Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Pintar Mengelola Pemasaran Jasa

Pemasaran Jasa

Bisnis Jasa

Pintar Mengelola Pemasaran Jasa

Bisnis pemasaran jasa tidak sama dengan pemasaran produk. Ketika memasarkan sebuah barang retail, Anda menjual sebuah produk yang nyata, bisa dilihat, dipegang dan digunakan. Konsumen bisa memeroleh informasi dan mengevaluasi produk berdasarkan pada apa yang mereka lihat. Pemasaran sebuah produk berfokus untuk mendapatkan item untuk orang sebanyak mungkin.

Anda bisa menjual dan mengirimkan produk ke berbagai wilayah geografi, karena memungkinkan untuk penanganan secara fisik. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang luas dirancang untuk menjangkau khalayak banyak seperti teknik pasar massal, promosi di dalam toko, dan pekerjaan surat langung bagus untuk bisnis berbasis produk.

Dalam bisnis jasa, Anda memasarkan diri sendiri- keahlian dan kemampuan, keandalan, dan komitmen terhadap layanan prima. Jasa Anda secara teknis tidak ada sampai konsumen membayarnya. Jasa bukan benda nyata, sehingga apa yang Anda jual adalah janji untuk mengantarkan apa yang Anda tetapkan. Usaha pemasaran jasa Anda akan lebih berfokus pada proses komunikasi yang menjanjikan pada klien Anda.

Menjual jasa lebih sulit dibandingkan dengan menjual produk nyata. Konsumennya sangat kecil ketika mereka membeli sebuah jasa, karena apa yang mereka beli hanyalah janji seseorang yang akan melakukan sesuatu untuk mereka melalui sebuah cara yang akan memuaskan harapan mereka.


Karakteristik Pemasaran Jasa


Secara umum di dalam pemasaran jasa, memliki karakteristik yang khas. Hal ini terkait dengan produk yang dipasarkan dalam bisnis ini. Ada beberapa karakteristik dari jasa yang menjadi pembeda dari produk nyata. Beberapa karakteristik tersebut diantaranya adalah :

Tidak Berwujud
Tidak sebagaimana produk nyata, produk jasa tidak bisa dilihat dan diraba. Namun, manfaat dari produk ini bisa dirasakan. Selain itu, untuk bisa menikmati hasil jasa ini harus melalui pengorbanan yaitu dengan cara membelinya.

Baca Juga :  9 Kebohongan MLM yang Menyesatkan

Biasanya, guna menghindarkan kekecewaan serta ketidakpastian, seorang pembeli akan mencari informasi yang mendalam mengenai produk jasa ini. Baik dari sisi kualitas maupun dari sisi manfaat yang bisa dirasakan oleh calon konsumen.

Tidak Bisa Dipisahkan
Dalam produk jasa, proses yang terjadi berbeda dengan produk barang nyata. Jika pada produk nyata, proses antara pemroduksian dan pengkonsumsian barang bisa terjadi secara terpisah. Seperti produk yang dibuat di pabrik, dan digunakan konsumen di rumah.

Sementara untuk produk jasa, kedua proses tersebut harus berjalan bersama-sama, dimana produksi dan kosumsi akan dilakukan serempak. Seperti pada saat kita menikmati jasa pijat, dimana produsen jasa yaitu pemijat, akan memproduksi jasanya langsung pada konsumen pada saat proses pemijatan berlangsung.

Bervariasi
Produk jasa tidak bisa dibuat secara massal. Sehingga setiap produk yang dihasilkan akan bersifat customize, yaitu ditentukan pada siapa, waktu pelaksanaan serta lokasi proses jasa tersebut diberikan. Meski sebagai pedoman ada standar baku proses, namun dalam penciptaan produk, sebuah jasa akan bersifat berbeda satu sama lainnya.

Contohnya adalah ketika kita menggunakan jasa taksi, maka ada produk proses standar pelayanan dari sopir yaitu pengucapan salam, sikap ramah dan juga menyapa konsumen. Namun dalam pelaksanaan di lapangan, ketiga hal tersebut bisa disampaikan dengan cara yang berbeda-beda disesuaikan kondisi yang dihadapi.


Implikasi Pemasaran Jasa


Dalam sebuah proses pemasaran jasa, seorang pemasar memiliki tugas yang sangat berat dalam menciptakan loyalitas pelanggan. Sebab, proses kepuasan pelanggan ini sangat bergantung pada pelayanan yang diberikan oleh seorang pemasar kepada konsumen. Dan bukan sekedar ditentukan pada produk yang dinikmati, sebagaimana yang ada pada pemasaran untuk produk nyata atau fisik.

Baca Juga :  Tarif JNE

Di sini yang perlu dilakukan seorang pemasar adalah mengenali nilai pelanggan. Dengan mengenali nilai pelanggan secara tepat, maka pemasar akan bisa mendapatkan loyalitas tersebut. Nilai pelanggan sendiri didefinisikan sebagai ragam kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh seorang konsumen. Disinilah tugas seorang pemasar dalam menemukan nilai pelanggan tersebut dan mengisi kekosongan nilai tersebu menggunakan produk yang mereka tawarkan.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top