Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tips Memilih Kursus Pembuatan Kerajinan Tangan

Pembuatan Kerajinan Tangan

Bisnis Kerajinan Tangan

Tips Memilih Kursus Pembuatan Kerajinan Tangan

Bisnis kerajinan tangan ternyata sangat prospektif. Selain bahan bakunya yang sangat melimpah dan murah, pasarnya juga terbuka lebar. Baik untuk pasar domestik maupun untuk pasar ekspor. Apalagi pembuatan kerajinan tangan relatif mudah dilakukan dan desainnya sangat terbuka dan fleksibel terhadap daya kreasi.


Trend Kursus


Besarnya peluang bisnis pembuatan kerajinan tangan mendorong orang untuk membuka tempat kursus. Di sejumlah kota besar, lembaga maupun tempat kursus bahkan sering dibanjiri peserta yang berminat terjun ke dalam bisnis ini. Bahkan tak jarang penyelenggara kursus membagi waktu kursus ke dalam beberapa shift atau kelas karena besarnya minat peserta.

Untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan membuat kerajinan tangan, tak sedikit orang yang rela merogoh kocek untuk mengikuti kursus pada ahlinya. Orang-orang yang mengikuti kursus ini biasanya karena beberapa hal, yaitu sebagai berikut :

  • Tertarik pada jenis kerajinan yang ditawarkan.
  • Trend. Ada masa di mana orang-orang begitu antusias mengikuti kursus tertentu, seperti membuat keramik, membatik, membuat miniatur benda, paper clay, dan sebagainya. Rasanya kuno dan sangat ketinggalan zaman jika tidak mengikuti kursus seperti ini.
  • Melihat tayangan di televisi. Televisi sering mengangkat profil individu yang berhasil mengembangkan kerajinan tangan tertentu. Dengan menampilkan hasil kerajinan tangan yang bagus-bagus ditambah lagi dengan kisah sukses pengrajinnya. Tak sedikit penonton televisi yang tergerak untuk melakukan hal yang sama. Salah satu jalannya adalah dengan mencari dan bergabung dengan kursus yang mengajarkan jenis kerajinan tangan tersebut.
  • Peluang Usaha. Sebagian orang mengikuti kursus ini karena melihat adanya peluang usaha yang cerah di bidang kerajinan tangan.

Yang menarik, kursus atau tempat pelatihan pembuatan kerajinan tangan ini bukan hanya diselenggarakan oleh pengusaha kerajinan. Tak jarang pula muncul lembaga kursus baru yang dibentuk dengan mengundang pengusaha kerajinan sebagai instruktur. Bahkan ada beberapa tabloid bisnis yang turut ikut-ikutan dengan menyelenggarakan kursus singkat kerajinan tangan.

Baca Juga :  4 Dukungan Sebelum Membuka Toko Alat Listrik Jadi Maju

Jika kita sendiri tak memiliki keterampilan yang mumpuni di bidang kerajinan tangan tertentu, bukan berarti kita tak dapat mendirikan tempat kursus membuat kerajinan tangan. Kita dapat merekrut orang yang memiliki keterampilan praktis di bidang ini.

Namun, akan lebih baik jika kita sendiri memiliki minat terhadap seni kerajinan tangan ini dan mampu mampu membuat kerajinan tangan, meskipun hanya berupa keterampilan standar. Usaha yang dilakukan dengan berlandaskan rasa cinta dan minat akan lebih langgeng dari pada yang hanya sekadar ikut-ikutan. Kita dapat memilih kursus yang akan kita jalankan ini berdasarkan berikut ini.

  1. Ketersediaan tenaga pengajar.
  2. Minat peserta kursus. Beberapa kursus mengembangkan kelas kerajinan tangan tertentu berdasarkan permintaan peserta kursus.
  3. Adanya pasar potensial.
  4. Minat dan keterampilan kita selaku pemilik tempat kursus.
  5. Tren yang diminati masyarakat.

Beberapa jenis kursus yang banyak diminati peserta di antaranya adalah pembuatan produk dari perca dan quilting, pembuatan lilin hias, pembuatan produk dari kertas daur ulang, serta pembuatan berbagai produk interior lainnya.


Bagian Investasi


Banyaknya lembaga atau tempat kursus pembuatan kerajinan tangan tentu menguntungkan bagi calon peserta karena memiliki alternatif lebih banyak untuk memilih. Berikut beberapa tips dalam memilih lembaga atau tempat kursus kerajinan tangan.

  • Sebelumnya kenali terlebih dahulu minat Anda terhadap suatu kerajinan tangan. Produk ini membutuhkan ketelatenan dan ketekunan, juga menuntut kreativitas. Kalau Anda tidak merasa cocok, sebaiknya hindari saja dan pilih kursus lainnya yang sesuai.
  • Lakukan survai secara sambil terhadap tempat-tempat kursus yang ada. Pilih tempat atau lembaga kursus yang diadakan oleh pengusaha kerajinan, dan hindari tempat kursus yang diselenggarakan lembaga kursus. Kursus yang diadakan pengusaha kerajinan tentu lebih kreatif dalam menularkan desain maupun cara pembuatannya. Selain itu, pengusaha ini biasanya bersedia menampung atau membuka jaringan pasarnya bagi peserta kursus.
  • Sesuaikan biaya kursus dengan kemampuan keuangan Anda. Namun, karena kursus yang Anda ikuti merupakan tahapan menjadi pengusaha, sebaiknya jadikan biaya sebagai investasi masa depan. Tak masalah agak lebih mahal biayanya asalkan mendapatkan ilmu yang Anda butuhkan.
  • Saat mengikuti kursus, jangan sia-siakan kesempatan untuk menggali dan mendapatkan semua informasi apapun yang Anda butuhkan dalam membuat kerajinan tangan. Jangan sungkan bertanya apabila ada yang kurang Anda pahami. Termasuk menyangkut selera pasar karena biasanya instruktur yang juga pengusaha kerajinan akan lebih paham.
  • Selalu buat komunikasi dengan peserta kursus lainnya maupun dengan penyelenggara kursus meskipun kursus telah selesai. Ini akan bermanfaat saat Anda mengalami kesulitan mendapatkan bahan baku, desain, pemasaran, maupun informasi bisnis kerajinan lainnya. Kalau perlu minta garansi konsultasi gratis seumur hidup kepada tempat kursus.
Baca Juga :  Agen Model: Agency

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Kerajinan Tangan

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top