Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Teknik Pembuatan Minyak Kelapa dan Penanganan Pascaproduksinya

Teknik Pembuatan Minyak Kelapa dan Penanganan Pascaproduksinya

Tips Wirausaha

Teknik Pembuatan Minyak Kelapa dan Penanganan Pascaproduksinya

Minyak kelapa atau minyak goreng adalah salah satu kebutuhan untuk memasak yang sulit untuk ditinggalkan. Minyak goreng mampu membuat makanan menjadi lezat rasanya. Pada saat ini, harga minyak goreng sedang melambung tinggi, hal ini disebabkan permintaan akan minyak terus bertambah, sedangkan produksi minyak mengalami penurunan. Pembuatan Minyak kelapa

Mengatasi kelangkaan tersebut, alangkah baiknya kita membuat minyak sendiri. Selain bahan, alat, dan cara pembuatannya mudah, minyak kelapa mempunyai manfaat yang baik bagi kita, apalagi jika kita mengusahakannya bukan hanya untuk dikonsumsi sendiri, namun juga untuk dijual.

Pengolahan minyak dapat dilakukan oleh perorangan maupun kelompok. Pada umumnya minyak goreng dibuat oleh penduduk daerah pedesaan yang merupakan tempat beradanya bahan baku utama.

 


Teknik Pembuatan Minyak Kelapa Biasa


Pengolahan minyak goreng biasa banyak diterapkan dalam industri skala rumah tangga atau skala kecil. Dalam pengolahannya dibagi menjadi dua, yaitu cara tradisional dan cara modern.

1. Cara Tradisional
Pengolahan secara tradisional dilakukan dengan menggunakan daging buah kelapa sdegar, yaitu daging kelapa yang baru dilepas dari tempurungnya. Cara ini banyak digunakan oleh penduduk desa. Pemrosesannya dimulai dari pengambilan santan sampai pada proses fermentasi. Cara lain yaitu dengan memasaknya langsung.

2. Cara Modern
Pengolahan secara modern dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan kelapa yang sudah dikeringkan atau kopra dan kelapa segar. Cara modern ini membutuhkan waktu, peralatan, dan tenaga yang lebih banyak daripada pembuatan dengan cara tradisional.

Pengolahan dengan menggunakan kelapa segar, caranya hampir sama dengan cara pembuatan tradisional, perbedaannya hanya terletak pada penggunaan minyak pancing. Adapun pengolahan minyak dengan menggunakan kopra lebih banyak digunakan dalam industri menengah dan industri besar.

Baca Juga :  Mencari Bisnis yang Menguntungkan

 


Teknik Pembuatan Minyak Kelapa Murni


Teknik pembuatan minyak kelapa murni dibagi menjadi dua, yaitucara tradisional dan modern. Berikut ini adalah penjelasan tentang kedua cara tersebut.

1. Cara Tradisional
Pengolahan minyak dengan cara tradisional dilakukan dengan proses fermentasi santan selama kurang lebih 12 jam sehingga santan akan terpisah sesuai dengan tingkat kadar kekentalannya. Lapisan yang timbul terdiri atas tiga lapisan. Lapisan yang digunakan untuk membuat minyak adalah lapisan paling atas yang disebut krim.

Lapisan krim ini kemudian dimasak sampai keluar blondo yang berwarna cokelat. Blondo ini kemudian bercampur dengan minyak yang masih berwarna kuning kecoklatan. Supaya minyak yang diperoleh berwarna kuning bening, perlu dilakukan dua kali pemanasan.

2. Cara Modern
Membuat minyak kelapa murni dengan cara modern, langkahnya hampir sama dengan membuat minyak murni secara tradisional. Letak perbedaannya yaitu pada cara modern menggunakan minyak pancing. Dari dua teknik pembuatan minyak di atas terdapat perbedaan hasil yang diperoleh.

Pada teknik pembuatan minyak goreng biasa, minyak yang dihasilkan agak kuning kecoklatan, sedangkan pada pembuatan minyak goreng murni, minyak yang dihasilkan lebih bening karena dilakukan dua kali pemanasan dan penyaringan.

Nah, setelah mengetahui cara pembuatan minyak goreng, baik pembuatan secara tradisional maupun modern, kini saatnya penulis memberikan informasi tambahan tentang bagaimana cara penanganan minyak goreng pascaproduksinya. Anda penasaran, bukan? Berikut adalah paparannya.

Laman: 1 2 3


Kategori Tips Wirausaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top