Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Peluang Usaha Toko Buku Bekas

Peluang Usaha Toko Buku Bekas

Peluang Usaha

Peluang Usaha Toko Buku Bekas

Apa Anda pernah mencoba membeli buku di toko buku bekas? Mungkin sebagian orang akan menjawab dengan cukup menggelengkan kepala. Dan sebagian yang lain justru mengerutkan kening saat diajukan pertanyaan seperti itu. Bahkan mungkin memberi jawaban dengan suara yang menunjukkan keheranan atau bahkan meremehkan.


Toko Buku Bekas


Bagaimana halnya dengan usaha toko buku bekas? Apakah berjualan atau berbisnis usaha jual-beli buku bekas masih cukup berpeluang?

Beberapa tahun lalu, usaha toko buku bekas mungkin masih identik dengan toko-toko sempit di kawasan Pasar Senen, Kwitang, dan Taman Ismail Marzuki (Jakarta), Titi Gantung (Medan), Palasari (Bandung), Taman Pintar (Yogyakarta), atau toko-toko serupa di berbagai kota lainnya.

Sekarang pun toko- toko buku bekas semacam ini masih ada. Tentu karena ada konsumennya. Jika tidak ada, pasti sudah gulung tikar sejak dulu. Namun faktanya, pelaku usaha toko buku bekas seperti ini masih ada, bahkan kian banyak.

Di beberapa sudut-sudut kios yang berjejalan di area-area kampus. Akan pasti dapat Anda temukan beberapa tempat usaha toko buku bekas. Apalagi apabila yang dijual adalah buku-buku yang benar-benar limited edition dan juga digunakan sebagai buku acuan mata kuliah tertentu.

Maka sudah pasti toko buku ini akan diserbu oleh para mahasiswa. Meskipun notabene merupakan toko buku yang menjual buku-buku bekas. Namun demikianlah kenyataan yang terjadi.

Di beberapa tempat toko atau kios buku bekas, kadangkala dilengkapi dengan fasilitas foto kopi. Sehingga bagi yang memang tidak ingin memiliki buku tersebut, atau tidak terlalu memerlukan keseluruhan isi buku tersebut.

Dapat saja hanya memphoto-copy sebagian isi buku bekas yang diperlukan saja. Sangat praktis bukan? Dan di sinilah dituntut kejelian dari kreatifitas para pengusaha toko dan kios buku bekas. Agar selalu dapat berinteraksi dan merespon kebutuhan para mahasiswa.

Baca Juga :  Ingin Usaha? Tidak Perlu Usaha Modal Jutaan

Tak hanya toko dan kios buku bekas yang berdiri secara fisik dan bisa kita datangi secara langsung. Toko buku-buku bekas pun kini gampang ditemui di dunia maya. Ya, toko buku online pun banyak yang menawarkan buku-buku bekas.


Peluang Usaha Toko Buku Bekas


Membuka usaha toko buku bekas? Mengapa tidak? Jika kita jeli mencari dan menilai suatu buku, kita bisa menemukan buku bekas berharga emas di tumpukan gerobak tukang loak.

Selain memperoleh dari tukang loak, buku-buku bekas yang akan kita jual di kios buku bekas milik kita dapat diperoleh dari perpustakaan (biasanya perpustakaan besar punya program penyiangan koleksi agar tak terlalu menumpuk), dari keluarga tokoh, cendikiawan, pecinta buku, dan sebagainya yang baru meninggal dunia.

Kadang pihak keluarga almarhum/almarhumah tak tahu harus melakukan apa dengan koleksi buku milik almarhum/almarhumah yang bejibun. Padahal, koleksi buku seorang penikmat buku bisa jadi merupakan harta karun yang sangat berharga.

Menjual buku bekas juga mempunyai tantangan tersendiri. Misalnya: kondisi buku yang sudah tak mulus bahkan rapuh, buku yang sudah berjamur, beberapa bagian terlepas, dan sebagainya. Sebaiknya kita:

  • Mampu memperbaiki tampilan fisik buku bekas itu, atau setidaknya mengupayakan agar kerusakannya tak semakin parah.
  • Memisahkan buku berdasarkan kondisinya. Jauhkan buku yang kondisinya masih bagus dari buku yang berjamur agar tak ikut terkena jamur.
  • Memisahkan buku kuno yang lembaran kertasnya sudah rapuh agar tak mudah rusak karena keteledoran kita sendiri.
  • Jika menjual buku bekas secara online, jangan lupa jelaskan secara rinci pada calon pembeli mengenai buku bekas yang akan kita jual.

Bagaimana tertarik untuk mencoba peluang membuka usaha toko buku bekas ?

Baca Juga :  Grosir Wall Sticker dan Peluang Bisnisnya

Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top