seluk-beluk Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional

Bisnis Jasa

Seluk-beluk Perdagangan Internasional

Setiap negara di dunia memiliki kekayaan atau potensi alam yang berbeda-beda. Untuk memenuhi kebutuhan domestik yang tidak terpenuhi karena ketiadaan sumber daya alam di negara tersebut, maka dilakukanlah kerjasama dengan negara-negara lain. Kegiatan kerjasama ekonomi antar penduduk suatu negara dengan negara lain disebut perdagangan internasional.

Definisi perdagangan internasional yaitu perdagangan yang dilakukan penduduk suatu negara dengan penduduk dari negara lain berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Di berbagai negara, perdagangan ini menjadi faktor utama untuk meningkatkan GDP.

Perdagangan international dilakukan baik antara negara maju dengan negara berkembang, sesama negara maju, ataupun sebaliknya. Antara pemerintah dengan pemerintah negara lain, pemerintah suatu negara dengan perseorangan.

Misalnya, Negara Indonesia belum mampu memproduksi pesawat tempur dengan standart internasional, maka dilakukanlah perjanjian perdagangan internasional dengan negara-negara maju yang sudah mampu melakukannya.

Tidak ada satupun negara di dunia ini yang tidak melakukan perdagangan internasional, meskipun negara tersebut terkena status embargo ekonomi. Negara Kuba yang dikucilkan dari kancah perekonomian dunia tetap melakukan transaksi jual beli dengan negara tetangganya, karena memiliki sumber daya alam yang dibutuhkan negara lain. Bahkan, negara maju sekalipun akan melakukan perdagangan internasional dengan negara lain.

Pada banyak negara, perdagangan internasional dapat meningkatkan GDP atau Gross Dometic Product. GDP atau dalam bahasa Indonesia disebut produk domestik bruto adalah nilai pasar suatu produk barang dan jasa dalam suatu negara untuk periode tertentu, biasanya selama satu tahun. Semakin tinggi PDB, maka semakin besar nilai pendapatan nasional suatu negara.

Jika melihat sejarahnya, perdagangan internasional sudah dilakukan ribuan tahun lalu. Tapi, dampak terhadap kepentingan ekonomi, kepentingan sosial, dan kepentingan politik baru dapat dirasakan beberapa abad lalu.

Baca Juga :  Teknik dan Cara Budidaya Jamur Kuping

Perdagangan internasional ternyata juga membawa dampak terhadap sektor-sektor lainnya, seperti mendorong industrialisasi, mempengaruhi kemajuan di bidang transportasi, globalisasi, serta lahirnya perusahaan multinasional.

Perdagangan internasional bisa dikatakan kompleks dan berbelit-belit jika dibandingkan penyelenggaraan perdagangan di dalam negeri. Hal ini disebabkan oleh batas-batas politik serta kenegaraan yang akhirnya sedikit menghambat transaksi perdagangan, misalnya adanya bea, tarif, dan jatah barang impor.


Tata Cara Pembayaran pada Perdagangan Internasional


Tiap negara memiliki nilai mata uang yang berbeda satu dengan lainnya. Agar pada saat transaksi perdagangan internasional tidak terjadi masalah, maka pihak yang terlibat sebagai pembeli membutuhkan mata uang asing atau valuta asing (valas).

Kebutuhan akan mata uang asing dapat teratasi dengan adanya lembaga yang khusus memperjualbelikan valuta asing. Lembaga tersebut adalah bursa valuta asing.

Bursa valuta asing dilakukan oleh bank-bank pemerintah, bank swasta, atau bank swasta asing yang khusus memperjualbelikan mata uang asing. Beberapa tahun yang lalu, Eropa sudah menggunakan nilai mata uang Euro khusus bagi negara-negara anggota Uni Eropa.

Hal ini dimaksudkan tidak hanya untuk memudahkan transaksi perdagangan internasional antar negara-negara Eropa, namun juga membangun kekuatan ekonomi baru di dunia.

Ambisi yang sama juga coba diwujudkan oleh negara-negara di Asia Tenggara atau yang tergabung dalam ASEAN. Meskipun masih dalam wacana, namun bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan akan terwujud perdagangan internasional tersebut.


Asal Mula Timbulnya Perdagangan Internasional


Walaupun telah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu, dampak perdagangan internasional terhadap perkembangan ekonomi, politik, sosial dan budaya suatu negara baru terasa berabad-abad kemudian. Ada beberapa teori yang menjelaskan sebab-sebab munculnya perdagangan internasional.

Menurut Adam Smith, suatu negara dapat dikatakan mempunyai keunggulan mutlak dibanding negara lain, jika negara tersebut mampu memproduksi barang serta jasa yang tidak mampu diisediakan negara lain. Teori ini kemudian disebut dengan istilah Theory of Absolute Advantage atau teori keunggulan mutlak.

Baca Juga :  Bisnis IT yang Cerdas

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top