Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Tips Praktis Pembuatan Jamur Merang

Pembuatan Jamur Merang

Bisnis Budidaya Jamur

Tips Praktis Pembuatan Jamur Merang

Belakangan bisnis jamur merang mulai digemari masyarakat. Tren bisnis jamur merang ini terutama didorong sifat bidang ini yang tidak membutuhkan modal yang besar dan banyaknya permintaan pasar yang belum mampu dipenuhi. Yang juga tak kalah menaiknya adalah pembuatan jamur merang mudah dilakukan dan cepat pula masa panennya.

Untuk menghasilkan jamur merang, kita harus menyediakan kumbung atau ruang untuk budidaya. Ruang kumbung ini dapat menggunakan ruang yang ada di sekitar rumah atau dengan menyewa lahan.

Ukurannya juga bisa disesuaikan, namun umumnya luas satu kumbung sekitar 6 x 4 meter persegi. Kemudian buat penyangga setidaknya 50 cm dari atas tanah, dimana di atasnya dapat diletakkan satu atau dua larikan untuk tempat budidaya jamur merang.

Setelah itu, kumbung dilapis dengan plastik polyetilin secara menyeluruh, baik bagian atas atau atap maupun seluruh bagian samping. Hal ini penting untuk mencegah agar bakteri ataupun serangga pengganggu tidak dapat masuk kumbung.

Sehingga pembuatan jamur merang akan membuahkan hasil yang berkualitas. Sedangkan untuk mempertahankan suhu dan kelembaban kumbung, buat lapisan luarnya dengan tembok, bambu anyaman, ataupun stereofoam


Media Tanam Pembuatan Jamur Merang


Untuk media tanamnya, dapat menggunakan berbagai macam jenis, seperti jerami, enceng gondok, batang jagung, kelaras atau gedebog pisang, maupun kapas afkiran yang murah. Campurkan salah satu media tanam itu dengan bahan-bahan lainnya untuk dijadikan kompos. Bahan campurannya meliputi kapur dan dedak.

Setelah media tanam tercampur dan siap, lalu letakkan ke dalam larikan di kumbung yang telah disiapkan. Buat dalam bentuk gundukan memanjang dengan tinggi puncak sekitar 40 cm. Setelah itu biarkan kompos jerami dasar ini selama sekitar 10 hari. Jangan lupa lapisi bagian atasnya dengan kompos campuran kapas afkiran sekitar setengah sentimeter.

Baca Juga :  Bisnis Reparasi Mesin Cuci

Setelah didiamkan, bersihkan seluruh areal kumbung sebelum ditanami, terutama lantai dasarnya agar bebas dari bakteri. Lakukan pasteurisasi atau sterilisasi dengan menyetem gundukan kompos yang akan ditanami. Sertakan semua peralatan penanaman saat sterilisasi. Pasteurisasi dilakukan pada suhu sekitar 70 derajat celcius selama sekitar 5 jam. Setelah itu biarkan kumbung selama 1 hari sebelum ditanami bibit.


Penanaman dan Pertumbuhan


Untuk pembuatan jamur merang, bibit jamur merang dapat diperoleh di toko pertanian maupun di dinas pertanian setempat. Taburkan bibit jamur secara merata hingga dua pertiga gundukan dalam larikan. Lakukan penebaran ini saat sore hari agar tidak terlalu panas. Usahakan pH media netral. Setelah 3 atau 4 hari sejak tanam akan mulai tumbuh miselium.

Untuk menghasilkan hasil yang berkualitas, dalam pembuatan jamur merang ini harus selalu diamati pertumbuhannya. Lakukan penyiraman sekitar 3 atau 4 hari sekali sejak tumbuh miselium dan lakukan pada siang hari. Setiap pagi buka jendela kumbung sekitar 15 hingga 30 menit untuk menjaga suhu dan kelembaban ruangan sekitar 34 hingga 36 derajat Celsius.

Setelah berumur 8 hingga 14 hari, jamur merang siap di panen. Usahakan jangan memanen bila bentuk jamur masih memperlihatkan adanya tonjolan. Jamur yang siap panen dan berkualitas bentuknya bulat rata seperti telur. Perhatikan juga saat pemotongan agar tidak mencabut hingga ke akarnya. Sisanya sedikit agar media tidak rusak.pembuatan jamur merang media kardus budidaya jerami tanpa pasteurisasi sederhana dengan serbuk gergaji pdf alami cara membuat secara ampas aren tebu di untuk pemula kayu rumah bermanfaat ikut mencukupi kebutuhan zat bagi baglog bibit bonggol jagung dalam f0 f1 goreng hitam hasil melimpah kapas kumbung krispi lengkap lahan sempit limbah sawit tandan modern tankos organik onggok putih ppt paling praktis mudah pakai rumahan skala tangga kecil super tradisional simpel terbaru sterilisasi video youtube yang benar yg baik


Kategori Bisnis Budidaya Jamur

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top